Mendidik anak (3)

Selama ini banyak buku yang membahas bagaimana meningkatkan kecerdasan anak, membuat anak anda kreatif, dan bahkan ada training untuk mengingkatkan kepercayaan diri anak, tetapi ada satu hal yang penulis yakini bahwa ini merupakan tugas utama orang tua sebagai pendidik, yaitu mengajarkan moralitas, etika dan agama kepada anak. Dan hal ini tidak bisa di wakilkan sepenuhnya kepada sekolah, karena anak spend time lebih banyak dengan keluarganya dari pada di sekolah di awal-awal pertumbuhannya.

Banyak hal-hal sepele yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa kecintaan mereka terhadap Tuhan, dan banyak hal yang kita lakukan untuk mengajarkan tata karma dan moralitas kepada mereka.

Beberapa hal yang dapat kita upayakan antara lain:

  • mengajarkan mereka untuk mengucapkan terima kasih, for everything, bukan hanya ketika menerima pemberian, tetapi pula ketika makan, berdoa sebelum makan sebagai ucapan syukur
  • salah satu acara keluarga kami adalah ke tempat ibadah bersama-sama, hal hal sepele, tapi jika orang tuanya aja absen, apalagi anak, karena anak meniru hal-hal yang di lakukan orang tua
  • mengenakan pakaian yang berbeda. Yang penulis maksudkan adalah ketika mereka berjalan-jalan, mereka menggunakan pakaian yang lebih pantas, dari pada hanya ketika dirumah mereka boleh memakai baju kaos oblong saja. Ini mengajarkan anak untuk berpakaian sesuai dengan tempatnya.
  • tidak berbohong. Kadang kita menjanjikan sesuatu kepada anak ketika anak di haruskan melakukan sesuatu, dan hendaknya pulalah kita menepatinya.

Masih banyak contoh-contoh lain. Yang ingin penulis “bangkitkan”: dalam tulisan ini adalah pentingnya akan moralitas, etika dan agama. Karena menjadi intelektual yang berhati nurani amatlah penting. Menjadi intelektual tanpa hati nurani sama aja memberikan sebuat pistol kepada seorang pencuri.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang