MENGATASI KERAGUAN PEMBELI – MY PERSPECTIVE

Tulisan ini merupakan pendapat saya selaku owner Maureen BabyMart. Agak lain dari yang di ajarkan di training pada umumnya. Setahu saya kalau di training2, mengatasi keraguan pembeli itu kita di ajarkan bagaimana menjawab berbagai pertanyaan yang sering di ajukan pembeli ketika ragu ragu dan intinya ya closing atau deal.

Bagi saya tidaklah demikian. Ya misal saja, ada customer beli stroller misal, dia ragu ragu mau membeli tipe apa, misal saja light stroller, heavy stroller, atau 3 roda atau 4 roda, adalah tugas kita untuk mendengarkan kebutuhan customer, dan berusaha  mencarikan barang yang sesuai dengan kebutuhan customer tersebut. Misal ketika spg toko saya bertanya mobil yang di pakai, bukan maksud apa apa, tapi jika mobil yang di pakai kecil, ya dia tidak akan merekomendasikan heavy stroller yang besar2, atau jika biasa pake sepeda motor, maka dia akan selalu merekomendasikan stroller ringan seperti kelas2 buggy.

Dalam prosesnya, ketika memilih milih barang, tentu ada yang membuat si customer merasa ragu2 dengan pilihan dia sendiri, atau pilihan kita, nah, pada waktu itu adalah tugas kita untuk menjelaskan. Kalaupun dalam prosesnya kita tidak menjual pilihannya, atau pilihan kita tidak sesuai dengan kebutuhannya, ya sudah, gak apa apa, bagi saya gak closing itu gak apa apa.

Bagi saya, membuat customer merasa nyaman dengan toko kita (image toko), dan merasa nyaman dengan kita (image salesman), itu lebih penting, demi hubungan jangka panjang, dari pada kita berhasil closing (deal), tapi kemudian customernya pulang dan merasa di bohongi atau perasaan2 yang lain yang membuat dia tidak datang ke toko kita lagi, atau tidak mau di layani oleh salesman tadi.

Ya, jaman sudah berubah, proses menjual tidaklah seperti dulu. Over selling (membual), atau push sales (memaksakan menjual produk kita) sudahlah tidak relevan. Sekarang ya kalau bisa lebih banyak mendengar dan kalau bisa ya membantu customer itu mendapat produk yang sesuai kebutuhannya.

Di kemudian hari kalau perlu menfollow up nya (sesuatu yang saya sendiri belum bisa lakukan karena belum sanggup menggaji  satu orang untuk customer care)

Ya, semoga artikel singkat ini bermanfaat, terutama untuk SPG dan kasir saya.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang