MENGENAL BISNIS SEO DAN PROSPEKNYA

Search Engeenering Optimation atau optimasi mesin pencari merupakan salah satu system bisnis yang banyak digunakan para pelaku bisnis online saat ini. Prinsip bisnis ini diaplikasikan dalam pengelolaan website dan blog, baik dengan kapasitas yang kecil maupun besar. Pengelolaan sebuah toko online pun misalnya tetap menggunakan prinsip bisnis SEO. Bisnis SEO adalah bisnis yang didasarkan pada pemaksimalan penemuan sebuah website atau blog dengan menggunakan mesin pencari, melalui optimasi ini sebuah website atau toko online akan menduduki posisi rangking SERP yang mudah ditemukan di mesin pencari. Halaman rangking yang diharapkan tidak berada pada halaman satu atau dua, atau tidak berada di bawah posisi ke sepuluh. Semakin tinggi posisi rangking di SERP maka semakin besar kemungkinan sukses dari bisnis SEO tersebut.
Bisnis SEO adalah bisnis jangka panjang, oleh karena itu tidak bisa dirasakan hasilnya dalam waktu yang sebentar. Butuh waktu beberapa tahun untuk bisa menguasai mesin pencari, itu pun jika kita bisa memasukkan konten-konten yang memenuhi syarat SEO dengan baik. Salah satu media yang dipakai orang bisnis SEO tersebut adalah optimasi dengan menggunakan artikel. Maka Anda akan mendengar istilah artikel SEO yang banyak ditawarkan layanan jasa penulisan artikel online. Inti dari bisnis SEO itu sendiri adalah bagaimana mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar. Sebab di dalam dunia bisnis online, pengunjung adalah uang. Keuntungan Anda berasal dari pengunjung, baik potensi penjualan secara langsung maupun nilai daya tawar dari website Anda untuk sebuah iklan.
Jika ingin menjalani usaha bisnis SEO, ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Sabar dan telaten, ini karena bisnis SEO memang membutuhkan waktu yang lama untuk berhasil. Artikel yang Anda posting hari ini, bisa jadi akan Anda rasakan manfaatnya setahun yang akan datang. Itu pun jika artikel Anda menarik, unik dan tidak plagiat. Kita harus berinvestasi lebih dulu menanam modal untuk peningkatan posisi rangking di SERP, ketika sudah saatnya nanti barulah Anda akan merasakan jerih payah Anda memposting setiap artikel saban harinya. Memulai bisnis SEO hari ini, bisa jadi baru akan Anda rasakan manfaatnya setahun yang akan datang. Jika ingin lebih banyak menanam, maka akan lebih cepat menuai hasil. Sabar menjadi hal yang tidak dimiliki pelaku bisnis SEO, sehingga ketika suatu hari pemasang iklan sepi di sebuah website atau toko yang mereka miliki, mereka akan menjualnya begitu saja.
2. Memahami hal-hal yang menentukan dari keberhasilan usaha bisnis SEO, seperti bagaimana teknik memposting konten, bagaimana jenis konten yang disukai google panda, serta memahami bagaimana struktur penulisan artike SEO yang baik. Dengan demikian, meskipun kita tidak bisa mengerjakan sendiri, maka kita bisa mengevaluasi apa yang sudah kita kerjakan. Mungkin usaha bisnis ini Anda jalankan bersama mitra bisnis Anda. Untuk artikel Anda menggunakan layanan jasa penulisan artikel dan untuk pengelolaan website Anda menggunakan seorang admin khusus. Tapi intinya pengetahuan itu harus ada pada Anda. Sebuah postingan akan lebih baik dilakukan sedikit demi sedikit namun rutin dibandingkan dengan jumlah banyak namun sekaligus. Bagaimana konten artikel dengan kata kunci yang tersebar merata di badang artikel serta ketentuan lain yang menyangkut kualitas artikel SEO juga harus Anda pahami sehingga memang dalam pengelolaan Anda memposting artikel-artikel yang memenuhi syarat SEO.
3. Menguasai internet, ya bisnis SEO adalah bisnis online yang seutuhnya dilakukan di internet. Sehingga menuntut Anda untuk paham dengan berbagai hal yang menyangkut pengetahuan internet. Bagaimana teknik blogging, dasar-dasar HTML, teknik marketing online dan sebagainya. Penguasaan teknologi jejaring sosial, perangkat ponsel canggih dan sebagainya. Semua itu harus Anda kuasai karena akan sangat membantu kesuksesan usaha bisnis SEO yang Anda rancang. Meskipun hanya skala kecil pada website sederhana, namun penguasaan hal-hal seperti ini akan sangat menentukan bagaimana Anda bisa mengembangkan usaha bisnis Anda.
Bisnis SEO erat kaitannya dengan teknik marketing online. Ada banyak layanan jasa yang menawarkan kursus pelatihan SEO dan bisnis online. Tapi sebenarnya hal itu pun bisa Anda pelajari secara otodidak jika Anda telaten. Intinya libatkan diri Anda dulu terhadap pengelolaan usaha bisnis di dunia online, nanti Anda sedikit demi sedikit akan memahami bagaimana sebenarnya konsep memasarkan usaha bisnis online Anda. Jika Anda sukses di bisnis online, usaha bisnis di dunia nyata Anda akan sangat terbantu. Karena Anda sudah menguasai dua pasar sekaligus, yakni pasar online dan offline. Keuntungan pun akan datang berlipat karena pelanggan datang dari dua penjuru. Ada banyak miliader sukses pengelola bisnis online dengan prinsip SEO, mungkin kini giliran Anda.