MENGENAL TRI SEMESTER KEDUA PADA KEHAMILAN

Apakah saat ini anda sedang hamil dan memasuki trimester kedua dari kehamilan anda, apakah anda mengalami masalah saat itu? Saat  tri semester  kehamilan tersebut maka  seorang wanita sering mengalami beberapa masalah seperti kelelahan, mual-mual dan hal ini akan berlangsung selama  trimester  kehamilan mereka.  Selam tiga bulan pertama seorang wanita hamil akan mengalami rasa mual dan pusing yang semakin  berkurang  sehingga anda akan mengalami tubuh yang lebih energik. Dalam trimeseter pertama  dari kehamilan memang ini yang berat bagi wanita namun setelah trimester  kedua, inilah yang paling mudah yang dialami oleh ibu hamil. Trimester kedua  bagi sebagian besar wanita adalah  hal yang termudah  sehingga  mereka bisa merasa lebih baik. Pada  masa ini mereka akan  lebih mudah untuk merencanakan kelahiran buah hati.

Masa-masa kehamilan memang mennyenangkan namun banyak pula wanita yang mengalami beberapa masalah saat kehamilannya. Saat  pertama kali hamil misalnya, tidak hanya trimester kedua  atau trimester pertama namun banyak wanita yang mengalami rasa gelisah dan tidak nyaman  bahkan  ada beberapa wanita yang mengalami keguguran saat  usia  kandungan masih muda.  Saat trimester kedua dari kehamilan maka janin akan tumbuh   dengan cepat melebihi pertumbuhan janin saat  trimester  pertama.  Kehamilan pada minggu ke 18 hingga minggu ke 22 maka ibu hamil seharusnya melakukan USG untuk melihat perkembangan janin tersebut. Pada usia kehamilan tersebut ibu hamil pun juga bisa mengetahui   jenis kelamin janinnya apakah  laki-laki atau wanita.

Sekalipun banyak ibu  hamil yang mengganggap bahwa pada trimester  kedua tersebut  masih banyak perubahan besar yang  terjadi pada tubuh ibu hamil.  Karena kehamilan  sangat ditunggu oleh pasangan yang telah  menikah dan proses kehamilan ini berbeda  satu sama lain maka  banyak orang yang  mengeluhkan hal berbeda saat mereka hamil. Dari proses kehamilan yang diikuti oleh beberapa gejala kemudian kehamilan  trimester pertama yang  lebih berat karena  pada trimester  tersebut seringkali terjadi  keguguran.

Berikut beberapa  hal yang  sering dialami ibu hamil pada trimester kedua dari kehamilannya:

  • Punggung terasa sakit

Seringkali ibu hamil merasakan punggung terasa sangat sakit saat menginjak kemahilan  berusia ke empat sampai ke  enam  bulan. Yang mereka  rasakan adalah punggung yang begitu sakit bahkan sering menimbulkan rasa malas untuk beranjak dari tempat tidur.  Ada tekanan yang disebabkan oleh berat badan  ibu hamil  karena berat badan tersebut semakin hari semakin meningkat.  Karena hal tersebut maka punggung  akan terasa sangat sakit dan  bila ini dibiarkan tentu saja akan menggangu aktivitas ibu hamil.Hampir semua ibu hamil sering mengalami hal ini, sekalipun mereka telah beberapa kali hamil namun tetap saja punggung bisa menjadi sakit saat trimester kedua dari kehamilannya.

Untuk mengurangi  rasa sakit pada punggung tersebut, anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Usahakan duduk dengan tegak

Saat punggung terasa sakit,  cobalah untuk duduk lebih tegak atau anda bisa menggunakan  kursi agar punggung bisa ditopang dengan sempurna.  Cara ini cukup efektif membuat  anda lebih nyaman dan rileks serta mengurangi rasa sakit pada punggung.

  • Atur posisi tidur anda

Rasa sakit pada punggung kadang juga disebabkan oleh kesalahan anda saat tidur, untuk itu ubahlah cara tidur anda untuk mengurangi hal tersebut. Untuk mencegah rasa sakit pada punggung anda bisa tidur dengan cara menyamping dengan menyelipkan bantal  diantara kedua kaki anda. Cara ini akan mengurangi rasa sakit pada punggung  anda saat trimester kehamilan dan dengan tidur seperti diatas maka anda bisa   lebih nyaman.

  • Gunakan alas kaki yang sesuai

Bagi ibu hamil jangan menggunakan alas kaki yang bertumit tinggi, usahakan untuk memilih alas kaki yang bertumit rendah. Sepatu  atau alas kaki yang bertumit rendah akan membuat anda menjadi lebih nyaman  dan agar lebih nyaman lagi anda  bisa menggunakan alas kaki yang memiliki lengkungan  yang cukup baik.

  • Gosok bagian punggung yang terasa sakit

Bila rasa sakit tetap saja  anda rasakan, cobalah untuk meminta  bantuan pasangan anda untuk menggosokkan bagian punggung yang terasa sakit. Hal ini akan membantu anda merasa lebih nyaman dan lebih rileks. Selain itu  untuk mengurangi rasa sakit tersebut  anda juga bisa melakukan pijat  kehamilan yang saat ini sudah banyak ditawarkan oleh jasa pijat kehamilan.

  • Payudara semakin membesar

Ibu hamil akan mengalami  pembesaran payudara  selama trimester  pertama  dan hal ini  akan terus tumbuh membesar. Pembesaran payudara   dimaksudkan untuk mempersiapkan ASI pada  bayinya. Pembesaran payudara tersebut kadang diikuti oleh rasa  nyeri pada payudara yang semakin hari semakin sakit.   Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa menggunakan bra yang berukuran lebih besar.

  • Mimisan

Sering kali ibu hamil  mengalami mimisan  yang menyebabkan lapisan selaput lendir pada hidungnya menjadi bengkak. Karena pembengkakan lapisan pada selaput lendir tersebut maka  akan menyebabkan hidung menjadi tersumbat dan kecenderungan  bagi ibu hamil untuk tidur mendengkur. Lama-kelamaan hal ini akan menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan  dan untuk mengatasinya anda bisa memeriksakan diri pada dokter kandungan  untuk mengobatan yang lebih tepat. Selain itu cobalah untuk menggunakan  humidifier agar anda bisa menjaga udara yang lebih lembab. Jangan lupa bila anda  mengalami mimisan  untuk menghentikan  mimisan tersebut anda bisa  menjaga kepala   agar  tidak miring.

  • Keputihan

Keputihan sering dialami oleh ibu hamil dan ini terjadi  di saat awal kehamilan mereka hingga bulan kehamilan berikutnya. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan  panty liner  agar anda  merasa lebih nyaman. Selain itu bila  keputihan yang anda alami semakin parah anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter. Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang belum anda konsultasikan pada dokter  untuk mengatasi keputihan tersebut agar kondisi anda dan janin  tidak terganggu.

  • Sakit kepala

Rasa sakit kepala yang menggangu sering dialami oleh ibu hamil, hal ini memang umun dialami oleh semua ibu  yang sedang hamil muda namun  bila anda ingin menghentikannya  cobalah untuk lebih banyak beristirahat dan konsultasikan  pada dokter. Memeriksakan kondisi anda secara rutin  pada dokter akan lebih baik bagi anda  agar sakit kepala anda  bisa diatasi demikian juga dengan  gejala   lainnya.   Jangan minum obat-obatan yang belum anda tanyakan pada dokter, hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda dan janin.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang