MENU BERAS MERAH UNTUK BALITA SEHAT

Beras merah menganddung vitamin B12 yang baik untuk tubuh balita. Tidak hanya vitamin yang terdapat dalam bahan makanan satu ini, akan tetapi masih banyak jenis kandungan gizi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh balita anda. Diantara jenis kandungan gizi yang tersimpan dalam bahan makanan berupa beras merah, yaitu :

Kandungan Beras Merah

  1. Kandungan vitamin B12

Setiap jenis tumbuhan yang berasal dari kelas padi – padian tentu akan memiliki kandungan vitamin B12. Kandungan vitamin yang satu ini berada dalam kulit padi. Jadi anda para ibu,sebaiknya jangan terlalu membersihkan bahan beras yang anda gunakan terlalu jernih karena hal itu akan mengakibatakan berkurangnya nilai kandungan vitamin B 12 dalam kulit ari beras. Bersihkan bahan beras tersebut sewajarnya saja. Manfaat vitamin B 12 bagi tubuh balita yaitu dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi kulitnya sehingga balita anda akan terhindar dari bahaya penyakit kulit yaitu penyakit beri – beri.

  1. Kandungan karbohidrat komplek

Sumber karbohidrat tentu berasal dari jenis padi, jagung, tepung serta umbi – umbian. Dengan mengkonsumsi beras merah untuk balita anda ini tentu anda telah mencukupi nutrisi tubuh balita anda dengan gizi berupa karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam beras merah jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis beras putih biasanya. Untuk itu, bahan makanan ini juga sering digunakan ibu – ibu sebagai menu makanan diet. Kandungan gizi satu ini mampu memberikan tubuh balita anda energi yang cukup untuk tumbuh serta berkembang secara optimal hingga dewasa.

  1. Kandungan gula

Beras merah mengandung glukosa kompleks didalam bulirannya. Kandungan glukosa yang ada didalamnya merupakan glukosa kompleks yang perlu dicerna terlebih dahulu oleh sistem organ tubuh balita. Kandungan glukosa yang tersimpan dalam bahan makanan satu ini mampu memberikan bahan cadangan energi tubuh yang digunakan ketika tubuh mengalami kelaparan atau kurang energi.

            Anda kalangan ibu – ibu yang sudah mengetahui informasi ini tentu ingin mengetahui makanan olahan dari beras merah ini, bukan? Untuk memasak bahan makanan berupa beras merah ini anda membutuhkan langkah – langkah memasak sebagai berikut :

Resep Memasak Beras Meras untuk Balita

  1. Tentukan menu tambahan selain dari nasi beras merah bagi konsumsi balita anda

Dalam artikel kali ini, menu beras merah yang dikonsumsikan pada balita ditambahkan dengan menu ayam goreng kecap yang mengandung banyak protein. Selanjutnya juga ada sup sayur yang baik untuk menunjang nilai serat serta mineral dalam tubuh balita anda.

  1. Siapkan bahan makanan yang dibutuhkan

Dalam menu sup ayam + nasi beras merah + ayam kecap maka anda membutuhkan bahan – bahan makanan berikut :

–          Daging ayam

–          Beras merah

–          Sayuran sup (wortel, kentang, kubis, seledri, buncis)

–          Bumbu ayam kecap (kecap, bawamg merah, bawang putih, cabai, saos, merica, gula, garam)

–          Bumbu sup (merica, bawang merah, bawang putih, bumbu penyedap rasa ayam, garam)

  1. Masaklah beras merah dengan cara menanak nasi biasanya, namun usahakan nasi merah yang anda buat lebih lembek atau lumat agar memudahkan sistem organ pencernaan balita dalam menelan serta mengkonsumsinya.
  2. Untuk memasak ayam kecap, anda lakukan dengan menumis bumbu – bumbu yang digunakan. Kemudian masukkan ayam dan siramkan air, tunggu hingga air mendidih dan ayam menjadi lebih empuk.
  3. Memasak sayur sup tentulah mudah. Pertama – tama, tumislah bumbu sup yang sudah disiapkan. Kemudian rebus semua sayuran dan masukkan bumbu yang sudah ditumis. Lalu, tunggu hingga semuanya matang.

            Sekian ulasan artikel mengenai beras merah sebagai menu makanan balita anda. Semoga segala informasi menu beras merah ini bermanfaat bagi anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang