MERAWAT BAYI BARU LAHIR TIDAK SESULIT YANG ANDA BAYANGKAN

Bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi,  pastinya memiliki rasa was-was dan bingung bagaimana harus merawat bayinya. Ini bukan hanya  Anda saja yang mengalaminya, namun hampir semua ibu  muda juga mengalami hal serupa. Merawat bayi yang baru lahir sebenarnya bukanlah hal yang sulit, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat buah hati, bukankah sebelum bayi lahir Anda juga merawat  janinnya?  Pada saat Anda melahirkan tentunya Anda juga harus mengetahui apakah bayi tersebut lahir normal ataukah tidak.  Semua orang tua pastinya menginginkan bayi mereka lahir  dalam keadaan yang sehat dan normal.  Karena itu, saat bayi baru lahir pastika Anda juga mengetahui apakah bayi lahir normal ataukah tidak.

Kenali Bayi  Lahir Normal

Bila Anda sedang menantikan anak pertama, pastinya juga harus memikirkan bagaimana nanti Anda merawatnya. Sekalipun memang dokter akan membantu Anda  dalam hal penanganan masalah ini, namun And apun perlu mengetahui bagaimana merawat bayi Anda.  Pengetahuan tentang  bagaimana bayi yang baru lahir itu normal atau tidak meman harus Anda ketahui.  Jika Anda memiliki pengetahuan tentang bayi lahir normal atau tidak, hal ini tentu sangat bermanfaat untuk buah hati Anda juga dan  untuk penanganan buah hati setelah   dilahirkan.

Berikut adalah ciri-cir bayi lahir normal:

  • Bayi memiliki berat badan sekitar 2,5 kg hingga 4 kg
  • Bayi memiliki ukuran panjang badan 48 cm – 52 cm, lingkar kepala berukuran  33cm-35 cm, sedangkan lingkar dada berukuran 30 cm-38 cm.
  • Bayi memiliki pernapasan 40 kali per menit
  • Kulit bayi berwarna kemerahan
  • Kuku bayi sedikit lebih panjang
  • Rambut pada kepala bayi telah sempurna
  • Bila bayi perempuan maka  labia mayora akan menutupi labia  minora
  • Bila bayi laki-laki maka  testis  turun
  • Memiliki beberapa reflek yang cukup baik seperti reflek  memeluk, menelan, menghisap dan juga reflek menggenggam

Bila Anda memiliki ciri-ciri bayi  yang baru lahir seperti di atas maka bayi Anda tergolong sehat.  Bayi ketika Lahir memiliki wajah yang  lebih datar, bagian pipi, hidung dan telinganya  terlihat mengkerut. Beberapa bayi yang lahir memang  sudah  memiliki rambut, namun rambut tersebut akan  rontok pada bulan bertama kemudian tumbuh  rambut lagi setelah itu.

 Saat  bayi baru dilahirkan, bagaimana  langkahnya?

Tenang saja, saat pertama bayi lahir dokter akan membantu Anda untuk menanganinya.  Bayi akan dibawa di ruangan khusus, penanganan ini bergantung dari  apakah ada masalah atau tidak dalam  persalinan.  Penanganan pada bayi yang  baru lahir tersebut ditujukan agar  bayi bisa menyesuaikan diri  sehingga bayi harus mendapatkan pemeriksaan agar tidak terjadi masalah apapun.

Beberapa perawatan bayi yang baru lahir diantaranya adalah:

  1. Perawatan bayi dari lendir dan darah

Langkah ini adalah dengan membersihkan jalan nafas bayi,  ini adalah langkah pertama untuk perawatan bayi yang baru lahir. Membersihkan jalan  pernapasan pada bayi ini dilakukan  dengan cara meletakkan bayi pada perut ibunya,  gunakan kain atau handuk untuk membungkus bayi. Langkah selanjutnya  adalah dengan membersihkan bagian  wajah bayi dari darah ataupun lendir dengan kain halus yang kering.

Selain itu, bayi pun juga  harus mendapatkan perawatan pertama  terhadap pusar mereka. Perawatan  tali pusar bayi dilakukan dengan cara   mengikat tali pusar dan bersihkan darah dengan  sarung tangan, bilas dengan air matang. Ikatkan tali pusar  dengan benang DTT.

  1. Membersihkan lendir pada hidung dan mulut

Setelah membersihkan darah pada bagian tubuh bayi dan juga pusar, langkah selajutnya adalah dengan  membersihkan lendir yang ada di mulut dan hidung dengan cara menghisapnya.  Jika bayi lahir secara normal maka  penghisapan dilakukan  jika lendir masih ada, namun pada kelahiran bayi yang tidak normal, penghisapan lendir perlu penanganan yang khusus. Lendir pada bayi yang lahir tidak normal berwarna lebih keruh bahkan sering bercampur dengan  kotoran saat dikandungan.

  1. Perawatan untuk mempertahankan suhu tubuh

Agar suhu tubuh  bayi  tidak mengalami maslaah maka  cara terbaik adalah dengan  mengeringkan bayi, setelah itu selimuti bayi dengan  kain bersih dan kering, tutupkan kepala bayi dan letakkan bayi pada  lingkungan dengan suhu yang hangat.

  1. Memandikan bayi

Tahapa selanjutnya yang harus dilakukan untuk mewarat bayi baru lahir adalah  dengan memandikan bayi.  Bayi  dimandikan dengan air hangat  untuk membersihkan sisa lendir,  kotoran dan  lapisan lemak.  Bayi dimandikan juga untuk menghilangkan kuman yang bisa menimbulkan  masalah pada kulit bayi yang baru lahir.

  1. Penanganan untuk mencegah infeksi

Bayi sangat rawan terhadap infeksi sehingga perlu dilakukan penanganan khusus dengan cara memberikan    larutan  neosporin pada mata bayi   1 jam pertama setelah bayi dilahirkan.  Untuk menghindari  infeksi lainnya maka sebelum  dan setelah memegang bagi  siapapun harus mencuci tangan. Perhatikan juga pakaian yang digunakan oleh bayi agar tetap steril dan  nyaman untuk bayi.

  1. Penimbangan  pada bayi

Setengah jam setelah dilahirkan,  bayi harus ditimbang  agar pengukuran bisa dilakukan dengan tepat.   Untuk pengukuran lingkar kepala  yang lebih akurat maka  pengukuran bisa dilakukan  setelah  24 jam sejak kelahiran bayi.

  1. Pemeriksaan lanjutan

Bukan  hanya penanganan  di atas saja yang dilakukan, pemeriksaan lanjutan  untuk perawatan bayi yang baru lahir lainnya adalah dengan  memeriksa saluran cerna  pada  bayi yaitu  anus.  Hal ini sangat penting agar  jika terjadi kelainan anus maka bayi bisa segera di tangani. Pemeriksaan lainnya juga  dilakukan  untuk organ tubuh  bayi agar bisa dilakukan penanganan yang maksimal  ketika terjadi  masalah. Setelah itu, dokter juga akan memberikan suntikan  vitamin K agar tidak terjadi pendarahan pada otak bayi.

  1. Memotong tali pusar

Sekitar 5 cm dari pangkal, tapi pusar harus dipotong, setelah itu dibersihkan  dengan cairan antiseptik.

Beberapa langkah penanganan bayi yang  baru lahir tersebut bisa menjadi informasi yang berharga bagi Anda untuk  mendapatkan buah hati yang sehat dan sesuai harapan Anda. Jangan lupa,  sekalipun perawatan bayi baru lahir dilakukan oleh tenaga medis yang ahli namun Anda juga harus mengetahui  informasi tentang perawatan bayi. Bahkan saat Anda hamil pun banyak hal yang harus Anda ketahui  agar bisa mendapatkan bayi  yang sehat dan kuat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang