NGIDAM, HARUSKAN SAAT HAMIL ?

Selama ini mungkin banyak orang yang menganggap kehamilan identik dengan   ngidam, namun ternyata tidak semua wanita yang hamil  tersebut ngidam.   Banyak anggapan bahwa kehamilan selalu identik dengan  suatu kondisi yang menimbulkan keinginan  yang tak tentu dari seorang   wanita hamil. Hal tersebut sering dinamakan ngidam dan hal ini dialami oleh hampir semua wanita  namun dengan keinginan yang berbeda-beda.  Sebagai implementasi dari hal tersebut seorang wanita  bisa menginginkan sesuatu tanpa mengenal waktu  dan tempat.  Kebanyakan suami wanita yang hamil pasti memaklumi hal ini dan mereka selalu menuruti apa yang diinginkan   istrinya saat ngidam tersebut.  Namun bukan berarti   suami sepenuhnya memenuhi semua keinginan istrinya.

Dari banyaknya wanita yang mengalami ngidam saat kehamilannya, ini bisa menjadi  pertanyaan apakah ngidam tersebut  memang merupakan bagian dari hamil ataukah tidak yang harus dilalui oleh wanita hamil.  Istilah ngidam sebenarnya  dalam dunia medis tidak ada  dan hal ini belum diketahui secara pasti apa definisinya. Namun dikalangan masyarakat hal ini  sudah menjadi hal yang umum terjadi.  Di luar negeri sebenarnya istilah ngidam ini tidak ada namun  di Indonesia istilah ini sudah umum disebut dan dialami oleh  hampir semua wanita hamil.  Ada banyak sekali informasi yang berhubungan dengan ngidam tersebut yang bekembang di masayarakan.

Istilah ngidam sebenarnya  telah ada sejak dulu yang diwariskan dari generasi ke generasi sehingga  hal ini seolah sudah terpatri dalam benak setiap orang. Masyarakat berpendapat bahwa saat wanita hamil mereka selalu ngidam dan kadang hal ini adalah suatu keharusan bagi mereka.  Padahal bila anda melihat beberapa wanita di luar negeri mereka tidak semuanya mengenal istilah ngidam ini dan mereka juga tidak mengalami hal ini. Karena mitos dan pemikiran masyarakat  Indonesia tentang ngidam tersebut  kemudian banyak yang mengatakan bahwa saat hamil mereka pasti mengalami masa ngidam dan  hal ini akan  berkelanjutan hingga mereka memiliki anak lebih dari satu.

Sebagian orang kadang  berpendapat bahwa ngidam tersebut adalah bagian dari  keinginan sang istri yang sedang hamil untuk  lebih diperhatikan suaminya.  Hal ini  kadang disebabkan oleh sang suami yang sangat sibuk dengan pekerjaannya dan jarang dirumah, sang istri yang sedang hamil tersebut kemudian ingin diperhatikan  dan halnya dengan cara tersebut mereka bisa mendapatkan perhatian suami. Dan selama ini  banyak  mitos yang beranggapan  salah tentang ngidam tersebut termasuk pendapat bahwa  jika tidak menuruti keinginan sang istri  saat ngidam maka   akan mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya.  Padahal menurut para ahli  mitos tersebut adalah salah.  Hal yang umum terjadi saat wanita hamil  sebenarnya adalah morning sickness.

Saat kehamilannya seorang wanita  akan mengalami rasa mual dan ingin muntah-muntah, hal ini terjadi apda trimester pertama kehamilan. Hal tersebut akan  disebabkan oleh perubahan hormonal karena janin   sedang tumbuh pada ramim wanita hamil tersebut.  Perubahan hormonal pun juga bisa menimbulkan  berbagai gejala bukan hanya mual-mual saat pagi hari. Dan karena inilah  gejala ini dinamakan morning sickness.  Gejala  morning sickness ini ditandai dengan  rasa mual dan muntah dan ini akan dialami oleh hampir semua wanita yang hamil  saat trimester pertama dari  kehamilan mereka.  Karena peningkatan sejumlah hormon tersebut maka  secara tiba-tiba selama kehamilan seorang wanita bisa mengalami mual-mual tersebut.  Sekalipun rasa mual dan muntah sering dialami saat pagi hari namun  ada pula masalah ini muncul sepanjang hari atau seharian.

Sekalipun mungkin anda tidak mengalaminya,namun bagi wanita  hamil yang pernah mengalami morning sickness, hal ini tentu bukanlah masalah yang menyenangkan.  Dari kondisi inilah yang membuat pada wanita menjadi  semakin ingin mendapat perhatian dari suaminya.  Sebenarnya hal tersebut pun tidak ada salahnya  karena janin yang dikandung sang ibu pun adalah darah dagingnya sendiri. Karena kehamilan yang anda lalui saat ini adalah hal yang sangat menakjubkan dan inilah anugerah Tuhan yang diberikan kepada anda dan suami. Kehamilan adalah  peristiwa besar yang dialami oleh wanita  yang ditandai dengan berbagai gejala yang unik.

Sekalipun semua wanita hamil tidak mengalami gejala yang khusus  selama kehamilannya   tapi baik disadari maupun tidak disadari  sebagian besar seorang wanita yang hamil menginginkan gejala khusus tersebut atau menginginkan ngidam.   Mereka menginginkan gejala mual, muntah,   rasa nyeri  pada pungung  maupun gejala lainnya.  Apakah anda juga menginginkan hal tersebut saat kehamilan nanti?  Saat hamil anda boleh menginginkan perhatian dari suami yang lebih asalkan keinginan anda tidak berlebihan.  Jangan sampai anda ingin diperhatikan namun hal ini justru membuat  pekerjaan suami menjadi berantakan. Setidaknya anda sendiri yang harus mengendalikan semua yang anda inginkan saat kehamilan tersebut.

Nah,  bila anda sedang hamil anda bisa menyimak beberapa info dibawah ini agar kehamilan anda semakin menyenangkan:

  • Nikmati kehamilan anda

Saat hamil kadang wanita sering mengalami stres atau depresi, hal ini sebenarnya tidak harus anda alami namun yang harus anda rasakan dan alami adalah kebahagiaan saat anda hamil.  Nikmatilah masa-masa kehamilan anda  karena hal ini sungguh luar biasa dan tidak akan terlupakan sampai kapanpun baik anda dan suami.  Anda harus  ingat bahwa kehamilan itu adalah anugerah dari Tuhan dan kehamilan juga bukanlah suatu penyakit. Anda bisa menjalani kehamilan dengan senang  dan sebaik-baiknya dan perlu diingat bahwa setiap momen kehamilan tersebut  adalah unik sehingga harus anda nikmati.

  • Jagalah kondisi anda dan janin

Kehamilan memang anugerah Tuhan namun anda harus menjaga janin dan diri anda sampai  anda melahirkan nanti. Banya hal yang perlu anda  perhatikan, mulai dari asupan  makanan yang anda konsumsi, kebiasaan sehari-hari maupun  emosi anda. Semua yang andalakukan tersebut juga akan mempengaruhi janin yang ada dalam perut anda. Rutinlah anda memeriksakan kondisi janin  pada dokter dan hal ini akan mencegah anda dari   hal-hal yang tidak diinginkan saat kehamilan.  Memeriksakan diri dan janin apda dokter  hal ini penting untuk memantau perkembangan janin  dengan baik hingga kelahirannya.

  • Bagi suami

Ngidam dan gejala kehamilan istri anda memang hal yang biasa sehingga  apa yang diinginkan istri sebaiknya anda  turuti.   Berikanlah kasih sayang yang lebih pada istri terutama ketika mereka hamil, penuhilah permintaan istri dan jangan membuat istri marah atau emosi.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang