PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI

Apakah anda   harus memberikan susu formula   pada bayi, haruskah anda memutuskan susu formula terbaik  untuk   si kecil?  Susu formula adalah  alternative bagi ibu yang belum bisa memberikan  ASI  kepada bayinya. Tentu saja dibandingkan dengan ASI, susu formula memiliki  kekurangan karena keunggulan ASI sebagai  sumber nutrisi bagi bayi telah  banyak   diuji dan dipelajari oleh  para Ahli.  ASI eksklusif  harus diberikan pada bayi hingga usia mereka 6 bulan kemudian anda bisa melanjutkan pemberian ASI tersebut dengan makanan pendamping lainnya hingga bayi anda berumur 2  tahun.  Sayangnya pemberian  ASI tersebut tidak bisa dilakukan oleh semua ibu, mereka kadang harus  memberikan si kecil dengan susu formula sebagai pengganti ASI.

Selain dunia medis, pemerintah pun juga mencari bukti dan berhasil membuktikan bahwa  memberikan ASI kepada bayi akan menurunkan resiko kematian pada bayi. Karena itulah pemerintah Indonesia telah mengeluarkan  peraturan  yang  berisi penekanan  atas hak bayi  untuk mendapatkan ASI  oleh ibunya.  Peraturan ini membuktikan bahwa keberadaan ASI memang sangat diperlukan bagi bayi dan ketika mereka mendapatkan susu formula, hal ini tentu akan berbeda dengan pemberian ASI tersebut. Seorang bayi yang mendapatkan ASI mereka jauh lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi susu formula sekalipun susu tersebut memiliki harga yang cukup mahal dan terkenal.

Ada beberapa alasan mengapa seorang ibu  juga perlu memberikan susu formula pada bayinya yang baru lahir maupun bayi yang  sudah berusia dibawah 1 tahun. Karena  situasi tertentu   kadang seorang ibu diharuskan memberikan susu formula pada bayinya saat dia baru melahirkan.  Alasan medis   yang justru mengharuskan bayi yang baru lahir diberikan susu formula adalah karena  ASI tersebut tidak  boleh diberikan sedangkan ada pula  alasan bahwa susu formula   harus diberikan sebagai pendamping ASI saat bayi baru lahir. Namun bagi anda yang akan memberikan susu formula pada bayi saat usia  dibawah 6 bulan, maka anda  harus mempertimbangkan matang-matang apa keuntungan dan kerugian memilih susu formula tersebut di kemudian hari.

Untuk memberikan susu formula pada bayi anda harus mempertimbangkan beberapa  hal diantaranya adalah kondisi ibu dan bayi.  Kondisi kesehatan seorang ibu yang  memiliki penyakit  HIV misalnya,  dalam kondisi ini dia tidak boleh memberikan ASI kepada bayinya, solusinya adalah dengan memberikan susu formula  yang tepat.  Bila seorang ibu memiliki penyakit HIV positif  maka dia  harus memilih susu formula yang tepat  untuk bayinya.  Ibu yang menderita penyakit ini disarankan untuk tidak menyusui. Selain itu seorang ibu yang menderita penyakit berbahaya seperti HIV bisa  diberikan  obat anti retrovital untuk ibu dan bayi sehingga sang ibu bisa menyusui bayinya  hingga bayi berumur 6 bulan kemudian baru dilanjutkan  pemberian susu formula dan  ASI hingga bayi berusia 1 tahun.

Pada beberapa ibu   kadang menghentikan   menyusui hanya sementara   sedangkan nantinya ibu bisa melanjutkan   menyusui  bayinya kembali setelah keadaan  ibu sehat.  Ada beberapa alasan  ketika  seorang ibu  tidak memberikan ASI kepada anaknya maka  dia mungkin mengalami sakit yang tidak memungkinkan dia untuk memberikan ASI agar kondisi bayinya   sehat dan pemberian susu formula  itulah yang paling tepat bagi kesehatan di kecil. Lalu susu formula apa yang paling baik diberikan pada  buah   hati saat mereka  baru lahir?

Saat ini banyak sekali susu formula yang dijual di pasaran namun tidak sedikit susu formula yang kurang baik  untuk bayi.   Pemberian susu formula pada bayi juga harus disesuaikan dengan umur bayi, bayi yang kurang  bulan    memerlukan nutrisi dan gizi serta kalori yang  lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang cukup bulan. Hal  tersebut dikarenakan   bayi yang kurang bulan akan bisa menyamai pertumbuhan  saat dalam kandungan.   ASI bayi  premature dan ASI bayi matur misalnya, kedua bayi tersebut akan    membutuhkan ASI yang berbeda. ASI  premature akan berubah menjadi ASI  matur ketika  mencapai 3 sampai 4  minggu.  Banyak diantara ibu-ibu yang memberikan susu formula kepada bayinya   karena menggangap  ASI yang dimilikinya masih kurang untuk  si kecil.

Ketika ASI  belum keluar atau kurang maka solusi untuk ibu mungkin adalah dengan memilih susu formula yang tepat.   Bayi yang mendapatkan susu formula   biasanya akan merasa kenyang lebih lama  sehingga dia akan malas menyusu ibunya. Bila anda  hanya memberikan susu formula pada si kecil dan tidak pernah menyusui maka hal ini bisa menyebabkan susu anda membengkak dan produksi ASI akan menurun.  Selain susu formula membuat bayi merasa malas untuk menyusu anda ada pula  masalah ketika anda hanya memberikan susu formula kepada  bayi.  Secara medis   masalah yang terjadi adalah adanya flora usus yang berubah.  Perubahan ini akan mempengaruhi beberapa hal seperti meningkatnya sensitive bayi atau alergi bayi terhadap susu tersebut.

Bayi yang lahir  normal atau bukan  bayi premature  yang sehat, mereka tidak  perlu tambahan susu formula untuk pertumbuhannya asalkan bayi mendapatkan ASI yang cukup dari ibunya.  Karena kandungan ASI yang begitu besar yang tidak ada pada susu formula apapun itulah yang menyebabkan bayi cukup ASI tidak harus mendapatkan susu formula. Namun ketika bayi jarang atau tidak pernah mendapatkan susu formula  maka anda bisa memberikannya susu formula yang tepat   untuk memberikan nutrisi pada bayi.  Untuk memberikan ASI yang terbaik maka ibu harus  memperhatikan  bagaimana cara  menyusui  yang tepat. Bila anda ingin memberikan  susu formula kepada  bayi maka  anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan  pakarnya.

Susu formula memang   bisa anda berikan kepada bayi namun jangan melupakan air susu ibu. ASI tak tergantikan sampai kapanpun karena aman dikonsumsi oleh bayi dan kandungan nutrisi dan gizi  yang sangat baik dari ASI tersebut maka sudah menjadi keharusan bagi ibu  untuk memberikan  yang terbaik bagi bayinya. Untuk memilih susu formula yang tepat anda bisa memilih susu yang  tidak mengandung bahan kimia. Susu formula yang dijual saat ini memang beragam  sehingga ada baiknya anda memilih susu yang tepat. Kesalahan memilih susu formula bisa menyebabkan  kesehatan bayi terganggu bahkan akan mempengaruhi pertumbuhan bayi.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang