PEMILIHAN PRODUK UNTUK PEMASARAN YANG EFEKTIF

Sudahkah  anda memasarkan produk dengan tepat, atau masih banyak hal yang perlu anda benahi untuk pemasaran yang lebih  efektif lagi? Dalam berbisnis memang diperlukan strategi khusus untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Pemasaran merupakan salah satu bagian dari kegiatan perusahaan maupun perorangan yang digunakan untuk meningkatkan kemakmuran perusahaan disamping untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.  Pemasaran   selalu berhubungan dengan konsumen sehingga pemasaran sering dilakukan dipasar dengan  melibatkan konsumennya. Sasaran yang digunakan untuk melakukan pemasaran sebagian besar adalah di pasar namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang lebih modern banyak orang yang melakukan pemasaran hanya di dunia maya atau melalui internet.

Dalam melakukan strategi pemsaran ada banyak elemen yang harus dilakukan. Yang  paling penting adalah segmentasi  pasar dan produk yang dijual. Kedua segmen tersebut memang penting untuk pemasaran yang lebih efektif namun bukan berarti beberapa segmen lainnya juga tidak penting.  Dasar segmen yang digunakan untuk pemasaran harus dilakukan sebaik mungkin oleh pelaku bisnis bila mereka  menginginkan keuntungan yang maksimal. Pasar  yang digunakan untuk pemasaran produk  harus dibagi lagi menjadi beberapa bagian untuk menjalankan stategi yang lebih efisien dan berbeda dari pelaku bisnis lainnya. Pemasaran bisa dilakukan dengan berabagi stategi  namun pada akhirnya   pemasaran tersebut tetap terpusat untuk menjual produk kepada konsumen.

Bila anda menerapkan strategi pemasaran yang memusatkan pemasaran produk pada beberapa  segmen pasar maka pemasaran ini  akan melakukan penawaran produk yang dibutuhkan   konsumen hanya terpusat pada pasar  yang dituju. Dalam pemasaran ini produk yang dijual akan terpusat pada segmen pasar tertentu saja. Dengan cara demikian maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan pada pasar  tersebut. Perusahaan akan mendapatkan   keuntungan yang besar  karena produk yang dipasarkan   menjadi lebih utama  pada pasar tersebut. Sayangnya stategi pemasaran terpusat ini akan mengalami masalah yang cukup serius bila  hanya menggantungkan pada satu atau dua pasar saja sedangkan  banyak pesaing yang akan   memasuki pasar yang sama.

Selain melakukan stategi pemasaran tersebut anda juga bisa melakukan strategi pemasaran produk dengan menjualnya secara missal pada semua konsumen. Produk yang dibuat perusahaan adalah produk yang dibutuhkan konsumen dan sebisa mungkin produk tersebut dibuat dengan sangat menarik. Siapaun pembelinya  tetap bisa menggunakan produk yang dibuat perusahaan. Pasar tidak lagi dipusatkan untuk satu atau dua konsumen yang memiliki kebutuhan sama namun pasar dianggap sebagai  tempat  untuk mendapatkan semua kebutuhan konsumen yang sama.

Dari beberapa    cara pemasaran produk tersebut kemudian dikembangkan lagi  pemasaran produk yang lebih modern dan lebih mudah dijalankan perusahan maupun perorangan. Pemasaran yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis saat ini adalah  pemasaran online. Dibandingkan  dengan pemasaran offline memang pemasaran yang menggunakan media internet ini cukup memberikan dampak positif bagi semua pelaku bisnis online. Sayangnya untuk menjalankan  pemasaran baik pemasaran offline  maupun online, tetap saja produk yang dipasarkan harus dipilih dengan tepat. Pemilihan produk  yang tepat untuk dijual akan memudahkan pemasaran perusahaan  maupun perorangan. Sekalipun anda memilih bisnis online maupun bisnis offline, tetap saja produk yang akan dijual  harus dipilih dengan tepat.

Produk merupakan bagian  terpenting dari bisnis anda sehingga produk yang akan dijual  harus istimewa dihadapan konsumen. Sekalipun produk adalah bagian terpenting dari bisnis namun produk bukanlah faktor utama yang menentukan keuntungan besar dalam bisnis tersebut. Agar keuntungan semakin besar anda  perlu mempertimbangkan produk apa yang akan dijual. Semakin banyak orang yang tertarik dan membutuhkan  produk anda maka semakin banyak pula produk tersebut terjual kepada konsumen.

Berikut beberapa cara menentukan produk yang akan dijual baik secara online maupun offline:

  • Produk banyak diminati orang

Agar anda mudah mendapatkan keuntungan dan perputaran model  semakin cepat, pilihlah produk yang mudah penjualannya dan banyak diminati orang. Sebelum anda memilih produk tersebut sebaiknya kenali dulu siapa saja yang   berminat membelinya apakah hanya kalangan dewasa, remaja atau anak-anak. Setidaknya anda harus mengetahui pasar produk  yang akan dijual. Pilihlah produk yang selalu diminati orang dan jangan memilih produk musiman. Produk musiman memang sekali datang langsung diserbu konsumen namun setelah mereka bosan mereka tidak akan membeli produk tersebut.

  • Aman digunakan konsumen

Sebagai penjual  anda juga harus mempertimbangkan faktor keselamatan konsumen. Apa gunanya anda mendapatkan keuntungan besar namun konsumen   banyak yang protes terhadap produk yang anda jual tersebut. Sebisa mungkin anda bisa memilih produk yang aman digunakan konsumen dan  tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari. Saat ini memang banyak produk yang bisa  anda pilih  untuk dijual secara online maupun offline,  jika anda memilih produk kecantikan atau obat pilihlah yang aman dan berasal dari herbal.

Di internet banyak bisnis  online yang menawarkan berbagai  produk terutama produk kecantikan. Beberapa produk tersebut memang bisa membuat wajah semakin cantik, putih dan bersinar, namun  bagaimana dengan keamanan dan efek samping terhadap wajah anda? Ini yang harus diwaspadai dan jika anda ingin berbisnis   maka pilihlah produk yang sangat aman dan tidak menimbulkan ketergantungan maupun efek samping pada konsumen yang  memakainya.

  • Biaya produksi kecil

Jika anda harus membuat produk untuk dijual maka pilihlah produk yang biaya produksinya kecil   namun produk tersebut cukup banyak  diminati konsumen. Dengan biaya yang kecil anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal, namun sekalipun anda mengeluarkan biaya yang kecil kualitas produk tetap harus dijaga untuk kepuasan konsumen.

  • Mendapat izin dari pemarintah

Menjual produk bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan saja  namun perhatikan juga apakah produk tersebut mendapat izin dari pemerintah  atau tidak. Anda bisa memilih produk yang aman digunakan dan tidak  dilarang. Jangan membuat produk yang bisa membahayakan lingkungan sekitar sehingga banyak orang  yang menentang produk tersebut. Bila anda terus memproduksi barang yang dilarang pemerintah dan melanggar aturan lingkungan sekitar tentu bisnis yang anda jalankan akan ditutup.

  • Pilihlah produk yang menarik

Konsumen  tidak akan membeli produk baru jika  penyajiannya tidak menarik. Sekalipun produk tersebut kualitasnya  sangat bagus namun bila penyajuannya tidak menarik tentu konsumen juga malas membelinya.Sebisa mungkin saat membuat atau memilih produk, anda juga harus memperhatikan kemasannya. Semakin menarik kemasan produk tersebut maka semakin mudah anda menjualnya karena banyak orang yang tertarik  dengan produk tersebut.

Beberapa tips memilih produk tersebut sangat efektif untuk mempercepat pemasaran. Bila produk yang anda pilih untuk dijual tidak  tepat maka jangan harap anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Keuntungan akan mudah didapatkan bila anda  bisa memilih produk yang diinginkan konsumen. Berapapun besarnya modal yang dimiliki jika produk yang  dijual tidak diminati konsumen maka pemasarannya juga tidak akan maksimal. Dengan produk yang tepat  kemudian anda bisa menentukan stategi pemasarannya apakah dengan berjualan online atau berjualan secara offline. Agar mudah dan praktis dalam berbisnis  anda bisa memilih  penjualan online karena  cara ini bisa meningkatkan pemasaran lebih cepat dan lebih efisien.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang