PENCEGAHAN SUDDEN INFANT DEATH SYNDROME PADA BAYI

 

Apakah bayi anda baik-baik saja, waspadai satu hal yang mungkin bisa membuat anda khawatir dan gelisah  yaitu Sudden Infant Death Syndrome ( SIDS). Mungkin bagi sebagian orang tua belum mengenal istilah kedokteran ini, padahal banyak kasus kematian pada bayi yang disebabkan oleh SIDS tersebut.  Dalam suatu penelitian tim dokter mengungkapkan bahwa lebih dari 90% kematian  akibat SIDS tersebut dialami oleh bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Ini menjadi suatu hal yang sering dianggap momok bagi orang tua  terutama mereka yang masih  baru menjadi orang tua.  Kasus kematian yang  disebabkan oleh SIDS ini lebih banyak dialami oleh bayi yang berusia antara 2 hingga 4 bulan.

Apa Sudden Infant Death Syndrome?

Sudden Infant Death Syndrome  merupakan  kematian yang dialami oleh bayi secara mendadak. Sekalipun bayi kelihatan baik-baik saja namun  mereka bisa mengalami SIDS. Orang tua merasa  bayinya sehat dan ceria, namun pada suatu ketika mereka bisa mengalami kematian mendadak tanpa  diketahui bahwa sang bayi mengalami SIDS.   Hampir semua kematian yang disebabkan SIDS pada bayi dialami ketika mereka berusia dibawah 6 bulan atau saat usia menginjak 6 bulan.  Pada suai bayi antara 2 hingga 4 bulan, kasus kematian yang ditimbulkan oleh SIDS ini sangat tinggi sedangkan bayi yang berusia 1 bulan, mereka justru  terbebas dari SIDS.

Sudden Infant Death Syndrome bisa terjadi pada bayi manapun dan dimana saja, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa bayi anda yang sehat-sehat saja bisa mengalami hal ini. Sebagai orang tua tentu saja anda berharap bahwa kasus kematian pada bayi  ini bisa dihindarkan. Sekalipun SIDS sangat jarang terjadi namun pencegahan dari kematian mendadak  pada bayi ini harus anda  waspadai.

SIDS bisa terjadi   pada bayi dengan kriteria sebagai berikut:

  • Kelahiran bayi saat ibu berusia remaja

Sangat disarankan seorang ibu melahirkan bayi ketika usianya diantara 21 tahun hingga 35 tahun,  bila sang ibu melahirkan bayi dibawah usia 20 atau 21 tahun maka resiko bayi mengalami SIDS sangat tinggi. Kematangan mental dan fisik sang iu saat usianya masih remaja sangat rendah sehingga bila mereka melahirkan bayi, bayi lebih rentan terhadap kematian mendadak.

  • Bayi yang lahir secara prematur

Pernahkah anda melihat bayi prematur, Sudden Infant Death Syndrome sering dialami oleh bayi yang lahir secara prematur. Hal ini karena daya tahan tubuh bagi sangat rendah dan mereka  lebih mudah terserang penyakit.

  • Kelahiran bayi yang jaraknya sangat dekat dengan bayi sebelumnya

Mungkin anda memiliki bayi yang usia antara kakak dan bayi tersebut sangat dekat, hal ini juga bisa memicu timbulnya kematian mendadak pada bayi.  Bila  anda ingin hamil lagi, setidaknya anda bisa menunggu minimal satu tahun dari kelahiran bayi sebelumnya. Usia  kelahiran bayi yang terlalu dekat dengan bayi sebelumnya juga bisa membuat anda terlalu repot mengurus mereka dan konsentrasi pada bayi yang baru lahir  juga  berkurang.

Apa Penyebab  SIDS?

Bila mendengar SIDS, cukup was-was bagi orang tua dan anda pasti ingin mencegahnya. Sayangnya banyak penelitian yang dilakukan namun penyebab dari SIDS ini masih belum terungkap dengan pasti apa penyebab utamanya. Banyak yang  berpendapat bahwa SIDS disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pernapasan atau gangguan pernapasan pada sang bayi  yang tak terduga. Secara tiba-tiba bayi mengalami sesak nafas dan timbullah kematian.  Namun SIDS   ini lebih dikarenakan perubahan mutasi  gen pada gen 5-HTT. Pada bayi yang mengalami kematian mendadak,  gen tersebut  sebagai pengatur zat kimia  saat bayi bernafas.

Pada beberapa penelitan diungkapkan bahwa mutasi gen pada bayi juga bisa menimbulkan perubahan  karakter fisik pada bayi.  Bayi yang meninggal karena SIDS tersebut memiliki lebih banyak alele pada gen 5-HTT. Dalam hal ini kadang banyak anggapan bahwa faktor genetika pada bayi sangat besar kaitannya terhadap SIDS. Namun  orang tua manapun tetap harus waspada terhadap momok berbahaya ini.

Pencegahan terhadap SIDS

Bila anda  sangat menyayangi buah hati, pasti banyak cara untuk mencegah SIDS. Sebelum hal itu herjadi  pada bayi anda, ada beberapa hal yang bisa ada cegah agar bayi tetap sehat  tanpa takut terserang SIDS. Berikut beberapa pencegahan terhadap SIDS  pada buah hati:

Pencegahan pra melahirkan

Sekalipun anda belum melahirkan si kecil, namun SIDS bisa dicegah selama buah hati masih ada dalam kandungan. Pencegahan  SIDS selama bayi masih dalam kandungan ini sangat penting sehingga saat bayi lahir mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Saat  kehamilan anda bisa  memeriksakan kondisi janin dan diri anda secara rutin pada dokter kandungan. Pemeriksaan ini tentu saja untuk mengetahui keadaan anda dan janin apakah baik-baik saja atau ada kendala.

Kemudian penuhi juga asupan makanan yang  anda konsumsi selama hamil, makanan tersebut sangat penting untuk janin. Pertumbuhan janin sangat dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi. Cukupi kebutuhan nutrisi anda dan janin dengan mengkonsumsi makana sehat dan seimbang. Bila anda  ragu konsultasikan makanan apa yang harus anda konsumsi dan makanan apa yang  harus anda cegah pada dokter. Selain   itu hindarilah gaya hidup yang  tidak sehat seperti  merokok, minum minuman keras dan menggunakan obat-obatan yang berlebihan.

Pencegahan    pasca  melahirkan

Setelah si kecil lahir, pencegahan terhadap SIDS ini sangat penting sekalipun pra melahirkan anda  sudah mencegahnya. Bagi orang tua, mereka harus bisa mencegah SIDS menyerang bayi  dengan berbagai cara. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk pencegahan SIDS, diantaranya:

    • Pemberian ASI pada bayi

ASI sangat penting bagi bayi tertama saat usia mereka dibawah 2 tahun, bahkan bayi yang berusia dibawah 1 tahun harus mendapatkan ASI eksklusif. ASI  mampu mencegah berbagai penyakit pada bayi karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi secara alami, bahkan ASI adalah makanan terbaik bagi bayi untuk tumbuh secara optimal dan sehat.  Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat untuk memberikan nutrisi penting   pada ASI anda. Dalam hal ini tentu saja SIDS bisa dicegah dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir hingga  tertentu terutama saat usia dibawah 1 tahun.

    • Perhatikan ruangan

Saat anda menidurkan bayi, perhatikan kondisi ruangan tersebutkarena kondisi ruangan yang tidak nyaman juga bisa menggangu si kecil. Anda bisa meletakkan bayi pada temperatur yang sesuai,t idak terlalu panas dan juga tidak terlalu dindin. Selain itu buat tempat tidur bayi senyaman mungkin dan hindarkan bayi dari ruangan berasap terutama asap rokok.

    • Pantau bayi kapan saja

Sangat penting bagi anda untuk memantau bayi sekalipun mereka tertidur lelap. Monitoring secara berkala sangat penting untuk memastikan kondisi bayi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit terutama SIDS.

Nah, sekarang anda tidak  perlu takut jika mendengar  Sudden Infant Death Syndrome  pada bayi. Dengan beberapa pencegahan diatas  anda bisa merasa tenang dan pertumbuhan bayi juga akan optimal tanpa takut SIDS menyerang mereka.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang