PENGGUNAAN AROMATERAPI SAAT KEHAMILAN

Kehamilan selalu menjadi  hal yang  menarik bagi  pasangan suami istri. Saat kehamilan  Anda membutuhkan ketenangan dan rasa nyaman setiap saat dan Anda bisa menggunakan aromaterapi. Ada banyak manfaat dari aromaterapi selama persalinan, penggunaan minyak esensial dapat membuat pengalaman yang menyenangkan dan dapat membantu dalam membuat tenaga bagi Ibu dan Bayi. Aromaterapi dapat membantu selama persalinan untuk memperkenalkan penyembuhan atau menenangkan karena aromaterapi memiliki sifat herbal dan aroma tanaman lainnya ke dalam tubuh Anda. Indera penciuman sangat kuat dan dapat meminta perasaan yang kuat dan emosi. Beberapa wanita menemukan bahwa aromaterapi menciptakan lingkungan yang santai saat mereka melahirkan.

Jika Anda ingin mencoba aromaterapi saat Anda berada dalam proses persalinan, sebaiknya  Anda mencari beberapa aroma yang membuat Anda merasa tenang. Dalam aromaterapi, minyak esensial yang diekstrak dari bahan alam atau tanaman untuk membantu mengobati penyakit atau mempertahankan kesejahteraan seseorang. Pada saat kehamilan, banyak perubahan  pada kondisi tubuh, termasuk warna kulit dan elastisitas. Garis kehamilan  atau stretch mark pada perut merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menggunakan minyak jojoba untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit selama kehamilan. Selain baik untuk kulit, pijat dengan minyak jojoba juga akan menenangkan dan memanjakan tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak jojoba untuk wanita hamil:

ü  Mengurangi stretch mark

Struktur kimia dan kesamaan dengan minyak yang diproduksi oleh kulit tubuh, minyak jojoba  menjadi salah satu pelembab yang sangat efektif. Jika digunakan secara teratur, Anda dapat mencegah munculnya garis-garis saat kehamilan yang ada garis perut dan menyamarkannya. Untuk hasil terbaik, oleskan minyak jojoba segera setelah mandi atau calon ayah bayi juga dapat memanjakan Anda dengan pijatan lembut  yang menenangkan pada perut.

ü  Perawatan wajah selama kehamilan

Jika Anda rentan terhadap munculnya jerawat selama kehamilan, minyak jojoba merupakan pelembab yang dapat membantu memecahkan masalah. Para ahli percaya bahwa minyak jojoba untuk membantu mengelabui tubuh, karena kemiripan dengan minyak jojoba sebum, sehingga tubuh menganggap cukup untuk menghasilkan minyak yang pada akhirnya akan mengurangi produksi sebum. Karena itu, ketika menggunakan minyak jojoba sebagai pelembab wajah, maka tubuh akan mengurangi sekresi sebum sehingga wajah bebas jerawat.

ü  Perawatan rambut selama kehamilan

Kondisi rambut selama kehamilan juga berubah-ubah, kadang rambut menjadi kering, cara terbaik adalah menghangatkan minyak jojoba dan oleskan pada rambut sebelum mandi.

Selain minyak  jojoba, Anda juga bisa menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri dapat memberikan kenyamanan dan bantuan untuk berbagai jenis masalah yang dapat timbul selama kehamilan, seperti nyeri otot dan sendi, kecemasan, pilek, dan pergelangan kaki bengkak. Minyak esensial murni yang berkualitas tinggi ini bisa digunakan secara eksternal, dan digunakan dalam moderasi umumnya dianggap aman untuk digunakan selama kehamilan.

Namun, ada beberapa minyak yang  sebaiknya dihindari selama kehamilan, seperti Calamus, kulit kayu manis, mugwort, tansy, dan pennyroyal. Minyak ini dapat mengencerkan darah dan dapat menyebabkan kram atau kontraksi rahim. Minyak atsiri dapat digunakan untuk membuat santai, nyaman dan bebas stres lingkungan untuk tenaga kerja Anda, dan ketika disebarkan di ruang bersalin, akan membantu menyambut bayi baru Anda menjadi dibersihkan, sangat berbau kamar dengan aroma familiar.

Ketika mempertimbangkan menggunakan aromaterapi, Anda bisa memilih minyak jojoba atau  minyak  atsiri 1 sampai 2 tetes, kebanyakan minyak ini yang dapat dibeli dari toko kelontong alami atau herbal toko. Beberapa tetes minyak esensial diencerkan ditempatkan pada diffuser yang perlahan-lahan melepaskan aroma ke udara. Cara lain yang mudah untuk mendapatkan manfaat dari aromaterapi adalah  dengan menambah 2 sampai 4 tetes minyak esensial  kedalam air mandi. Asap yang menyegarkan dan membangkitkan semangat dapat dibuat dengan menggabungkan beberapa tetes minyak esensial dengan air suling.

Beberapa manfaat minyak esensial   yang bisa digunakan untuk aromaterapi saat kehamilan diantaranya:

ü  Jahe

Jahe meredakan mual, mulas, nyeri otot, memerangi pilek, dan membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

ü  Bergamot

Bergamot membantu untuk meringankan kejang otot, nyeri otot, gangguan emosional, luka dingin, dan membantu mengurangi demam.

ü  Lavender

Lavender memudahkan kecemasan dan sakit kepala, ketegangan otot, nyeri otot, membantu dengan nyeri payudara, iritasi kulit, membantu menginduksi tidur, memudahkan gejala alergi, dan dapat mencegah persalinan dini.

ü  Lemon

Lemon membantu dengan kejernihan mental dan konsentrasi untuk  meredakan mulas, mual, sembelit, asam refluks, dan varises. Lemon juga bisa digunakan untuk pembersih perkakas rumah tangga.

ü  Geranium

Geranium berguna untuk menenangkan kulit, wasir, varises, mual, gangguan emosional, dan jerawat.

ü  Cendana

Saat kehamilan Anda bisa menggunakan cendana, aromaterapi ini mendorong tidur  Anda  lebih nyenyak, menenangkan kejang otot dan kram dan membantu mengurangi ketegangan, dan sangat menenangkan.

Aromaterapi  sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah  saat Anda hamil, beberapa masalah sata hamil  yang bisa diatasi diantaranya:

ü  Morning Sickness

Masalah yang sering dialami bagi ibu  hamil  adalah morning sickness, Anda bisa memilih aromaterapi Jahe atau peppermint.

ü  Kecemasan / Ketegangan

 Untuk mengatasi kecemasan maupun ketegangan saat kehamilan, Anda bisa menggunakan lavender. Aroma lavender akan mengurangi ketegangan maupun rasa cemas  berlebih pada diri Anda.

ü  Tekanan Darah Tinggi

Agar tekanan darah tinggi berkurang dan hilang, gunakan kayu putih, lavender, cengkeh, atau lemon.

Saat hamil, Anda bisa mencoba aromaterapi di rumah dan hal ini adalah pilihan yang mudah untuk mendapatkan ketenangan dan  rileks. Anda hanya perlu meletakkan beberapa minyak esensial dalam bak mandi, membakarnya atau membuat campuran sendiri. Minyak atsiri sangat kuat dan dapat memasuki aliran darah Anda  sekalipun  Anda hanya menghirup aromanya saja. Saat hamil pastinya Anda membutuhkan ketenangan dan dengan aromaterapi Anda bisa lebih nyaman. Sebagian wanita hamil meletakkan  aromaterapi dikamarnya  sehingga saat dia tidur, dia bisa mendapatkan rasa yang sangat nyaman.  Anda bisa  lebih tenang  dan lebih rileks  saat tidur ataupun saat menjalankan aktivitas sekalipun hamil. Dengan  rasa yang tenang dari aromaterapi tersebut maka Anda  dan janin akan sehat hingga persalinan tiba.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang