PENTINGNYA OLAH RAGA KEBUGARAN SAAT KEHAMILAN ANDA

Semua wanita harus terlibat dalam aktivitas fisik  atau olahraga secara teratur. Bagi wanita yang tidak hamil, olahraga  bermanfaat untuk menguatkan tulang, membangun otot, memberikan rasa ditingkatkan energi, meningkatkan fleksibilitas dan membantu mengontrol berat badan.  Olahraga memperkuat jantung dan menurunkan kolesterol  serta mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak penelitian membuktikan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur dan tetap merasa lebih baik secara mental aktif; mereka kurang stres, depresi, atau cemas. Saat hamil,  olahraga  tentu sangat membantu Anda, jadi jangan salah jika  saat hamil Anda justru malas melakukan aktivitas. Sebagian wanita hamil memang malas untuk melakukan aktivitas aat hamil,apalagi jika mereka harus berolahraga.  Mereka berpikir jika bergerak atau berolahraga, hal ini bisa menyebabkan masalah pada janin, padahal olahraga amat penting saat kehamilan.

Sebuah program olahraga teratur  saat kehamilan hal ini dapat membantu  Anda untuk menangkal baby blues dan depresi postpartum. Olahraga akan memberikan Anda dengan kekuatan daya tahan yang diperlukan untuk membantu persalinan serta meningkatkan kecepatan pemulihan setelah melahirkan Anda.  Bagi wanita yang memulai program olahraga pada awal kehamilan,  mereka akan mengalami lebih sedikit masalah di kemudian  hari saat kehamilan.  Dan bagi wanita  hamil, saat hamil tidak selalu berarti  mereka akan menjadi gemuk dan juga merasa  lelah sepanjang waktu.  Memang sebagian besar wanita hamil akan  bertambah berat badannya, hal ini karena mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak  dibandingkan sebelum mereka hamil. Saat kehamilan tersebut jika mereka hanya mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, namun tidak diimbangi dengan olahraga, hal ini  bisa menyebabkan mereka  gemukk.

Padahal, selama kehamilan Anda bisa merasa nyaman,  langsing dan tidak lelah, hal ini tergantung  sebagian besar pada tindakan yang Anda lakukan selama kehamilan mengenai makanan  yang Anda konsumsi dan olahraga. Olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih fit sekalipun Anda hamil dan melakukan aktivitas  di rumah atau di kantor. Mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dan  berolahraga secara teratur, Anda dapat mempertahankan atau meningkatkan kebugaran dan kesehatan selama ini tuntutan ekstra pada tubuh Anda. Wanita yang berolahraga secara teratur sebelum hamil,  hal ini jauh lebih baik. Bagi wanita yang terus berolahraga saat hamil mereka memiliki  resiko yang sangat kecil  untuk megalami kelahiran sesar.    Anda bisa melakukan senam ringan, hal ini  bisa mencegah  Anda  dari peningkatan risiko untuk kelahiran prematur. Manfaat olahraga selama kehamilan tampaknya lebih besar dan melebihi risiko pada wanita hamil yang sehat.

Saat kehamilan, tentukan bagaimana Anda ingin terlihat langsing  demikian juga setelah melahirkan. Anda harus menerima tantangan untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam  pola makan dan latihan untuk mencapai tujuan tersebut. Makan yang sehat dan olahraga teratur harus berjalan beriringan, sekalipun Anda sedang hamil, hal ini bukan berarti Anda rapuh. Anda bisa mengatur jadwal dan mencoba untuk memberikan waktu  untuk berolahraga. Pertimbangkan merencanakan hari Anda untuk berolahraga saat  hamil. Sebelum memulai program olahraga apapun saat hamil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan pastikan  memilih  program olahraga  yang tepat untuk Anda. Olahraga  akan membantu wanita yang menderita diabetes gestational selama kehamilan. Olahraga membantu menjaga kadar gula darah sebelum Anda hamil bahkan dapat membantu mencegah diabetes gestasionalsaat kehamilan.

Ada banyak bentuk olahraga bagi wanita hamil yang dapat lakukan selama kehamilan. Salah satu bentuk populer dari olahraga tersebut adalah dengan menggunakan bola kebugaran. Olahraga bola ini dapat digunakan sebelum, selama dan setelah kehamilan. Olahraga bola ini membantu untuk menjaga kaki terbuka dan membantu dalam mendorong bayi keluar saat persalinan. Sebuah bola kebugaran merupakan alat latihan yang digunakan untuk membantu tubuh tetap fit dan sehat. Bagi wanita hamil, alat  tersebut adalah sarana untuk membantu seluruh proses kehamilan hingga bayi dilahirkan. Anda bisa membeli bola kebugaran yang sesuai dengan tinggi badan Anda untuk dapat secara efektif memanfaatkan bola tersebut.  Ada beberapa jenis  olahraga atau latihan bola kebugaran yang dapat Anda lakukan selama kehamilan untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk pengalaman yang lebih baik.

Beberapa   latihan olahraga bola kebugaran yang bisa Anda lakukan saat hamil diantaranya:

ü  Latihan pernapasan perut

Anda bisa mencoba latihan pernapasan perut, latihan ini melibatkan Anda untuk duduk di atas  bola kebugaran. Anda  bisa menghirup dan menghembuskan napas, ambil napas dalam-dalam saat Anda menarik napas lebarkan perut dan Anda bisa  menghembuskan napas perlahan-lahan.

ü  Penguatan paha

Jika Anda ingin latihan untuk paha depan maka Anda dapat mencoba menempatkan bola kebugaran pada dinding stabil. Anda bisa besandar di tepi bola kebugaran, lutut ditekuk selebar punggung. Kemudian lakukan menghirup dan menghembuskan napas  saat latihan, lakukan dua puluh kali untuk melihat peningkatan yang signifikan  pada kesehatan Anda.

ü  Latihan Kegel

Latihan kegel bisa dilakukan dengan bantuan bola kebugaran untuk memperkuat otot-otot panggul Anda. Hal ini akan memberikan tingkat kenyamanan Anda selama tahap akhir persalinan. Latihan kegel bermanfaat dalam mempersiapkan Anda untuk persalinan dan  saat melakukan latihan kegal, Anda perlu bernapas perlahan-lahan. Hembuskan napas, hitung sampai lima kali untuk membantu mengencangkan otot-otot panggul Anda. Anda dapat melakukan dua puluh latihan kegal secara signifikan untuk  meningkatkan daerah panggul Anda.

Sebelum memulai  olahraga yang tepat saat hamil demikian juga dengan bola kebugaran, Anda bisa berkonsultasi apda  dokter atau bidan Anda.  Saat kehamilan timester pertama,  sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan janin.  Sebelum memilih olahraga ataupun aktivitas lain, Anda  harus berkonsultasi pada  dokter.   Konsultasi tersebut  dimaksudkan agar  Anda dan janin  baik-baik saja  saat melakukan aktivitas yang Anda inginkan. Olahraga memang penting saat sebelum, selama dan setelah kehamilan, namun tidak semua olahraga  cocok untuk kondisi Anda. Dengan berkonsultasi dokter akan membantu  Anda untuk menentukan olahraga yang tepat selama kehamilan atau saat periode kehamilan Anda.

Bagaimana, masih takut berolahraga saat hamil, atau Anda ingin  berolahraga dengan bola kebugaran untuk menjaga janin Anda?  Olaharaga akan membantu Anda dan janin untuk tetap sehat hingga masa persalinan dan setelah persalinan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang