PERLUKAH YOGA SAAT KEHAMILAN ANDA

Saat hamil, Anda juga butuh olahraga yang membantu  kehamilan Anda agar tetap dalam kondisi  sehat, demikian juga dengan tubuh Anda. Untuk menjaga tubuh Anda tetap fit maka Anda bisa memilih yoga. Yoga adalah bentuk  senam atau olahraga India kuno dengan pendekatan holistik, yang berarti memberikan keseimbangan pada seseorang secara keseluruhan baik  pikiran dan tubuh  dan latihan ini tidak seperti bentuk latihan lainnya. Filosofi yoga adalah bahwa dengan praktek sehari-hari tubuh dikembalikan ke fungsi alami sehingga dapat lebih baik mengurus dirinya sendiri, salah satu menjadi lebih terpusat dan terbebas dari stres. Yoga dapat membantu wanita melewati kehamilan mereka lebih nyaman, hal ini juga membantu kelahiran dan pasca-melahirkan  bagi Anda. Yoga memainkan peran yang sangat penting dalam kehamilan.

Pada umumnya ibu hamil yang melakukan latihan yoga akan mendapatkan kesehatanyang lebih baik dalam pikiran dan tubuh. Tubuh Anda akan lebih fleksibel, yang memungkinkan  Anda untuk beradaptasi dengan berbagai posisi saat persalinan dan ligamen yang lebih elastis, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi nyeri persalinan.  Anda bisa mengikuti kelas  yoga  sehingga  hal ini bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi dan juga membantu dengan retensi cairan.  Yoga membantu untuk mempersiapkan kelahiran, hal ini  karena  latihan  pernapasan  dengan  mendorong napas. Sedangkan latihan kesadaran tubuh mengurangi kekhawatiran dan mengajarkan perempuan untuk beradaptasi dengan situasi baru. Bukan hanya saat kehamilan, namun yoga  memiliki manfaat setelah kehamilan  juga. Yoga postnatal, yang dapat dimulai sekitar enam minggu setelah melahirkan,  latihan ini akan memperkuat otot-otot perut dan dasar panggul Anda. Hal ini juga membantu Anda untuk untuk membentuk  kembali  tubuh  pada keadaan sebelum kehamilan.

Kapan  mulai yoga?

Jika Anda belum pernah mencoba yoga sebelumnya, Anda harus mulai dengan mengambil kelas untuk belajar pose di bawah pengawasan.  Bagi wanita hamil  untuk berlatih  yoga sendiri, tetapi mereka  harus mengikuti kelas yoga terlebih dulu. Jika Anda sudah akrab dengan yoga, ada beberapa buku dan video sekitar yang mengandung penjelasan rinci tentang cara untuk melakukan asana terbaik di rumah   untuk menjaga kesehatan  Anda  dan janin.  Hatha yoga adalah nama yang diberikan untuk semua praktek yoga  dan bisa digunakan untuk wanita hamil. Wanita hamil harus berbicara dengan guru yoga mereka untuk mencari tahu apa jenis yoga yang mereka ajarkan, dan dapat dimodifikasi untuk kehamilan. Untuk memulai yoga tidak berbeda dengan memulai bentuk  latihan lain. Jika Anda tidak menggunakan  yoga untuk olahraga teratur maka Anda harus mulai perlahan-lahan jika Anda sedang hamil.

Jika Anda sudah pernah mengikuti latihan yoga sebelum hamil maka  akan lebih baik jika Anda melanjutkan latihan tersebut kembali.  Banyak ibu hamil yang justru lebih memilih untuk menunggu sampai trimester ke-2 untuk memulai  latihan yoga lagi. Jika Anda baru pertama kali yoga, Anda harus menemukan instruktur prenatal berkualitas. Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Ibu hamil harus memperhatikan untuk tidak  melakukan overstretch tubuh, hal ini karena ligamen di sekitar sendi menjadi longgar dan lembut selama kehamilan.  Anda tidak harus mencoba untuk berlatih yoga terlalu keras, tapi Anda  membutuhkan kenyamanan, bersantai dan peregangan, tanpa kelelahan atau terlalu panas. Melahirkan bisa menjadi hal yang berat sehingga  agar tubuh Anda tetap fit dan sehat, yoga sangat dibutuhkan dan ini adalah persiapan yang sangat baik. Tidak ada  rasa sakit atau mual harus dirasakan selama atau setelah yoga. Jika ini terjadi, Anda harus berhenti yoga sejenak dan hubungi dokter atau bidan.

Beberapa hal penting sebelum Anda berlatih yoga saat hamil diantaranya:

ü  Pilih  isntruktur yang tepat

Sangat penting untuk menemukan seorang guru yoga yang tepat untuk Anda. Mencari satu yang dapat memenuhi semua tingkat dan membuat Anda merasa nyaman di mana pun Anda berada  pada kehamilan Anda.

ü  Anda butuh kenyamanan

Jangan khawatir jika Anda belum pernah mencoba yoga sebelumnya, guru yoga kehamilan Anda akan mengatur kecepatan  dengan tetap. Fokusnya adalah berlatih pada tingkat  dimana Anda merasa nyaman. Semua  wanita akan berada pada tahap yang berbeda dari kehamilan sehingga penting untuk fokus pada apa yang terasa terbaik untuk Anda dan bayi. Kenyamanan  sangat dibutuhkan saat Anda  hamil, demikian juga kenyamanan saat Anda melakukan latihan yoga.

ü  Berlatih pernapasan yoga

Ibu hamil sering merasa sulit untuk berlatih pernapasan selama kehamilan, hal ini sama pentingnya dengan menjaga kesehatan. Pranayama  atau pernapasan yoga akan menjadi bagian besar dari kelas yoga kehamilan Anda. Hal ini telah terbukti menurunkan tekanan darah, membantu Anda tidur di malam hari dan bersantai selama persalinan. Pernapasan  saat Anda berlatih yoga, hal ini sangat penting untuk membantu Anda  saat  proses melahirkan nanti.

ü  Jangan memaksakan diri

Yang paling penting  dari latihan yoga ini adalah untuk tidak memaksakan diri  Anda ataupun janin untuk melakukan apa pun  yang Anda  rasa tidak  nyaman. Sangat penting untuk mendengarkan sinyal tubuh Anda dan memperlambat gerakan saat berlatih yoga. Berlatih yoga terutama saat  hamil, hal ini  bukan hanya  soal gerak, namun soal kenyamanan yang Anda dapatkan saat berlatih.  Instruktur Anda akan memberika saran dan juga bimbingan yang terbaik untuk membantu Anda  mendapatkan tubuh  yang sehat.

ü  Dapatkan bayi ke posisi yang benar

Instruktur akan memimpin diskusi tentang postur yang berguna untuk membantu mendapatkan bayi ke posisi yang benar untuk melahirkan serta bagaimana untuk membantu mengubah bayi sungsang. Hal ini tentu sangat penting agar proses persalinan Anda bisa berjalan dengan lancar. Yoga membantu  Anda untuk mendapatkan posisi bayi yang tepat sehingga persalinan normal bisa Anda dapatkan.

Berlatih yoga, sebelum, saat dan sesudah melahirkan memang sangat penting dan Anda bisa mendapatkan  tubuh yang tetap fit saat hamil. Imbangi   latihan  yoga Anda  dengan konsumsi makanan sehat. Jika tubuh Anda sehat pasti  bayi yang akan Anda lahirkan nanti juga sehat.  Mulailah yoga dengan instruktur yang tepat agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan manfaat lain dari  olahraga ini.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang