Permainan Tradisional

Ada dua tipe anak, ada anak yang suka berinteraksi dengan orang, dan ada pula anak yang suka berinteraksi dengan mesin (computer dan lain sebagainya). Tulisan ini bertujuan untuk merefresh kembali memori kita akan permainan yang sudah kuno, tapi sebenarnya baik untuk anak, karena selain bagus untuk fisik anak, juga melatih kebersamaan dan sosialisasi dengan anak lain.

Permainan-permainan itu antara lain:
1. bola bekel,

2. petak umpet, dimana seseorang mencari teman-temannya yang bersembunyi sampai semua di temukan. Yang pertama kali di temukan adalah yang menjadi orang yang mencari teman2 lain yang bersembunyi di ronde berikutnya.

3. gobaksodor, dimana kita berusaha menembus garis pertahanan lawan yang terakhir, di mana terdiri dari 2 group yang berusaha saling menyentuh garis tersebut

4. benteng-bentengan, dimana kita berusaha menyentuh benteng lawan, bisa berupa tembok, tiang atau lain-lainnya

5. layang-layang

6. balap karung, suatu permainan dimana anak masuk kedalam karung kemudian melompat lompat untuk sampai ke tempat tujuan (garis finish)

Indonesia adalah Negara yang sangat kreatif, banyak permainan yang di buat dari bahan-bahan yang sederhana. Permainan untuk anak tidak perlu mahal. Anak-anak juga tidak mengerti kalau itu mahal. Yang penting bagi mereka adalah mereka merasa senang dan “having fun”

Banyak permainan yang di buat dari bahan sederhana tapi menyenangkan, seperti yoyo, gangsing, congklak, tulup (semacam bamboo yang diisi kacang hijau untuk di tembakkan ke teman kita), kolas, kitiran, seni melipat kertas, dan masi banyak lagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menyadarkan kita bahwa bermain tidaklah mahal dan dapat di lakukan dimana saja.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang