Persalinan

Beberapa prosedur persalinan yang di lakukan adalah:

1. episiotomi, dimana di berikan sayatan kecil untuk melebarkan mulut vagina dan mencegah perobekan yang dilakukan apabila vagina tidak cukup meregang.

2. jika kepala bayi besar dan anda kurang mengedan, atau bayi dalam keadaan sungsang, maka akan di bantu dengan forsep atau vakum (semacam penjepit) yang di pasang di kepala bayi

3. bedah caesar, bayi dikeluarkan melalui perut, yang dimana persalinan ini bisa di lakukan dalam keadaan darurat ataupun di rencanakan.

Tidak semua bayi lahir “normal”, ada beberapa yang setelah lahir memerlukan prosedur khusus dalam perawatannya misal:

1. banyak bayi yang baru lahir mengalami komplikasi ringan dimana kulit dan putih matanya berwarna kuning. Jemurlah dibawah sinar matahari untuk penyembuhannya. Pada kasus yang berat bayi perlu di rawat dengan terapi foto yang menggunakan sinar khusus

2. bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum kehamilan 37 minggu. Biasanya mengalami kesulitan pernafasan, menyusui dan menjaga kehangatan tubuh. Karena itu biasanya di rawat selama beberapa waktu di inkubator. Bila dapat menghisap, ia bisa disusui. Kalau belum, susu dapat di salurkan melalui pipa.

3. bayi kembar dapat di ketahui setelah usia kehamilan 16 minggu. Kelahiran kembar sebaiknya dilakukan di rumah sakit karena memerlukan alat bantu persalinan seperti forsep dan bius prosedural.

4. bayi sungsang kahir dimana pantat terlebih dahulu. baru kepalanya. Bayi sungsang lebih baik lahir di rumah sakit dimana persalinan bisa berlangsung lebih lama dan diperlukan pengguntingan dan forsep.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang