PERUBAHAN YANG ANDA ALAMI PADA TRIMESTER KEHAMILAN

Tahapan kehamilan dibagi menjadi tiga trimester. Di sini Anda akan belajar tentang masing-masing seperti yang kita menjelaskan secara rinci semua hal menarik terjadi pada Anda dan bayi Anda tumbuh.

Trimester pertama

Trimester pertama adalah 12 minggu pertama kehamilan. Seringkali, perempuan bahkan tidak tahu bahwa mereka hamil sampai 6 minggu atau lebih, yang berarti trimester ini bisa lebih pendek dari yang lain bagi banyak perempuan. Selama minggu-minggu ini, wanita cenderung mengalami lebih dari “klasik” ​​ketidaknyamanan awal kehamilan, seperti mual di pagi hari, nyeri payudara, sembelit, kelelahan, sering buang air kecil, dan perdarahan vagina mungkin abnormal.

Hal ini, sayangnya, juga trimester dengan tingkat tertinggi keguguran. Sekitar 80% keguguran terjadi sebelum 12 minggu kehamilan. Tanda paling umum dari keguguran adalah pendarahan vagina. Tanda-tanda lainnya termasuk kram dan hilangnya gejala kehamilan. Biasanya tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah keguguran pada trimester pertama. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala-gejala pada trimester pertama.

Penyebab paling umum dari keguguran pada trimester pertama adalah kelainan kromosom, meskipun penyebab lain ada. Jika Anda memiliki satu keguguran, terutama pada trimester pertama, kemungkinan memiliki satu sama lain kecil. Jika Anda memiliki beberapa keguguran, Anda mungkin calon yang baik untuk pengujian lebih lanjut. Bicarakan dengan dokter atau bidan tentang situasi pribadi Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Tri semester ke dua

Trimester kedua kehamilan sering membawa rasa   gembira pada pasangan suami istri.   Masalah yang  terjadi pada trimester pertama bahkan yang terburuk  seperti mual telah biasanya berlalu. Selama trimester kedua kehamilan, Anda mungkin melihat perubahan fisik dari kepala sampai kaki.

Beberapa  perubahan yang terjadi saat trimester kedua diantaranya adalah:

  • Payudara yang lebih besar

Payudara Anda semakin membesar,  berkat lemak tambahan yang terakumulasi dan dalam persiapan untuk memproduksi susu. Namun Anda akan merasakan nyeri  pada payudara awal kemungkinan akan meningkat. Anda juga membutuhkan sebuah bra yang mendukung perubahan tersebut.

  • Perubahan kulit

Saat kehamilan, Anda akan mengalami perubahan hormon yang  merangsang peningkatan pigmen melanin pada kulit Anda. Hal ini menimbulkan  bercak-bercak hitam di wajah Anda. Anda juga mungkin akan melihat samar, garis gelap bawah perut Anda.  Perubahan kulit ini sering terjadi dan biasanya memudar setelah melahirkan.

  • Munculnya stretch mark

Saat trimester kedua, jangan heran jika Anda  melihat garis merah muda, merah atau ungu di sepanjang perut, payudara, bokong atau paha. Hal itu merupakan peregangan kulit yang  juga menyebabkan gatal.  Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembab. Sekalipum stretch mark tidak bisa dicegah, sebagian besar stretch mark akhirnya memudar dalam intensitas.

Tri Semester Ke tiga

Perubahan yang terjadi pada trimester ketiga dari  kehamilan  Anda  diantaranya adalah  perubahan secara fisik dan emosional. Ukuran dan posisi bayi Anda mungkin membuat Anda sulit bergerak dan Anda merasa tidak nyaman.  Saat  trimester ketiga ini Anda juga sangat was-wasa menantikan kehadiran di buah hari yang telah lama Anda tunggu.

Beberapa  hal yang terjadi saat trimester  ketiga  kehamilan diantaranya adalah:

  • Kontraksi

Saat bayi Anda terus menambah berat badan, hormon-hormon kehamilan mengendurkan sendi antara tulang-tulang di daerah panggul Anda. Perubahan ini membuat  ketidaknyamanan pada punggung Anda. Kontraksi pada trimester ketiga ini merupakan hal yang biasa terjadi saat kehamilan akhir.  Namun, kontraksi tersebut  biasanya lemah serta  datang dan pergi tak terduga. Kontraksi persalinan lebih kuat dan lebih cenderung  terjadi bersama-sama. Jika Anda mengalami kontraksi yang menyakitkan atau biasa,  langkah tepat adalah segera menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

  • Sakit punggung

Sakit punggung adalah masalah yang sering terjadi saat trimester tiga dari kehamilan. Ketika Anda duduk,  sebaiknya pilihlah  kursi yang nyaman.  Untuk mengatasi sakit punggung, gunakan  bantal pemanas atau kompres es ke daerah yang menyakitkan. Mintalah pasangan Anda untuk memijat punggung Anda. Selain itu, gunakan sepatu hak rendah  agar Anda lebih mudah beraktivitas.  Jika sakit punggung tidak hilang atau disertai dengan tanda-tanda dan gejala lain, hubungi dokter untuk penanganan yang lebih spesifik.

  • Sesak napas

Sesak nafas juga sering dialami oleh  ibu hamil pada trimester ketiga kehamilannya. Untuk megatasi masalah sesak nafas tersebut maka Anda bisa  makan makanan kecil dan minum banyak cairan di antara waktu makan. Hindari makanan yang digoreng, buah jeruk atau jus, dan makanan pedas.

  • Pembengkakan

Rahim  akan tumbuh dan memberikan tekanan pada vena yang mengembalikan darah dari kaki dan kaki. Tekanan tersebut menyebabkan kaki bengkak dan pergelangan kaki bisa bermasalah. Pembengkakan di kaki, lengan atau tangan dapat menempatkan tekanan pada saraf, menyebabkan kesemutan atau mati rasa. Untuk mengurangi pembengkakan, Anda bisa sering menopang kaki dan tidak duduk dengan kaki disilangkan. Jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, cobalah untuk sering bergerak.

  • Sering buang air kecil

Jangan heran jika  saat kehamilan 6 bulan ke atas, Anda sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena saat bayi Anda bergerak lebih dalam ke panggul, Anda akan merasa lebih banyak tekanan pada kandung kemih sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering. Tekanan ekstra ini juga dapat menyebabkan Anda bocor urin  terutama saat Anda tertawa, batuk atau bersin. Terus memperhatikan tanda-tanda infeksi saluran kemih, seperti kencing lebih dari biasanya, nyeri saat buang air kecil, demam atau sakit punggung. Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggobatan infeksi saluran kencing agar tidak meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

  • Keputihan

Keputihan yang terjadi saat kehamilan trimester akhir ini adalah umum terjadi.Untuk mengatasinya, Anda bisa  berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah keputihan tersebut.

  • Spider veins, varises dan wasir

Peningkatan sirkulasi darah dapat menyebabkan pembuluh darah merah kecil, yang dikenal sebagai spider veins dan hal ini bisa muncul pada kulit Anda. Anda juga mungkin melihat  warna biru atau kemerahan garis yang dinamakan varises di bawah permukaan kulit, terutama di kaki. Jika Anda memiliki varises yang menyakitkan  saat  mengangkat kaki, Anda  bisa  memakai stoking dukungan. Untuk mencegah wasir dan menghindari sembelit,  Anda bisa mengkonsumsi banyak serat dalam diet  dan minum banyak cairan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang