PSIKOLOGI SEKS ANAK, PERLUKAH BAGI MEREKA

Anda sering berpikir tentang cara memberikan pengetahuan  seks   pada  anak, hal ini terlihat sangat sulit, namun Anda harus mengajarkan pendidikan tersebut pada mereka.  Sekarang pikirkan tentang cara anak-anak belajar tentang seks hari ini. Pendidikan seks mutlak diperlukan sebelum anak-anak sekolah. Saat anak Anda belajar untuk berkomunikasi, mereka perlu diajarkan segala sesuatu yang perlu tahu tentang diri mereka sendiri, termasuk bagian-bagian pribadi mereka. Sama seperti  Anda mengajarkan anak-anak  tentang hidung mereka, lengan mereka, mereka harus menyadari kata-kata seperti vagina dan penis. Orang tua dan anak-anak harus nyaman dengan tubuh mereka dan kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan  organ tubuh mereka. Jika anak-anak tidak nyaman dengan bagian-bagian pribadi mereka, nama mereka atau berbicara tentang organ pribadi mereka, ketika mereka mendengar kata-kata ini dan belajar hal-hal ini di sekolah tinggi bagaimana  mereka  merasa nyaman?

Ketika anak-anak dipersenjatai dengan pendidikan seks sejak dini,  hal ini dipersiapkan mereka untuk dunia. Pendidikan ini sangat penting untuk diajarkan di rumah bahkan semua tentang tubuh mereka, dan seks sehingga ketika mereka berada pada usia pubertas, mereka memahami apa yang tubuh mereka akan lalui dan  mereka akan membuat pilihan cerdas tentang seks melalui pendidikan yang telah Anda ajarkan. Dari bayi sampai praremaja, anak-anak menampilkan berbagai perilaku seksual. Namun, ketika orang tua menemukan bahwa anak mereka memulai atau terlibat dalam perilaku seksual dengan anak lain, mereka mungkin bertanya-tanya apakah perilaku tersebut dalam kisaran bermain seksual  yang normal atau jika itu adalah tanda dari masalah indikasi pelecehan seksual. Anak Anda tumbuh melalui berbagai tahap perkembangan, ia akan terlibat dalam berbagai bentuk permainan eksplorasi dan eberapa permainan ini mungkin yang bersifat seksual.

Mendidik anak tentang seksualitas  sama halnya dengan mengajar anak untuk berjalan dan berbicara, hal ini untuk mengetahui benar dan salah tentang tindakan anak nantinya. Meskipun isi pendidikan tentang seksualitas manusia secara tepat akan mencerminkan nilai-nilai khusus untuk keluarga tertentu, inilah pentingnya pendidikan yang universal. Apa yang terjadi jika orang tua ingin mengajarkan anak tentang pendidikan seksualitas? Hal ini penting bagi anak untuk mengenali batas mereka dalam pergaulan nantinya. Jika Anda  belum memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengajarkan pendidikan seks pada anak-anak, Anda bisa meminta  bantuan dokter anak. Dokter anak sangat membantu dalam menggunakan keahlian khusus mereka untuk membantu keluarga mengembangkan strategi untuk menyajikan informasi seputar pendidikan seks sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Orang tua dapat mengetahui bahwa pelajaran paling penting tentang seksualitas bukan fakta, tetapi nilai-nilai. Pendidikan tentang seksualitas harus dimulai sejak dini dalam kehidupan anak dan mengalir seiring dengan perkembangan fisik dan kognitif. Anda bisa memilih dokter anak  yang mahir dalam menawarkan bimbingan antisipasi untuk keluarga, baik tentang pertanyaan anak-anak  yang dapat meningkatkan  mutu pendidikan  seks dan tanggapan sesuai dengan tahapan perkembangan. Orang tua  bisa mengajarkan tentang pendidikan seksualitas ketika mereka membuka diskusi etika  saat di toilet. Pada awal 18 bulan sampai 2 tahun, orang tua dapat mulai dengan menggunakan istilah yang benar untuk bagian tubuh dan fungsi tubuh. Pada usia 4 atau 5, anak-anak mungkin melihat perbedaan gender dan ingin tahu di mana bayi berasal. Pada usia 8 tahun, anak-anak dapat melihat  hal tabu tentang masalah seksual.

Pada saat praremaja, mereka akan merasa sadar tentang identitas seksual mereka, khawatir tentang pubertas dan menjadi sadar diri  mengajukan pertanyaan tentang seks. Masing-masing tahap perkembangan harus disertai dengan komunikasi langsung dan terbuka tentang hal-hal seksualitas yang relevan. Dokter anak dapat membantu keluarga mengidentifikasi momen pembelajaran untuk membantu diskusi ini berkembang secara alami. Apalagi saat ini banyak media penuh konten seksual, menawarkan bacaan yang sangat baik bagi orang tua untuk memulai diskusi tentang referensi seksual tertentu dengan anak-anak mereka. Bagaimana dengan remaja yang mencari informasi rahasia dan saran tentang seksualitas dari dokter anak? Sementara dokter anak harus siap untuk membantu remaja menavigasi sisi informasi seksualitas, pentingnya keluarga dan batasan pada kemampuan seorang dokter anak untuk menggantikan dukungan orangtua. Ada sebagai orang tua harus mengeksplorasi pendidikan seksualitas dan nilai-nilai pada anak sejak dini.

Informasi tentang seksualitas dan praktik seksual yang aman harus Anda berikan kepada anak-anak mulai dari mereka berusia dini. Antara pembangunan fisik dan emosional atau kognitif dapat menciptakan risiko yang signifikan bagi remaja demikian juga  dengan perkembangan  seksualitas anak. Jika Anda menggunakan  bantuan dokter anak, dokter anak harus berhati-hati untuk menilai keadaan perkembangan remaja dan menggunakan penilaian untuk mengarahkan penyampaian informasi dan saran. Mengajarkan  tentang pendidikan seks pada anak-anak adalah hal penting terutama dari segi  moral. Bagaimana mulai mengajarkan pendidikan seks pada anak, apalagi jika anak Anda masih kecil? Mengajarkan pendidikan seks memang bukan hal mudah, apalagi jika mereka masih belum paham dengan apa yang dinamakan  seks dan bagian-bagian tubuh yang berhubungan dengan seksualitas. Dalam memberikan pendidikan seks ini orang tua harus memperhatikan rasa aman dan nyaman pada anaknya. Materi pendidikan seks  perlu disampaikan apda anak dalam kehangatan keluarga sehingga bisa memberikan informasi yang tepat bagi anak-anak.

Anda  pun juga harus menyampaikan informasi tersebut secara jelas, tidak perlu malu-malu ketika menjelaskan  pendidikan seks pada anak.Anda harus bersikap terbuka dan bisa berkomunikasi dengan jelas pada anak-anak. Sebenarnya dalam perkembangan seksual pada anak-anak, Anda tidak perlu khawatir yang berlebih, dengan  pendidikan seks yang tepat maka anak-anak akan  mendapatkan informasi yang tepat. Dengan banyaknya tayangan di televisi ataupun di internet saat ini, pastinya ada banyak orang tua yang khawatir tentang  anak-anaknya, apalagi dengan  perilaku seksual anak. Melalui pendidikan seks sejak dini maka  Anda bisa membantu mereka untuk mendapatkan pendidikan seks yang tepat dan tidak membuat mereka terjerumus dalam pergaulan bebas dan tindakan yang kurang tepat.  Mulailah mengajarkan hal kecil pada anak sejak dini tentang  pendidikan seks tersebut agar mereka nantinya tidak kaget dengan  perubahan  atau perkembangan seksualitas mereka.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang