PSIKOLOGIS DOWN SINDROM, BAHAYAKAN BAGI BALITA ANDA ?

Setiap orang tua pasti menginginkan  anaknya tumbuh sehat tanpa  masalah kesehatan ataupun  masalah lainnya. Namun, kadang   balita mengalami satu masalah   yang dinamakan  down sindrom. Pada banyak kasus, down  sindrom terjadi ketika ada tambahan salinan kromosom 21. Bentuk sindrom Down disebut trisomi 21, kromosom ini  menyebabkan masalah dengan perkembangan tubuh dan otak. Down syndrome adalah salah satu penyebab paling umum dari cacat lahir manusia.  Secara umum efek psikologis down syndrome dapat hadir pada saat lahir dan  efeknya juga sangat bervariasi. Psikologis  down sindrom   bisa terjadi karena pengaruh ibu, yang paling penting dari kesehatan ibu adalah kesehatan mental.

Kesehatan mental ibu sangat berpengaruh terhadap perilaku balita.  Down  sindrom yang dianggap sebagai  kelainan genetik ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap 1.000 bayi, yang berarti sangat kecil jumlah  bayi dengan down  sindrom yang lahir. Jika  seorang bayi  dilahirkan mengalami down  sindrom maka  hal ini akan mempengaruhi penampilan fisiknya, serta kemampuan untuk belajar dan pengembangan mental. Psikologis down sindrom ini  adalah kondisi seumur hidup yang  hadir sejak lahir. Tingkat keparahan gejala sindrom Down dapat bervariasi dari orang ke orang. Saat ini tidak ada obat untuk kondisi tersebut. Namun, ada pengobatan yang dapat membantu seseorang dengan sindrom untuk mengubah kehidupannya  yang lebih  aktif dan mandiri.

Penyebab down sindrom

Down sindrom atau psikologi down sindrom ini adalah suatu kondisi genetik yang terjadi karena kromosom ekstra saat bayi masih dikandungan,  bayi mewarisi materi genetik dari orang tuanya. Bahan genetik biasanya ditransfer ke bayi dalam bentuk 46 kromosom. Down sindrom disebabkan oleh kesalahan dalam kromosom yang disebut kromosom 21. Sebagian besar kasus masalah ini,  seorang anak mewarisi 21 kromosom ekstra, yang berarti mereka mewarisi kromosom 47 bukannya 46.

Ada tiga jenis Down sindrom yang disebabkan oleh kesalahan yang berbeda dengan materi 21 kromosom. Berbagai jenis sindrom Down adalah sebagai berikut.

ü  Regular trisomi 21:

Down sindrom ini terjadi ketika semua sel dalam tubuh Anda memiliki ekstra kromosom 21. Harus ada dua salinan kromosom 21 dalam setiap sel, tapi orang-orang dengan trisomi biasa 21 down sindrom memiliki tiga dalam setiap sel. Sekitar 94% dari mereka yang mengalami down  sindrom ini memiliki trisomi biasa 21 sindrom Down.

ü  Mosaic down sindrom

Mosaic down sindrom terjadi ketika hanya beberapa sel memiliki tambahan, ketiga, sindrom kromosom 21. Mosaic down sindrom biasanya menyebabkan gejala ringan.

ü  Translokasi

Translokasi  down sindrom terjadi ketika bahan kromosom 21 ekstra menempel pada kromosom lain. Ini berarti orang-orang dengan sindrom translokasi memiliki dua salinan normal kromosom 21, tetapi juga memiliki kromosom 21 bahan tambahan dari kromosom yang telah melekat.

 Gejala psikologis down sindrom

Gejala  down sindrom bervariasi dari satu balita ke balita lain dan dapat berkisar dari ringan sampai parah. Tidak peduli keparahan kondisi, balita dengan  down  sindrom memiliki penampilan yang berbeda dari  anak yang normal. Kepala  mereka mungkin lebih kecil dari kepala balita normal. Balita yang mengalami  down sindrom memiliki tanda-tanda fisik umum meliputi hidung pipih, penurunan tonus otot saat lahir, terdapat lipatan tunggal di telapak tangan, balita memiliki telinga kecil dan mulut kecil. Pada balita yang mengalami psikologis down ssindrom ini maka pertumbuhan fisik sering lebih lambat dari biasanya. Kebanyakan anak dengan down  sindrom tidak pernah mencapai tinggi rata-rata  saat mereka dewasa.

Gejala umum yang  dialami oleh balita yang mengalami down sindrom  diantaranya juga berpengaruh pada perkembangan mental dan sosial. Masalah umum  yang sering dialami mereka diantaranya adalah perilaku impulsif,   penilaian buruk dan mereka mengalami gangguan  belajar yang  lambat.  Kadang balita dan anak-anak yang mengalami down tumbuh sindrom merasa frustrasi dan  sering marah. Banyak kondisi medis yang berbeda terlihat pada balita yang mengalami  hal ini diantaraya  cacat lahir yang melibatkan jantung, seperti defek septum. Balita pun juga bisa mengalami masalah mata, seperti katarak.

Gejala awal dan masif  bagi penderita down sindrom ini  biasanya adalah muntah, yang mungkin menjadi tanda penyumbatan saluran pencernaan. Mereka juga bisa mengalami masalah, mungkin pendengaran yang disebabkan oleh infeksi telinga biasa. Masalah jangka panjang, biasanya mereka mengalami sembelit dan kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroidisme). Perkembangan fisik  balita dan anak-anak dengan down sindrom cenderung lebih lambat daripada anak-anak lain dari usia yang sama. Mereka juga mungkin akan lebih lambat untuk mengembangkan sosial dan mental. Sebagai contoh, mereka lebih lama untuk belajar berbicara, atau membaca. Semua orang dengan psikologis down sindrom akan memiliki beberapa tingkat ketidakmampuan belajar.

Jika anak Anda memiliki down sindrom, maka mereka masih bisa belajar semua keterampilan fisik, mental, dan sosial yang kebanyakan orang lain bisa. Hanya  saja  penderita down sindrom melakukannya pada kecepatan yang berbeda. Dalam beberapa kasus, efek down sindrom bisa terlihat seperti hipotonia, dapat dibawa saat kelahiran.  Efek down syndrome umum dapat termasuk masalah tiroid, masalah pendengaran, penyakit jantung bawaan, masalah mata, dan masalah sendi dan otot seperti yang dijelaskan di atas. Anda yang memiliki  balita  dengan masalah ini harus memberikan kasih sayang yang lebih.  Sebagai orang tua pastinya Anda ingin yang terbaik bagi buah hati. Sekalipun si kecil mengalami masalah dan sangat berbeda dari anak lain, perlakukan   mereka sama seperti  anak-anak yang normal.

 Psikologis down sindrom bukanlah  penghalang bagi Anda untuk tetap membimbing  anak menjadi yang terbaik.  Dengan ketekunan   balita yang mengalami down sindrom  bisa tumbuh  seperti  balita normal lainnya. Anda bisa melakukan beberapa  terapi yang membantu untuk penangganan masalah ini.  Lakukan konsultasi dengan dokter  agar  Anda bisa memberikan  yang terbaik bagi   si kecil dengan  down sindrom. Pemeriksaan awal  adalah hal terbaik untuk membantu mereka menjadi  anak yang  lebih baik dari lainnya dan mencegah hal buruk dari  down sindrom. Anda bisa membantu psikologis  down sindrom pada balita  sehingga mereka tidak akan minder dan  frustasi jika bersosialisasi dengan orang lain.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang