RAHASIA SUKSES BISNIS ONLINE

Trend bisnis online terus berkembang dari tahun ke tahun seiring pengguna internet dunia yang juga terus bertambah. Keinginan orang untuk hidup dengan cara yang lebih mudah mendorong iklim bisnis online terus mengalami kemajuan yang pesat. Orang lebih senang berbelanja di atas tempat tidur sambil memegang gadget dibandingkan harus jalan keliling kota menemukan barang yang ingin ia beli. Inilah kemudahan bisnis online yang membuat banyak orang ketagihan melakukannya. Mungkin juga Anda sebagai salah satu orang yang gemar belanja online. Ya, karena mudahnya, banyak orang merasa kecanduan berbelanja online. Pastinya dengan cara mengetahui bagaimana sebenarnya tips belanja online yang baik.

Bukan hanya para pelanggan yang ketagihan belanja online, para pebisnis pun sangat senang menjalankan usaha bisnis online. Selain anggaran modal yang lebih murah, bisnis online juga bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja. Sehingga seorang bisa pergi kemana saja namun ia tetap bisa menjalankan bisnisnya melalui gadget. Prospek bisnis online ini sangat menjanjikan. Lihat lah saat ini tayangan iklan di televisi menghadirkan iklan mall-mall online yang sudah mendapatkan omset yang besar setiap harinya.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi rahasia kesuksesan usaha bisnis online tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Anda harus memahami dunia online itu seperti apa, ya untuk bisa masuk ke dalamnya tentu saja Anda harus tahu lebih dulu. Mulai dari penggunaan fasilitas-fasilitas teknologinya harus Anda kuasai, kemudian memahami bagaimana karakter para konsumen online. Kebanyaka mereka cepat berubah pikiran, jadi harus direspon dengan cepat. Ada juga yang pastinya complain dengan barang yang mereka beli. Ini harus Anda pahami bagaimana kita berbisnis dengan barang yang tidak ada namun pelanggan bisa puas dan tidak complain. Sebenarnya untuk semua ini Anda bisa mencari karyawan, namun untuk suksesnya usaha bisnis Anda, sebaiknya Anda juga menguasainya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan oleh para karyawan. Jadi pahami dulu bagaimana dunia online tersebut, bagaimana fasilitas dan karakter bisnis online tersebut.

2. Memiliki jaringan yang kuat, tingkatkan jaringan usaha bisnis online Anda. Jangan hanya puas dengan satu toko online saja, tapi buatlah yang banyak. Ini akan mengokohkan jaringan bisnis Anda. Jangan hanya puas dengan layanan iklan gratis di dunia maya, tapi beranikan diri Anda untuk memasang iklan berbayar baik di online maupun di dunia nyata.

3. Optimalkan semua teknologi yang mendukung. Idealnya ketika Anda memiliki sebuah usaha bisnis saat ini, maka selain toko online, Anda juga harus melayani pembelian melalui sms, WA, BBM, YM, toko online, facebook, twitter, instagram, line dan sebagainya. Optimalkan fasilitas teknologi semampu kita dan semaksimal mungkin. Untuk hal ini banyak orang yang memilih memperkerjakan seorang admin khusus untuk mengurusi hal tersebut. Pelanggan Anda bisa jadi datang secara tak terduga dari masing-masing layanan teknologi tersebut.

4. Memiliki mental pebisnis, sama saja seperti bisnis di dunia nyata. Sifat-sifat sebagai pebisnis seperti sabar, telaten, berani menanggung resiko dan sebagainya menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Terlebih lagi pastinya Anda akan mendapatkan complain yang lebih banyak dari para pelanggan karena mereka tidak puas berbelanja produk online. Jika tidak hati-hati membaca spesifikasi produk dan lebih terpesona dengan gambar, maka biasanya konsumen akan marah dan complain. Anda harus memiliki system yang baik untuk mengatasi hal ini. Upayakan bagaimana agar pelanggan bisa puas meski mereka tidak melihat langsung barang yang akan mereka beli.

5. Marketing online dan offline sekaligus juga bisa lebih meningkatkan usaha bisnis Anda. Jadi kombinasi cara pemasaran ini bisa membuat orang yang tidak puas berbelanja online bisa terpenuhi keinginannya, mereka tetap bersama Anda karena bisa melakukan pengecekan barang langsung sebelum membelinya. Biasanya ini hanya bisa dilakukan untuk para pelanggan yang berada dalam satu kota. Untuk luar kota biasanya pelanggan meminta foto asli dari produk yang dijual, bukan dari catalog online yang biasa sedikit berbeda dengan produk aslinya.

Inti dari bisnis online yang ingin sukses adalah penguasaan teknologi. Karena sudah dipastikan teknologi lah yang memfasilitasi bisnis Anda. Jika tidak ada internet, bagaimana Anda bisa berbisnis. Dan bagaimana pula jika Anda buta teknologi. Setiap saat teknologi terus berkembang, jika ingin sukses bisnis online maka jangan gaptek. Manfaatkan semua layanan teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk berbisnis. Internet akan melahirkan berbagai teknologi baru yang akan sangat menguntungkan para pebisnis online. Dan jika Anda ingin sukses, pastikan Anda selalu bisa menguasai teknologi yang ada. Dan pastikan juga produk atau jasa yang ditawarkan memang memiliki kualitas agar orang percaya meski tak pernah bertemu dengan Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang