RESEP BUBUR KACANG HIJAU UNTUK IBU HAMIL

Wanita hamil membutuhkan nutrisi makanan yang cukup untuk bisa mendapatkan buah hati yang sehat. Konsumsi makanan serta minuman yang diberikan pada ibu hamil ini tentulah perlu dilakukan penjagaan yang intensif. Pasalnya, kesalahan konsumsi makanan akan berdampak pada kecacatan, kematian serta gangguan organ pada bayi yang dikandungnya. Tentu anda tidak rela bukan jika buah hati anda mengalami berbagai gangguan tersebut? Nah, salah satu nutrisi yang memang dinajurkan untuk buah hati anda dalah dengan mengkonsumsi makanan berbahan dasar kacang ijo.

            Kacang ijo merupakan bahan makanan yang termasuk dalam jenis biji – bijian. Kandungan gizi yang ada didalamnya tidak diragukan lagi khasiatnya. Tak hanya baik untuk dikonsumsi ibu hamil, makanan yang berbahan dasar kacang ijo ini juga disarankan bagi para  pasien yang sedang berada dalam kondisi perawatan. Kandungan gizi yang ada dalam bahan kacang ijo ini dapat anda temukan dalam ulasan berikut ini :

Kandungan Gizi Kacang Ijo

  1. Bahan makanan ini mengandung vitamin dan mineral

Vitamin dan mineraladalah komponen gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Jumlah kandungan gizi ini memanglah dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun tetap dibutuhkan penuh oleh tubuh setiap manusia. Dengan mengkonsumsi makanan berbahan dasar kacang ijo ini maka tubuh anda akan secara tidak langsung diberikan nutrisi tubuh yang baik karena kandungan nimeral serta vitamin yang terkandung didalamnya.

  1. Kacang ijo mengandung protein nabati yang cukup

Protein hewani menjadi jenis protein yang dihasilkan oleh tumbuha- tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang mengandung protein nabati yaitu kacang ijo. Meskipun kandungan protein nabati tidak sebesar kandungan protein hewani namun gizinya tetap membantu tubuh dalam melakukan penggantian organ tubuh yang rusak serta dapat pula menambah energi kekuatan tubuh. Nah, ini dia alasan kenapa kacang ijo baik dikonsumsi untuk ibu hamil maupun orangyang sedang dalam kondisi pemulihan akibat sakit.

  1. Kandungan lemak nabati yang baik bagi tubuh

Tak hanya makanan berbahan dasar daging saja yang mengandung lemak didalamnya. Makanan olahan yang dibuat oleh bahan dasar kacang ijo ini juga mengandung lemak yang baik untuk nutrisi tubuh anda. Akan tetapi, lemak yang dihasilkan oleh kacang ijo ini hanyalah lemak nabati yang kandungannya lebih rendah dibandingkan dengan bahan – bahan daging.

  1. Mengandung serat yang baik bagi pencernaan

Kacang ijo merupakan jenis biji yang mengandung nilai serat pada setiap bijinya. Kandungan inilah yang akan membuat tubuh anda menjadi sehat karena serat dapat menghindarkan diri anda dari bahaya gangguan pencernaan.

            Setelah memahami mengenai kandungan biji kacang ijo, apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi bahan makanan satu ini? Alangkah baiknya, jika anda tertarik untuk menikmati lezatnya olahan makanan ini maka anda dapat mencoba resep bubur kacang ijo berikut ini :

Resep Bubur kacang Ijo untuk Ibu Hamil

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

a. Alat untuk memasak bubur kacang ijo

            – Panci

– Gayung/ sendok kuah

– Kompor

b. Bahan – bahan yang dibutuhkan

– Kacang ijo ¼ kg

– Beras ketan 1 ons

– Gula pasir secukupnya

– Garam secukupnya

– 500 ml air

– Santan kental 250 ml

– Daun pandan

2. Letakkan panci diatas kompor yang menyala

3. Tuangkan air dalam panci serta masukkan kacang ijo dan beras ketan dalam panci. Tunggu semuanya hingga mendidih

4. Tuangkan santal kental pada panci yang mendidih. Campurkan gula dan garam secukupnya. Aduk sampai merata.

5. Jika bubur kacang ijo sudah bercampur dan matang, aduk semuanya dan letakkan daun pandan dalam bubur kacang ijo yang sudah matang.

6. Sajikan bubur kacang ijo anda selagi panas bersama teh hangat di pagi maupun sore hari

            Sekian ulasan selengkapnya mengenai resep bubur kacang ijo untuk anda semuanya. Semoga bubur kacang ijo yang tersaji dapat menjadi menu harian sehat anda yang sedang hamil.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang