SEHATKAN KANDUNGAN DENGAN MENU MAKANAN SEIMBANG

Menciptakan menu harian yang seimbang tentulah tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika menu makanan tersebut dikhususkan untuk seorang ibu hamil tentu membutuhkan pemilihan yang tepat. Untuk menyeimbangkan menu harian sehat anda ini dibutuhkan pedoman yang benar – benar tepat. Anda dapat menggunakan pedoman menu harian seimbang atau PUGS yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan. Pedoman ini tidak hanya memberikan gambaran mengenai makanan 5 sehat 6 sempurna melainkan memberikan keseimbangan gizi yang menyeluruh dengan mempertimbangkan kandungan karbohidrat, lemak, vitamin, mineral serta protein bagi tubuh. Peran istri memang penting dalam menjamin keseimbangan menu harian keluarga ini. So, anda yang sedang hamil atau yang sudah memiliki anak berhak tahu dan memahami secara jeli mengenai menu harian tersebut. Nah, berikut ini akan diberikan pada anda informasi mengenai takaran gizi yang cukup beserta dengan resep menu harian yang menyehatkan kandungan anda :

Takaran Nilai Gizi Seimbang

  1. Nilai karbohidrat

Kandungan karbohidrat dapat anda temukan dalam bahan makanan yang berasal dari padi, umbi – umbian, jagung, biji gandum, dan tepung. Dengan bahan – bahan makanan ini maka olahan makanan tersebut tentu memiliki kandungan karbohidrat yang memadai. Orang Indonesia sebagian besar mengkonsumsi nasi yang merupakan bahan olahan padi sehingga dengan mengolah bahan makanan ini anda tidak perlu mengkonsumsi bahan makanan lainnya lagi. Sebaiknya anda menggunakan sepiring nasi bersama menu lainnya untuk menciptakan menu makanan sehat yang seimbang. Jangan campurkan menu nasi dengan olahan kenatang serta tepung karena hal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan menu harian anda.

  1. Nilai protein

Nilai gizi yang seimbang membutuhkan kandungan protein didalamnya. Fungsi protein ini digunakan untuk perawatan serta pembentukan sistem ketahanan dan perbaikan organ tubuh yang rusak sehingga kandungan protein ini perlu dipenuhi secara langsung oleh tubuh. Jenis protein ini dibedakan atas 2 macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani diperoleh dari bahan daging, telur, dan ikan yang secara langsung disimpan oleh hewan. Selanjutnya, untuk menu harian yang menghasilkan protein nabati ini diperoleh langsung oleh bahan – bahan tumbuhan yang dapat dijadikan lauk pauk seperti contohnya tempe dan tahu.

  1. Vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral tersimpan banyak didalam sayur mayor dan buah – buahn. Sehingga untuk menciptakan kandungan menu harian seimbang yang menyehatkan kandungan anda maka jangan pernah anda lupakan buah serta sayur setiap harinya.

  1. Kandungan lemak essensial

Lemak essensial merupakan kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Kandungannya ini dapat dijadikan sebagai cadangan energi bagi kesehatan tubuh anda.

            Nah, setelah memahami secara jelas mengenai kandungan gizi yang perlu ada dalam menu harian seimbang ini maka selanjutnya anda bisa mengetahui resep makanan seimbang berikut ini :

Resep Makanan Seimbang yang Menyehatkan

Menu seimbang             : Sepiring nasi, oseng – oseng kangkung, ayam goreng kecap, es jeruk segar dan buah apel

            Itulah menu makanan enak yang juga memberikan nutrisi yang cukup bagi kandungan anda. Untuk memasak makanan yang menyehatkan ini anda dapat melakukan beberapa langkah memasak berikut ini :

  1. Masaklah 2 ons beras untuk menjadi sepiring nasi
  2. Potonglah kangkung untuk diolah menjadi oseng – oseng. Bahan – bahan yang digunakan untuk mengolah sayur kangkung ini yaitu 4 butir bawang merah 6 siung bawang putih, lombok sesuai selera, terasi, kecap, garam dan gula. Campurkan 4 butir bawang merah 6 siung bawang putih, lombok, terasi yang sudah dicincang untuk ditumis menjadi satu. Lalu masukkan kangkung sampai bumbunya meresap setelah kangkung agak layu tambahkan kecap, garam dan gula. Setelah semuanya bercampur dan matang , sajikan dalam sepiring mangkok untuk menu makanan anda.
  3. Lauk – pauk yang dipilih untuk menu makanan seimbang kali ini yaitu ayam goreng. Potong ¼ kg ayam segar sesuai dengan selera anda. Campurkan bumbu ayam goreng dan gorenglah ayam goreng tersebut diatas minyak goreng yang panas. Setelah itu, sajikan ayam goreng yang sudah matang bersama menu lainnya yang sudah matang.
  4. Siapkan es jeruk serta buah apel di meja anda. Menu makanan yang sehat untuk kandungan anda siap untuk dihidangkan dan dikonsumsi oleh anda berama keluarga.
WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang