Sekilas membeli keperluan bayi baru lahir

Membeli perlengkapan bayi adalah hal yang sangat menyenangkan bagi kebanyakan ibu2. Banyak yang telah mempersiapkannya apa yang harus di beli di awal kehamilan mereka (meski biasanya beli setelah 7 bulan kehamilan). Berikut ini adalah hal2 yang menurut kami perlu di perhatikan agar setiap rupiah yang di belanjakan tidak mubasir dan tidak terjadi pemborosan yang tidak perlu akibat tidak terencana.

Perencanaan amatlah penting, dan pencatatatan,karena kalau tidak di catat dan tidak disiplin, biasanya kebablasan. Pengecekan harga juga amatlah penting. Harga dapat di cek secara online jika sungkan masuk toko kemudian keluar gak beli apa apa 

Beberapa barang adalah mutlak perlu ada, seperti susu kaleng kecil (untuk membantu proses menyusui karena pada awal kehamilan, apalagi kalau anak pertama, entah ibu tegang sehingga asinya tidak keluar, atau asi nya keluarnya tidak secepat yang di minum si bayi), popok (seperti u-pad, dimana diperlukan dalam jumlah besar, tetapi pertama kali beli kemasan kecil terlebih dahulu aja untuk susu, dan popok, karena gak semua bayi cocok dengan susu atau popok merek tertentu. Mahal gak jaminan cocok untuk bayi tersebut karena setiap bayi beda. Kalau dirasa cocok, belilah kemasan besar, karena bayi baru lahir 2 jam sekali bisanya pup atau pis. .

Barang yang lain diperlukan untuk bayi newborn adalah pakaian, (pakaian sehari hari, pakaian tidur, topi, sarung tangan dan kaki), 2-3 lusin kira2, keliatannya banyak, tapi kalau bayi baru lahir, biasanya gonta ganti baju, dan apalagi kalau musim hujan lahirnya, waktu itu udah gak mikirin “matchingin” warna atau pola, syukur2 ada baju atau celana yang kering 

Bedong dan selimut bayi juga di perlukan, tapi tidak sebanyak pakaian, takutnya kalau bocor tembus popoknya, biasanya bedong dan selimutnyanya juga tembus.

Bayi baru lahir perlu mandi. Oleh karena itu perlak juga di perlukan. Malah disarankan beli 2. Kenapa ? Pada awal lahir, bayi dimandikan dengan cara di seka saja (minggu2 pertama), jadi di seka di atas perlak, dan kalau sudah kering di pindahkan ke perlak yang satunya lagi (perlak yang kering juga dapat di gunakan untuk melapisi ranjang bayi)

Waslap juga di perlukan untuk memandikan bayi, ember juga perlu 2 untuk menaruh popok kotor dan pakaian kotor. Baskom juga perlu untuk menaruh air hangat buat seka. Tentu juga harus di siapkan sabun dan shampoo bayi, bedak (skrg orang lebih menyukai bedak padat karena alasan tertentu), minyak telon untuk menghangatkan badan bayi, baby oil untuk membersihkan sela2 atau lipatan bayi, baby lotion untuk menjaga kelembapan kulit bayi (jika bayi alergi dengan popok, bisa di tambahkan rash cream), kapas bulat2 untuk membersihkan pantat, dan putting susu ibu sebelum menyusui, cotton bud, sisir lembut. (kapas bulat2 anda bakal perlu banyak sekali). Tissue juga perlu banyak.

Botol susu juga pelu di siapkan, botol susu yang kecil saja, (ada pikiran beli botol besar supaya sampai besar bisa di pake, boleh saja, tapi lebih baik beli botok kecil, karena lubang dotnya di sesuaikan dengan bayi newborn)

Barang yang lain yang mutlak perlu ada, tapi bukan buat bayi, tapi buat ibunya, yaitu pembalut bersalin karena setelah melahirkan pasti keluar darah

Siapapun, pasti berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuannya, tetapi jika memang ada dana lebih, maka barang-barang lainnya bisa di beli seperti sterilizer untuk memudahkan membersihkan perlengkapan bayi, breast pump, (missal aja kalau asi sudah harus di keluarkan, tapi bayi belum mau menyusui, breast pump sangat membantu), stroller untuk meringankan tugas menggendong bayi ketika berpergian, baby walker untuk membantu belajar berjalan, high chair untuk membantu mendisiplikan anak agar waktu makan tidak lari2, tas bayi untuk memudahkan membawa perlengkapan bayi ketika bayi di ajak jalan2.

Tentu saja barang di atas tidaklah mutlak harus ada, tapi kalau ada ya sangat membantu banyak apalagi alat steril karena bayi yang baru lahir amatlah rentan terhadap penyakit.

Semoga artikel yang lebih panjang dari biasanya ini bermanfaat.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *