SEKOLAH TERBAIK UNTUK EMOTIONAL INTELLIGENCE ANAK

Sekolah merupakan tempat kedua bagi anak anda dan  ditempat tersebut anak-anak bisa mendapatkan berbagai ilmu yang sangat membantu mereka kelak. Seperti  rumah,  orang tua juga mendidik anak  yang dijadikan dasar  suatu pondasi  sedangkan sekolah merupakan   tempat mereka mendapatkan pendidikan formal yang harus diselaraskan dengan didikan orang tua.  Bagi orang tua, anda harus bisa memilih sekolah yang terbaik untuk anak karena sekolah yang baik akan menentukan kualitas mereka nantinya.  Jika memilih sekolah terutama preschool, hal ini bukanlah  hal yang mudah bagi anda. Selain saat ini banyak pilihan sekolah yang sangat beragam, anda pun juga harus mempertimbangkan berbagai aspek pendidikan yang dibutuhkan anak.

Tentu saja hal tersebut  menjadi pertimbangan anda untuk benar-benar memilih sekolah terbaik bagi buah hati. Salah satu aspek yang harus anda pertimbangkan saat memilih sekolah tersebut adalah  Emotional Intelligence atau sering dikenal dengan sebutan EI.  Kecerdasan emosional tersebut  memang harus dikembangkan dalam lingkup sekolah maupun di rumah.  Kecerdasan emosi tentunya harus  berkembang selaras dengan  perkembangan kecerdasan intelektual mereka.  Bila anda harus memilih preschool  untuk mendukung kecerdasan emosi anak maka  ada banyak aspek yang perlu anda perhatikan.  Beberapa aspek tersebut sangat menentukan kelak bagi anak-anak anda.

Beberapa aspek dalam menentukan preschool   diantaranya adalah:

  • Fasilitas sekolah
  • Kurikulum pelajaran
  • Hubungan  sekolah  dengan orang tua
  •  Kualitas guru yang mengajar
  • Metode pembelajaran

Beberapa pendekatan   untuk mengembangkan emosional anak yang mencakup aspek tersebut memang sangat penting.  Melalui pendekatan terbaik tersebut tentunya akan  bisa mengembangkan potensi  yang ada pada diri anak  dengan melakukan stimulasi   untuk kedua belah bagian otak anak anda.  Otak kiri anak akan berperan dalam  kecerdasan intelektual sednagkan otak kanan anak akan berperan dalam  pengembangan kecerdasan emosi anak.  Jika kedua otak tersebut dikembangkan dengan tepat maka anak akan mampu berpikir  secara “ whole brain” yang berbeda dari saat sekarang  mereka berpikir. Mungkin saat ini anak anda berpikir hanya  dengan penekanan  pada “split brain thingking” saja.

Berbagai penelitian mungkin  telah dilakukan oleh para ahli untuk mengembangkan  kedua otak anak dan bagaimana mengembangkan keduanya pada sekolah yang diinginkan.  Penelitian tersebut ditujukan untuk  mempelajari sejauh mana penerapan beberapa aspek pembelajaran  untuk kecerdasan emosi anak   dalam kegiatannya disekolah dan diharapkan hasil pembelajaran tersebut  bisa memberikan gambaran  seberapa besar  aspek pembelajaran awal EI  yang sudah diterapkan pada beberapa sekolah di Indonesia.  Bagi anda yang ingin memilih sekolah terbaik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak , saat ini di beberapa  kota di Indonesa  ada beberapa sekolah yang  berhubungan dengan hal tersebut. Sekolah tersebut  ada di kota Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok.

Berdasarkan kelima aspek penting untuk menentukan sekolah terbaik anak demi pengembangan kecerdasan emosional atau Emotional Intelligence tersebut maka   banyak penelitian  para ahli untuk  melakukan riset lapangan. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui preschool yang mengembangkan   aspek EI pada anak didiknya. Dari berbagai penelitian yang dilakukan para ahli tersebut maka didapatkan beberapa sekolah yang   ternyata termasuk dalam kategori excellent atau kategori A. Sekolah- sekolah yang menyandang predikat A tersebut adalah  sekolah yang  telah melakuakn pembelajaran awal  EI dan telah menerapkan  dengan sangat baik.   Selain itu ada  sekitar  38% sekolah-sekolah yang  termasuk dalam kategori B atau predikat sangat bagus (very good). Predikat ini    berarti sekolah tersebut telah menerapkan  emosional intelligence  tetapi masih belum maksimal.

Setelah beberapa sekolah memiliki predikat A dan B, sekitar  32% sekolah memiliki kategori C atau predikat good.  Predikat C ini  karena sekolah-sekolah tersebut   baru menerapkan  emotional  intelligence dibandingkan  sekolah yang berpredikat A dan B.  Pnerapan pembelajaran emosional tersebut  dapat dilihat dari banyaknya  guru yang telah mengajarkan  beragam emosional dan menceritakan  persaaan dan kemungkinan sebanyak 73%  dari beberapa respon gurunya. Pada beberapa aspek   preschool tersebut  ada aspek  metode pembelajaran yang  melibatkan responder dari guru. Dengan menyatakan 53%  guru telah menerapkan  metode active  learning sedangkan  62% responden orang tua  menilai sekolah telah menerapkan  metode active learning. Selain hal  sebagai fasilitas  pendukung  dari 96% responder guru menilai bahwa  sekolah telah menyediakan alat  peraga untuk memperkenalkan  ragam emosi dasar pada anak.

Selain guru, orang tua pun juga menilai hal  diatas sama yaitu sekitar 94% orang tua dan dari  hubungan baik orang tua  dengan sekolah pun, ini juga menjadi hal penting dalam memilih sekolah terbaik anak.  Sebagian besar dan hampir semua guru menganggap bahwa mereka telah  membina hubuangn baik dengan orang tua . Sedangkan  hampir 75% orang tua menyatakan bahwa  guru telah membangun  komunikasi yang baik dengan mereka.  Berdasarkan evaluasi yang dilakukan  menurut kualifikasi guru dalam melakuka pengembangan  kecerdasan anak maka sebanyak 60% guru  telah menggunakan  pendekatan kecerdasan emosional  dan intelektual  sebagai landasan untuk mengembangkan  multiple intelligence  anak.

Berikut beberapa alasan utama mengapa orang tua lebih memilih preschool untuk anak mereka:

  • Pendidikan sekolah dasar  yang sesuai dengan agama

Dalam hal ini akan ada keseimbangan antara pedidikan dan agama yang diterapkan  pada sekolah bersangkutan. Bila kedua hal tersebut saling seimbang atau selaras maka orang tua akan memilihnya  untuk pendidikan anak.

  • Mutu serta kualitas sekolah

Mutu dan kualitas sekolah  memang menjadi dasar utama bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat.  Dari mutu tersebut anak anak mendapatkan pendidikan yang baik sehingga  mereka  nanntinya bisa menjadi anak yang cerdas.

  • Lokasi sekolah

Lokasi sekolah yang jauh dari rumah mungkin menjadi pertimbangan bagi orang tua untuk tidak memilihnya. Namun   jika ada sekolah yang lebih dekat dan mutunya terjamin maka orang tua akan memilih sekolah tersebut dengan alasan lebih aman bagi anak mereka.

  • Kurikulum pendidikan yang baik

Sekolah yang memiliki kurikulum pendidikan yang baik, inilah yang wajib anda pilih. Dengan kurikulum yang bagus dan bermutu anak pun  akan mendapatkan materi  pendidikan yang tepat.

  • Metode pengajaran yang  sesuai dengan kemampuan dan minat anak

Pengajaran yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak,hal ini sangat baik untuk  kemajuan anak tersebut. Mereka akan bersemangat dalam belajar  karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jika mereka semangat  pembelajaran apapun akan mudah mereka  kuasai.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang