SEPUTAR KEHAMILAN MUDA DAN CARA MENJAGANYA


Setelah menikah,apa yang anda inginkan, memiliki anak bukan? Setiap pasangan dimanapun mereka berada pasti menginginkan memiliki anak setelah  menikah, memang ada beberapa  pasangan yang ingin menunda memiliki anak dengan alasan belum siap materi dan lainnya, namun mereka pada akhirnya juga menginginkan memiliki anak sekalipun hanya satu. Sekalipun banyak orang yang membahas masalah kehamilan baik di media cetak maupun di internet namun banyak pula orang yang meminta saran rekan atau saudara untuk hal satu ini. Jadi kehamilan setiap pasangan memang menjadi bagian penting dari pernikahan mereka.  Kehamilan adalah momen terindah dan paling dinanti oleh setiap pasangan setelah pernikahan.

Bila anda ingin hamil, banyak  pasangan lainnya yang juga ingin hamil, namun mereka tidak semuanya mengetahui penyebab kehamilan. Banyak yang  hanya mengetahui bahwa kehamilan itu hanya disebabkan oleh pertemuan antara sperma dan sel telur  kemudian terjadi pembuahan. Sayangnya hal tersebut tidak semua bisa  menyebabkan kehamilan, ini bisa dilihat dari beberapa pasangan setelah menikah,  frekwensi untuk mendapatkan kehamilan masing-masing pasangan tidaklah sama sekalipun mereka menikah di hari, bulan dan tahun yang sama.  Ada beberapa gejala kehamilan yang  bisa dilihat  dan juga tanpa mereka sadari. Bagi wanita  yang belum pernah hamil, mereka sering tdak menyadari gejala-gejala kehamilan pertamanya.

Pada saat gejala kehamilan muda atau awal kehamilan, mereka sering merasakan  beerapa hal, tanpa mereka sadari bahkan kadang yang melihat tanda-tanda kehamilan wanita adalah suaminya.  Karena timbul beberapa perubahan pada istri, suamilah yang sering melihat dan mengamatinya bahwa itu adalah  gejala kehamilan.  Beberapa gejala kehamilah yang sering dialami oleh wanita adalah terlambat bulan, ini adalah gejala kehamilan awal. Setelah  mengalami terlambat bulan biasanya wanita sering mengalami  mual, pusing dan muntah-muntah.  Kadang   gejala kehamilan yang mungkin anda alami juga adalah rasa kembung seperti masuk angin  diikuti perut yang sering kram. Perubahan lainnya juga bisa dilihat dari payudara yang  membesar dan lebih sensitif.

Beberapa tanda kehamilan diatas memang tidak semuanya dialami oleh wanita. Masing-masing wanita mengalami  beberapa hal yang mungkin sama. Sekalipun beberapa gejala kehamilan tersebut sering dialami semua wanita namun beberapa wanita juga sering mengalami gejala kehamilan yang berbeda bahkan tidak ada pada beberapa  tanda kehamilan diatas.   Nah, saat anda merasakan gejala tersebut maka bisa dipastikan anda sedang hamil muda. Bila anda merasa kurang yakin  hal terbaik adalah memeriksakan  diri pada dokter  kandungan untuk lebih memastikan apakah anda benar-benar hamil atau tidak. Saat anda mengalami kehamilan pertama dan awal kehamilan, pada minggu-minggu awal, inilah yang sangat rawan dan anda perlu berhati-hati.

Kehamilan muda atau saat minggu-minggu awal, hal ini perlu anda waspadai karena bila anda tidak menjaga kehamilan tersebut, anda bisa mengalami keguguran.Tentu saja  hal ini tidak diinginkan setiap calon ibu atau ibu. Anda dan  ibu lainnya tentu ingin menjaga janin agar tetap tumbuh sehat sampai saat melahirkan nanti.Saat kehamilan muda inilah anda harus ekstra hati-hati agar janin tidak mengalami keguguran. Untuk itu banyak cara yang bisa anda lakukan agar kehamilan muda  tetap terjaga.

Berikut beberapa tips menjaga kehamilan muda untuk anda:

Makanan yang tepat

Saat hamil dan saat tidak hamil, nutrisi yang anda butuhkan tidak sama, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Sejak janin masih dalam usia muda,   janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa menjadi bayi yang sehat dan tidak cacat. Makanan dan minuman yang anda konsumsi saat kehamilan muda harus memenuhi beberapa hal diantaranya  kecukupan kalori,  asalm folat, protein, zat besi,kalsium,  vitamin dan mineral. Kalori sangat penting untuk membantu pertumbuhan janin. Saat hamil anda membutuhkan daya tahan tubuh yang optimal sehingga  sangat penting untuk konsumsi makanan berkalori setiap hari.

Selain kalori, anda pun memerlukan makanan yang mengandung asam folat, zat ini penting untuk mencegah kecacatan pada janin dan paling tepat  anda konsumsi makanan mengandung  folat adalah saat kehamilan muda. Protein pun tak kalah penting bagi anda saat hamil muda. Ada membutuhkan setidaknya 75 gram protein setiap hari untuk perkembangan jaringan pada janin. Protein ini harus anda penuhi setiap hari dari makanan yang anda konsumsi. Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhan terbaik janin anda. Anda juga bisa mengimbangi nutrisi lainnya dengan  konsumsi susu segar yang mengandung banyak kalsium. Manfaat kalsium adalah untuk pertumbuhan gigi dna tulang janin yang baik.

Saat hamil muda, kandungan hemoglobin juga harus dijaga, hal ini bisa anda penuhi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung  zat besi seperti pada kacang-kacangan. Kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi bagi ibu hamil adalah vitamin dan mineral. Jika asupan makanan terpenuhi tentu pertumbuhan janin juga semakin baik dan sehat.

Aktivitas

Saat hamil muda, anda harus membatasi aktivitas yang terlalu padat dan terlalu berat. Saat hamil banyak wanita yang merasakan kelelahan  yang terlalu berlebihan bahkan mereka sering pingsan. Jika  anda terlalu memaksakan pekerjaan tentu  hal ini bisa menimbulkan hal yang fatal seperti seirng pingsan  bahkan anda bisa mengalami keguguran.  Untuk itu usahakan  saat beraktivitas jangan terlalu lama berdiri  maupun duduk yang terlalu lama. Sebaiknya anda beraktivitas  yang tidak terlalu berat agar tubuh tetap terjaga.

Hindari  Rokok dan Obat-obatan

Bagi   wanita yang hamil muda, hindari  konsumsi rokok dan obat-obatan yang berlebihan bahkan anda disarankan tidak  menggunakannya sama sekali.  Selain itu hindarilah kafein dan alkohol karena sangat membahayakan janin. Jika  seorang wanita sering mengonsumsi alkohol maka  kemungkinan besar  janin  akan  lahir  cacat. Selain alkohol,kafein pun juga sangat berbahaya bila dikonsumsi ibu hamil karena juga bisa menimbulkan  bayi lahir cacat atau tidak sempurna.

Kontrol Emosi

Saat hamil emosi sangat penting untuk dikontrol, hal ini juga  mempengaruhi perkembangan janin anda. Saat hamil muda emosi  kadang naik kadang  turun karena kondisi  hormon yang labil. Jika anda tidak mampu mengontrol emosi maka akan menimbulkan stres yang berkepanjangan. Stres  yang berkepanjangan ini bisa menimbulkan gangguan pada janin.Bila anda salah satu penggemar minuman dan makanan berkafein maka sebaiknya hindari  mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Salah satu makanan yang mengandung kafein adalah coklat, padahal coklat juga baik untuk mengusir stres namun karena kandungan kafeinnya anda harus menghindari konsumsi coklat.

Atur aktivitas seksual

Saat hamil muda sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter  kandungan agar tidak membahayakan janin anda. Bahkan bila tidak berhati-hati aktivitas seksual juga bisa menimbulkan keguguran dan bayi lahir cacat. Aktivitas seksual juga bisa mempengaruhi pertumbuhan janin saat hamil muda sehingga anda perlu berhati-hati ketika berhubungan intim dengan suami. Konsultasi adalah hal yang tepat  untuk  menjaga agar janin tetap sehat selama kehamilan muda.