SI KECIL BIANG KERINGAT, JANGAN PANIK DULU

Biang keringat adalah gangguan umum dari kelenjar keringat ditandai dengan warna merah, gatal, ruam  yang menusuk-nusuk berikut paparan suhu lingkungan yang tinggi yanng sering terjadi  pada bayi.   Biang keringat juga dikenal sebagai ruam dan sering terjadi selama musim panas atau sepanjang tahun di tempat yang panas, iklim lembab atau  sering disebabkan oleh penyumbatan kelenjar keringat. Penyumbatan bisa terjadi di beberapa kedalaman  kulit yang berbeda dan bisa  menghasilkan empat ruam kulit yang berbeda. Beberapa  jenis biang keringat  diantaranya  adalah  Miliaria rubra, Miliaria crystallina, Miliaria pustulosais dan Miliaria profunda. Keempat jenis  biang keringat   tersebut dapat menyebabkan komplikasi karena mereka mencegah keringat keluar  dari  kulit. Berkeringat merupakan mekanisme pendinginan pda manusia demikian juga  pada bayi  yang paling penting di lingkungan panas. Jika  kulit tidak bekerja secara efektif, tubuh dapat dengan cepat menjadi panas dan akhirnya bisa menimbulkan biang keringat.

Penyebab dan gejala  biang keringat pada bayi

Biang keringat  pada bayi terjadi ketika saluran keringat tersumbat dan keringat yang terperangkap di bawah kulit. Meskipun  biang keringat bisa menyerang siapa saja, bayi yang baru lahir  jauh lebih rentan karena saluran keringat mereka belum sepenuhnya berkembang dan  dapat dengan mudah menyumbat keringat di bawah kulit. Bayi yang baru lahir yang mengalami demam tinggi atau berada di inkubator juga dapat mengalami biang keringat. Biang keringat muncul tiba-tiba dan menimbulkan  gatal. Bayi lebih mungkin untuk mendapatkan biang keringat daripada orang dewasa. Kegagalan untuk mengeluarkan keringat dapat menyebabkan tubuh menjadi terlalu panas sehingga keringat tidak bisa keluar dengan   leluasa. Pada  bayi, gejala biang keringat  muncul mulai dari lecet yang ringan  sampai  lecet atau luka yang  parah, selain itu biang keringat juga ditandai dengan benjolan merah.

Gejala biang keringat  bisa dibedakan menjadi beberapa hal dibawah ini:

ü  Miliaria rubra

Biang keringat pada bayi ini terjadi lebih dalam  di lapisan luar kulit  atau  pada epidermis, bentuk  biang keringat ini dapat menyebabkan gatal. Bayi biasanya mengalami  jenis  biang keringat ini antara minggu pertama dan ketiga  dari kelahirannya.  Gejala  biang keringat ini termasuk benjolan merah, gatal atau sensasi  menusuk.

ü  Miliaria crystallina

Biang  keringat ini adalah bentuk paling ringan dan mempengaruhi saluran keringat di lapisan paling atas dari kulit. Gejala biang keringat ini bisa berupa lecet dan benjolan (papula) yang mudah pecah dan tidak gatal atau sakit. Jenis  masalah kulit ini terjadi karena cuaca panas dan lembab.

ü  Miliaria profunda

Bentuk biang keringat ini mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam (dermis) dan terjadi terutama pada orang dewasa, bukan bayi.

Pencegahan dan pengobatan  biang keringat pada bayi

ü  Diagnosis

Biang keringat dapat didiagnosis dan dirawat oleh dokter spesialis penyakit kulit. Gejala ruam dan kulit kering di cuaca panas biasanya cukup untuk mendiagnosis kondisi ini.

ü  Pencegahan biang keringat  pada bayi

Karena tubuh tidak dapat mendinginkan diri secara memadai tanpa berkeringat, pemantauan  dengan hati-hati untuk gejala biang keringat adalah penting untuk bayi Anda.  Jika gejala biang keringat muncul, pindahkan bayi ke tempat teduh atau mandikan bayi dengan air dingin. Biang keringat sangat umum pada bayi, terutama mereka yang tinggal di tempat yang panas dan cuaca lembab. Ini biasanya muncul pada bagian tubuh yang rentan terhadap keringat, seperti leher, bahu, dada, daerah popok, ketiak, dan lipatan siku. Anda  bisa menggunakan antiseptik topikal  pada bayi untuk mencegah biang keringat tersebut.  Selain itu beberapa langkah umum untuk mencegah biang keringat pada bayi diantaranya:

  • Gunakan bayi pakaian longgar  dan terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat
  • Mandikan bayi dengan air dingin atau mandi setelah berkeringat
  • Berikan bayi bedak  tabur yang dingin agar kulitnya   tetap terjaga dan tidak gerah
  • Tempatkan bayi di tempat yang lembab, jangan  di tempat yang terlalu panas
  • Jaga kebersihan  kulit  dan pakaian yang dikenakan bayi Andauam panas sangat umum pada bayi, terutama mereka yang tinggal di tempat yang panas, cuaca lembab. Ini biasanya muncul pada bagian tubuh yang rentan terhadap berkeringat, seperti leher, bahu, dada, daerah popok, ketiak, dan lipatan siku

ü  Pengobatan biang keringat bayi

Pengobatan herbal untuk mengurangi rasa gatal termasuk penggunaan bedak selama terjadi biang keringat pada kulit bayi, hal ini cukup membantu mengurangi biang keringat. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jahe parut segar  yang telah direndam dalam air mendidih panas, kemudian  didinginkan, setelah itu gosok bagian  kulit bayi yang mengalami ruam, jangan terlalu banyak karena efek jahe sedikit panas jika bersentuhan dengan kulit. Selain itu biang keringat  pada bayi juga bisa diobati dengan dengan antipruritus topikal  atau penghilang gatal yang mengandung calamine, aloe, mentol, kamper, minyak kayu putih, dan bahan-bahan yang sama. Perawatan ini akan memulihkan kulit dari biang keringat  pada bayi Anda.

Anda juga bisa meletakkan bayi pada suhu yang dingin saat dia mengalami biang keringat. Dengan suhu dingin, biang keringat bayi Anda akan  menghilang dalam sehari, tetapi kulit tidak kembali  menjadi  normal karena dibutuhkan  waktu  selama dua minggu untuk mengganti lapisan atas kulit dengan pertumbuhan baru  setelah kulit mengalami biang keringat. Jika biang keringat pada bayi Anda  parah maka Anda bisa  meneriksakannya pada dokter. Dokter akan memberikan beberapa pengobatan yang efektif untuk mengurangi biang keringat si kecil.  Beberapa obat atau  salep yang diberikan dokter akan membantu mengurangi biang keringat pada bayi Anda. Setelah bayi Anda berangsur-angsur pulih dari masalah biang keringatnya, ada baiknya jika Anda  mencegah  masalah ini terjadi lagi pada si kecil.

Konsultasikan  langkah terbaik untuk pencegahan biang keringat pada bayi Anda dengan dokter. Dokter akan memberikan beberapa informasi yang Anda butuhkan sehingga selain mencegah  biang keringat  melalui cara-cara di atas, Anda bisa mencegahnya dengan  informasi yang Anda dapatkan  dari dokter. Pencegahan  lebih baik dari pengobatan, sehingga Anda bisa mencegah biang keringat agar tidak menyerang bayi Anda. Sekalipun  biang keringat  itu  tidak begitu berbahaya namun jika tidak ditangani dengan serius, hal ini bisa menimbulkan bahaya yang serius pada bayi.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang