SIBUK KERJA, WASPADAI PENGARUH PSIKOLOGI ANAK ANDA

Taukah Anda  jika  pekerjaan ibu dapat mempengaruhi hasil bagi anak-anak mereka bahkan bagi balita yang masih butuh kasih sayang. Ibu yang bekerja mendorong kemandirian pada anak-anak mereka lebih dari ibu yang hanya  dirumah saja mengurus mereka. Psikologi  anak merupakan  aspek psikologis yang terjadi selama masa lahir sampai pubertas.  Banyak sekali perubahan terjadi selama  balita  terutama selama masa bayi, yang berlangsung dari lahir sampai usia  lima tahun. Secara khusus, ada kemajuan besar dalam perkembangan fisik, kognitif dan psikososial   yang bisa dilihat oleh seorang ibu pada  anaknya. Psikolog perkembangan mempelajari perubahan fisik, mental, dan sosial yang terjadi selama siklus hidup. Dengan demikian, Anda bisa memahami perubahan anak  yang fokus pada perubahan-perubahan yang terjadi dari lahir sampai remaja.

Jika saat ini banyak sekali ibu  yang sibuk bekerja sementara anaknya tinggal di rumah bersama pembantu, hal ini  juga bisa menimbulkan efek psikologis yang baik namun juga bisa menimbulkan efek psikologis yang  buruk pada anak. Seorang wanita memang dapat memiliki karir sementara dia juga harus  mengetahui bahwa  keluarga adalah prioritas utama. Wanita karir juga harus menjadi ibu   yang ideal untuk anak-anak sekalipun  menginginkan karir  yang  memuaskan. Di satu sisi,  banyak orang yang  tidak suka wanita bekerja karena mengabaikan anak-anak mereka. Pada umumnya memang  wanita karir yang sibuk bekerja memebrikan  efek pada balita di  rumah yang kurang baik. Ibu selalu bekerja di luar rumah, pastinya ada konteks perubahan terutama pada pola pengasuhan pada  balita.  Pekerjaan ibu  yang bekerja  penuh waktu  kadang dimulai sebelum anak berusia tiga bulan, dan mereka  cenderung memilih pengasuh  pada balitanya.

Anak-anak yang ibunya bekerja paruh waktu sebelum mereka  berusia satu tahun memiliki masalah perilaku lebih sedikit daripada anak-anak yang  ibunya bekerja penuh waktu. Hal ini menimbulkan masalah psikologis kesulitan perilaku pada balita. Balita hanya dapat hidup masa kecilnya dan  untuk memahami mereka memang dibutuhkan kedekatan bagi ibu, tapi jika Anda sibuk kerja, bagaimana dengan  perkembangan si kecil? Orang dewasa mengakui perbedaan antara dirinya dan seorang anak,  kadang sebagai orang dewasa, Anda sering menunjukkan egosentrisme  bahwa semua perkembangan mental secara alami dan pasti harus mengarah pada cara berpikir Anda. Sibuk kerja  memang boleh, namun perhatikan juga bagaimana perkembangan   buah hati Anda.  Faktor psikologis anak bukanlah masalah yang mudah,  belum tentu semua orang tua bisa memahami hal ini.

Wanita berkerja memang memiliki dampak positif  namun tak  jarang  kesibukan tersebut mendatangkan masalah atau berdampak negatif bagi  perkembangan si kecil. Beberapa dampak positif ketika wanita   memilih sebagai wanita karir dalam rumah tangga diantaranya bisa membantu  perekonomian suami. Di masa modern ini  hampir semua wanita  perkotaan memilih  menjadi wanita karir dibandingkan sebagai ibu rumah tangga yang menggurus bayi atau anaknya. Apalagi banyaknya kemudahan saat ini,  wanita bisa menggunakan  jasa  babysitter untuk membantu pekerjaan di rumah terutama untuk menjaga buah hatinya. Anda mungkin juga demikian, lebih memilih mempekerjakan seorang babysitter untuk mengasuh dan menjaga si kecil. Namun, bagaimana  Anda mengetahui  perkembangan psikologis si kecil jika Anda sangat sibuk di kantor?

Seorang wanita  karir  biasanya  berangkat  ke kantor  pagi hari sekitar pukul 7, padahal saat itu kemungkinan balita Anda masih tidur, saat pulang  dari kantor, kemungkinan besar Anda sering pulang malam, si kecil sudah tidur, kapan  Anda bisa bertemu dengan  dia? Cuma  saat libur saja, apakah cukup buah dia untuk bermanja-manja dengan Anda?  Anda mungkin lelah  setelah pulang dari kantor,  secara psikologis  hal ini akan berpengaruh terhadap  semua hal di rumah termasuk emosional Anda pada anak dan suami. Sebagian waita karir akan   membawa masalah  pekerjaan di rumah, mereka lebih sensitif dan kadang  tidak memiliki kesabaran untuk menghadapi si kecil. Anda  bisa mudah marah, karen lelah atau masalah di kantor, padahal si kecil ingin sekali  bermanja-manja dengan Anda, inilah salah satu  dampak negatif dari  wanita karir terhadap buah hatinya.

Balita Anda akan mengalami masalah psikologis  jika Anda kurang atau bahkan tidak pernah memperhatikannya. Anda boleh saja bekerja dari hari Senin hingga Sabtu,  namun  jangan sampai melupakan buah hati di rumah. Sebagian wanita yang bekerja, mereka  juga ingin merawat sendiri anaknya,  bukan dengan  babysitter  atau  dititipkan  pada orang tuanya atau saudaranya. Pastinya Anda sebagai ibu ingin sekali melihat perkembangan si kecil yang lucu. Jika Anda  sibuk kerja dan kurang perhatian pada buah hati, hal ini akan berakibat buruk tentang perilakukanya jika  orang yang Anda  berikan tugas mmegasuhnya tidak tepat. Anak yang sering ditinggal orang  tuanya bekerja  terlebih oleh ibunya, dia  sering tertekan, merasa  tidak dibutuhkan dan kurang kasih sayang. Pola asuh  ibu yang sibuk kerja dengan ibu yang  tidak bekerja memang beda, hal inilah yang juga berpengaruh pada  perkembangan psikologis buah hati.

Ada baiknya  jika Anda memberikan perhatian yang lebih pada si kecil sekalipun Anda bekerja. Bukankah saat ini ada  ponsel dan  alat komunikasi lain yang  membantu Anda menjaga dia dari jauh? Sesibuk apapun Anda, pastikan untuk mengetahui  si kecil dengan  alat  komunikasi saat ini. Jika Anda  terlalu sibuk  bahkan sangat  jarang bertemu si kecil, mereka akan  asing dengan Anda.  Si kecil, sekalipun dia masih  polos, dia juga bisa merasakan kesedihan,  apalagi jika temannya  merasa dilindungi ibunya setiap  hari,  disayang dan bisa bermanja dengan ibunya. Bahkan  dampak psikologis yang lebih parah jika Anda tidak begitu peduli dengan si kecil, mereka bisa mengalami masalah kesehatan, mereka bisa depresi. Anda bisa saja sibuk kerja dan ingin mencapai karir yang cukup tinggi, namun pikirkan juga si kecil.

Balita Anda butuh kasih sayang  sesibuk apapun Anda. Efek psikologis  balita yang  selalu mendapatkan kasih sayang dan perhatian ibunya akan jauh lebih bagus dibandingkan jika seorang ibu sangat cuek pada  anaknya.  Sibuk kerja itu boleh saja, tapi perhatikan  perkembangan psikologis anak dan pastikan Anda selalu memberikan perhatian lebih bagi si buah hati.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang