TAHAPAN PERKEMBANGAN BAYI YANG TIDAK BOLEH ANDA LEWATKAN

Memiliki bayi, tentu sangat menyenangkan, ya bunda?  Pastinya bukan hanya bunda saja namun ayah pun juga senang memiliki buah hati, terutama mereka  bisa tumbuh dengan sehat.  Saat bayi berusia 3 hingga 24 bulan, mereka sudah mulai menunjukkan perkembangan yang cukup  menakjubkan dan inilah moment yang tidak boleh terlewatkan bagi orang tua. Sayangnya banyak orang tua yang  tidak menikmati moment pertumbuhan bayi mereka  dengan  lengkap. Alasan mereka bekerja , terlalu sibuk dengan urusan masing-masing membuat  tumbuh kembang bayi  tidak mereka lihat. Nah, jika bunda  tidak ingin melewatkan masa-masa perkembanan bayi Anda,  tentunya bunda juga harus membantu  buah hati agar bisa  tumbuh  dengan baik dan sesuai dengan  yang bunda harapkan.

Proses tumbuh kembang bayi mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan sangat berbeda, dari satu  gerakan ke  gerakan yang lainnya, semua itu masih di dominasi oleh  gerakan reflek. Gerakan reflek tersebut juga diikuti oleh perkembangan  sistem saraf yang dimiliki oleh bayi, biasanya perkembangan sistem saraf tersebut terjadi saat balita berusia 2 bulan.

Berikut adalah beberapa  perkembangan bayi yang tidak boleh Anda lewatkan:

  1. Bayi mulai tengkurap dan mengangkat kepala

Bayi mulai tengkurap saat mereka berusia 3 hingga 4 bulan, saat-saat itu  bayi bisa  memiringkan tubuhnya  ke kiri dan kanan, setelah itu  bayi akan  berbalik lagi. Setelah bayi mulai tengkurap maka akan diikuti oleh garakan  telentang dengan menggerakkan kaki dan lengan lebih bebas. Setelah itu bayi juga mulai menggerak-gerakkan kepala dan mulai bisa mengganggkat kepalanya.

Pada usia 0 hingga 3 bulan bayi akan  mulai menggangkat kepalanya, menggerakkan kepala ke kanan  dan kekiri. Bayi juga sering menunjukkan reaksi tertawa, berteriak yang keras,  memberikan balasan senyuman  saat diajak tertawa atau  diajak bicara.  Pada usia tersebut memang  bayi mengalami perkembangan  stimulasi  yang dimilikinya. Perkembangan motorik pun juga terjadi pada  bayi saat usia tersebut, bahkan mereka  mulai mengangkat kepala, melihat dan juga mereka mulai menendang nendang mainan yang diberikan kepadanya.

  1. Bayi mulai bersuara keras

Mungkin inilah yang sering Anda lihat dari bayi Anda, saat mereka tiba-tiba memekik keras dengan sangat gembira.  Suara keras dan gembira yang  dilontarkan oleh si kecil mulai  bisa Anda lihat  pada saat usia mereka  4 bulan atau 5 bulan.  Saat usia tersebut mereka mulai merespon  tubuh secara emosional, mereka mulai mengeluarkan suara  dengan nada yang tinggi.  Suara tersebut sebenarnya adalah ungkapan  respon dari orang lain yang mengajaknya bicara atau  mengajaknya berkomunikas. Si kecil akan  berteriak ketika seseorang atau beberapa orang  mendekatinya, menyapanya atau saat dia meraih sesuatu yang dia inginkan.

  1. Melihat dan meraih benda  dengan kedua tangannya

Masa pertumbuhan bayi yang ditandai dengan  keterampilan kedua tangan bayi ini   ketika bayi berusia  7 bulan atau 8 bulan.  Pada usia ini  bayi akan merespon  seseorang ketika memberikan mereka mainan dengan menggerakkan tangannya  untuk meraih mainan yang  diberikan.  Sata itu juga jari jemari bayi mulai terlatih terampil untuk  meraih sesuatu yang diberikan kepadanya.  Perkembangan ini biasanya ditandai dengan  kemampuan berpikir pada bayi, saat Anda memberikan satu mainan lagi maka mainan lainnya akan ditinggalkan atau dibuang oleh bayi. Bayi  lebih memilih mainan baru yang Anda berikan  tersebut.

  1. Saat bayi mulai bisa duduk

Sesuai dengan pertumbuhan dan bertambahnya usia bayi, pada  bulan ke  7   bayi sudah mulai bisa duduk sendiri.  Saat itu bayi  akan mencoba duduk ,  dari posisi tengkurap, bayi berusaha  untuk duduk sendiri dengan tangannya.  Saat masa bayi mulai bisa duduk ini, mereka bisa merain mainan yang mereka inginkan dengan mudah.

  1. Bayi mulai merangkah

Sudah pasti  semua bayi akan mengalami  perkembangan ini, merangkak adalah salah satu perkembagan yang terjadi pada bayi saat mereka berusia  7 -8 bulan. Pada usia bayi tersebut maka mereka  akan belajar  menjaga keseimbangan melalui tangan dan lutut mereka. Saat itu mereka juga akan mulai mempelajari hal-hal yang sangat menarik.  Saat  usia bayi 7 bulan atau 8 bulan,   tidak semua bayi bisa merangkak. Namun jangan khawatir, sekalipun bayi tidak bisa merangkak saat usia tersebut, namun Anda bisa membantunya agar  bisa merangkak dengan  baik.

Beberapa bayi yang  kesulitan merangkak  bisa Anda bantu dengan beberapa cara seperti dengan   meletakkan mainan  di depan bayi, jangan langsung memberikannya, tapi berikan jarak  agar bayi berusaha untuk meraihnya dan merangkak.  Sediakan beberapa  mainan yang disukai si kecil, dengan cara demikian maka dia akan berusaha merangkak untuk meraih mainan yang disukainnya.  Setelah itu,  Anda bisa sering menengkurapkan bayi agar bayi bisa terangsang untuk menggerakkan kepala dan perut agar bayi mulai  bisa merangkak.

  1. Berjalan

Setelah bayi mulai aktif merangkak, perkembangan yang terjadi padanya adalah  tahap awal mereka mulai bisa berjalan. Saat bayi mulai belajar  adalah pada  usia 12- 13 bulan.  Saat Anda mulai memegang kedua tangan bayi Anda, maka dia akan mulai untuk menapakkan kakinya  dan mulai untuk melangkah.  Dengan  Anda membantu   si kecil  melangkah maka otot-otot kaki si kecil mulai kuat dan terlatih.  Setelah beberapa saat maka  bayi akan mulai mahir untuk berjalan perlahan namun tanpa bantuan Anda.  Jika memang si kecil kesulitan untuk berjalan pada usia tersebut, And apun juga bisa membantu  si kecil dengan beberapa  cara.  Sebaiknya jangan membiasakan bayi mengenakan sepatu saat mereka berlajar berjalan di rumah.

  1. Bayi mulai bisa  berbicara

Bayi Anda akan mulai bisa  lancar berbiacara  pada usia 18 bulan hingga 24 bulan. Pada usia tersebut bayi   mulai belajar  mengawali bicara, bayi akan menggunakan  lidah, mulut dan langit-langit untuk membentuk kata-kata yang cukup sederhana.  Pada tahap awal mungkin  hanya beberapa kata  yang dia ucapkan, namun lama kelamaan  dia akan mengucapkan  kata-kata yang didengarnya setiap hari. Lama kelamaan  dia akan  bisa merangkai kata-kata  sekalipun hanya beberapa kata saja tiap hari.

Bagaimana bunda, apakah  tidak menarik beberapa tahan perkembangan bayi Anda yang snagat menggemaskan? Apakah Anda   tidak ingin melihat dan membantu tumbuh kembang  bayi  yang sangat mengagumkan tersebut?

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang