TIPS AGAR MELAHIRKAN JADI MUDAH

Siapapun orangnya pastinya tak ingin mengalami proses persalinan yang sulit. Masa persalinan menjadi hal paling mendebarkan, terutama bagi para ibu yang mengalami masa kehamilan perdana. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan persalinan yang mudah. Terkadang karena kurangnya pengalaman di kehamilan pertama, para ibu banyak melakukan tindakan-tindakan salah di masa kehamilan sehingga menimbulkan resiko sulitnya melahirkan. Saat ini banyak para ibu yang akhirnya tidak bisa menjalani proses persalinan secara normal. Ada banyak sebab, termasuk pola hidup dan kebiasaan serta makanan yang dikonsumsi. Bagaimana melahirkan dengan cara normal merupakan cara persalinan yang terbaik, sehingga sebaiknya para ibu harus bercita-cita untuk melakukan persalinan secara normal. Langkah Caesar sebaiknya dilakukan jika memang tidak ada lagi pilihan lain untuk menyelamatkan nyawa bayi dan ibu dari bayi tersebut.

Ada banyak aktivitas dan pola hidup yang salah dan berdampak pada sulitnya proses persalinan dijalani. Diantaranya adalah pola hidup seperti suka tidur dalam jumlah yang tak wajar. Terutama di usia kehamilan yang semakin tua. Biasanya para ibu memang cenderung akan mengalami rasa kantuk yang sangat, namun Anda harus bisa melawan hal ini dengan melakukan berbagai aktivitas ringan yang membuat tubuh Anda bergerak. Salah satunya mungkin melakukan senam ibu hamil yang mengkombinasikan berbagai gerakan untuk mempermudah proses persalinan. Jangan lupa melakukan pengecekan ke dokter kandungan di usia kandungan yang sudah tua untuk memastikan bagaimana kondisi bayi dan apakah bisa dilakukan persalinan secara normal atau tidak.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah cara persalinan agar bisa berlangsung normal:

  1. Rajin berjalan

Jika usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga, maka lakukan jadwal rutin jalan di pagi hari usai subuh. Fakta membuktikan, mereka yang setiap harinya berjalan secara rutin selama masa kehamilan, proses persalinan lebih mudah dilakukan. Rasa sakit tidak terlalu lama dan bukaan jalan keluarnya bayi pun menjadi lebih cepat. Jalan pagi mungkin hal yang paling sering dinasehatkan para orang tua kepada putri mereka yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Jangan abaikan cara ini, karena sudah terbukti sangat efektif. Biasanya gangguannya adalah rasa kantuk yang sangat. Sehingga ibu hamil malas beraktivitas terlebih lagi jalan.

  1. Rajin sujud

Sujud di waktu shalat merupakan cara yang cukup efektif untuk membuat bayi mudah turun dan keluar. Oleh karena itu, seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah shalat, seperti shalat malam dan sebagainya. Bukan hanya untuk kebaikan emosional dan psikologis si ibu, tapi juga untuk proses persalinan yang akan dijalani. Beribadah sambil berdoa untuk kebaikan proses persalinan yang akan dijalani.

  1. Senam ibu hamil

Senam ibu hamil juga sangat baik diikuti para ibu dimasa kehamilan trimester ketiga. Gerakan-gerakan yang dilakukan memang merupakan gerakan persalinan yang akan membuat kita terlatih melakukan gerakan seperti mengejan dan sebagainya. Anda bisa membeli CD dan buku senam ibu hamil dan mengikuti gerakannya di dalam rumah jika enggan ikut bergabung di sanggar-sanggar senam ibu hamil.

  1. Mengkonsumsi beberapa makanan khusus

Ada beberapa makanan khusus yang biasa dikonsumsi orang saat akan melahirkan. Diantaranya adalah rendaman rebusan rumput Fatimah yang biasa didapatkan oleh mereka yang pulang dari Makkah. Beberapa herbal lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah sari kurma dan madu. Herbal-herbal ini biasanya digunakan untuk meningkatkan stamina para ibu menjelang proses persalinan dilakukan.

  1. Berdoa dan sedekah

Hal lain yang bernilai spiritual dan tak bisa Anda abaikan adalah berdoa dan bersedekah. Kekuatan doa dan sedekah merupakan kekuatan diluar perkiraan manusia yang bisa menjadi sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ketika seorang ibu yang hendak melakukan persalinan memiliki kekuatan spiritual yang lebih, maka ia akan lebih siap menjalani persalinan. Persalinan harus dijalani dengan kekuatan mental dan keberanian sehingga masalah-masalah teknis bisa dihadapi.

Jangan takut menjalani persalinan karena itulah nilai kita sebagai kaum perempuan. Ingat pahala dari melahirkan tersebut pastinya kita akan lebih bersemangat menjalaninya. Jangan lupa memantau kondisi janin terkini untuk memastikan tidak ada resiko masalah yang bakal dihadapi. Jangan lupa bagi para suami untuk mendoakan istrinya. Para istri pun jangan lupa meminta maaf kepada suami dan orang tua. Mungkin ia pernah punya salah yang membuat proses persalinan menjadi sulit. Yakin lah Anda akan bisa menjalani proses paling mendebarkan dalam hidup Anda tersebut. Ingat Anda bakal punya seorang bayi yang lucu yang akan menemani hari-hari Anda bersama suami. Jangan lupa selalu lah berdoa, karena tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak memberikan kemudahan untuk Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang