TIPS KOMUNIKASI SUAMI ISTRI YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Seberapa pentingkah komunikasi suami istri menurut Anda, apakah hanya sekedar menanyakan kabar saja? Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam rumah tangga, apalagi jika Anda harus menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan. Jarak yang memisahkan Anda dan pasangan, hal ini akan semakin dekat jika Anda bisa menjalin komunikasi dengan baik. Komunikasi suami isyri menjadi bagian penting dalam mempertahankan rumah tangga. Kegagalan dalam berumah tangga banyak yang disebabkan oleh komunikasi yang gagal. Bagaimana jika Anda dan pasangan tidak pernah berkomunikasi selama 1 bulan, apa yang terjadi? Tentu saja rumah tangga Anda tidak akan berjalan dengan mulus.

Komunikasi dalam rumah tangga sangat penting!Banyak perceraian terjadi karena suami istri gagal dalam bekomunikasi. Sekecil apapun komunikasi yang Anda lakukan dengan pasangan, hal ini akan memberikan efek yang luar biasa bagi rumah tangga Anda. Komunikasi bukan hanya sekedar menyapa, menanyakan kabar atau untuk keperluan tertentu. Komunikasi adalah sebuah kebutuhan dan dengan berkomunikasi maka Anda bisa mengekspresikan apa yang Anda pikirkan dan rasakan demikian juga dengan pasangan Anda. Jika setiap hari suami istri selalu bersama di rumah, pastinya akan terjadi komunikasi, namun belum tentu komunikasi tersebut berjalan dengan baik. Namun, bisa jadi pasangan suami istri yang terpisah jarak mereka justru bisa melakukan komunikasi dengan baik dan berhasil mempertahankan rumah tangganya.

Nah, apakah komunikasi itu harus dilakukan ketika Anda dan pasangan sedang berduaan atau selalu bersama? Tidak, tentu saja tidak, karena Anda dan pasangan pasti memiliki kesibukan yang berbeda. Jadi, dimanapun Anda dan pasangan berada, komunikasi tetap bisa dijalankan. Saat ini banyak cara untuk melakukan komunikasi yang efektif karena banyak teknologi yang mendukung komunikasi. Dimanapun Anda, sekalipun di negara tetangga, tetap saja Anda bisa menghubungi pasangan kapan saja dan dimana saja. Intinya, komunikasi sangat penting untuk membina rumah tangga yang harmonis. Setelah Anda menjalani rumah tangga, apa yang Anda bayangkan dengan pasangan saat pacaran atau saat pendekatan dulu, kadang berbeda dari kenyataan setelah menikah.

Tanpa komunikasi yang baik maka bisa saja salah satu pasangan merasa tidak puas atau kecewa. Hal ini bisa menyulut pertengkaran dan perselisihan bahkan bisa memicu perceraian. Tak jarang pasangan muda yang memilih bercerai karena tidak adanya komunikasi yang baik dengan pasangan. Karena itu sebisa mungkin Anda harus membuat komunikasi yang efektif dengan pasangan agar bisa mempertahankan rumah tangga.

Berikut beberapa tips komunikasi suami istri yang efektif:

1. Empati

Empati sangat penting dalam berkomunikasi antara suami istri, dengan empati ini maka Anda bisa menempatkan diri pada situasi yang dihadapi atua dialami pasangan demikian juga dengan pasangan Anda. Empati sangat penting karena Anda menunjukkan ekspresi dan perasaan bahwa Anda memahami apa yang dirasakan pasangan, sekalipun Anda marah, cobalah untuk memberikan empati saat pasangan bercerita. Dan pasangan Anda pun juga harus bersikap demikian untuk komunikasi yang efektif.

2. Saling membutuhkan

Komunikasi tidak hanya karena salah satu pihak sedang membutuhkan saja, namun keduanya memang saling membutuhkan. Kesadaran bahwa Anda dan pasangan saling membutuhkan menimbulkan komunikasi yang lebih baik dibandingkan hanya salah satu pihak saja. Anda dan pasangan akan menyadari bahwa dengan berkomunikasi hal yang tidak bisa Anda lakukan bisa dimudahkan atau dibantu oleh pasangan Anda, demikian juga sebaliknya.

3. Jujur dan terbuka

Kejujuran dalam berkomunikasi sangat penting, apalagi suami istri. Anda bisa saling terbuka dengan pasangan, apapun yang Anda lakukan dan bagaimanapun keadaannya cobalah untuk bersikap jujur dan terbuka. Dengan melakukan hal tersebut maka tidak akan terjadi kecurigaan suami istri yang bisa menimbulkan pertengkaran.

4. Mudah dimengerti pasangan

Komunikasi yang baik suami istri harus bisa dimengerti satu sama lain, Anda bisa menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi dengan pasangan, dengan frekwensi suara yang tepat dan juga sebisa mungkin bertatap muka. Jika memang Anda harus berkomunikasi lewat seluler saat ditempat lain, pastikan Anda bisa berkomunikasi dengan jelas.

5. Respek

Bersikap respek saat pasangan berbicara, hal ini bisa menimbulkan komunikasi yang lebih baik dibandingkan jika Anda acuh atau memalingkan muka. Cobalah untuk menatap pasangan saat dia berbicara sehingga pasangan benar-benar merasa dihargai.

6. Manfaatkan teknologi

Terpisah jarak bukan alasan untuk tidak berkomunikasi, Anda bisa menggunakan berbagai media elektronik atau teknologi untuk berkomunikasi dengan pasangan. Manfaatkan media sosial seperti facebook, email atau lainnya untuk tetap berkomunikasi dengan pasangan selain ponsel ketika Anda sedang diluar kota atau luar negeri.
Komunikasi suami istri sangat penting, ada banyak cara mudah dan menyenangkan untuk membina komunikasi tersebut agar rumah tangga Anda tetap bahagia dan harmonis.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang