TIPS MEMILIH MAKANAN PADA IBU HAMIL

Masalah pola makan sering kali menjadi masalah bagi seorang ibu yang sedang hamil. Makannya ibu hamil bukan hanya berdampak pada dirinya, namun juga pada bayi yang dikandungnya. Kesalahan pola makan akan menjadi masalah bagi ibu sekaligus bayi yang dikandung. Oleh karena itu, makanan ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari jenisnya, jumlahnya, kebersihan dan kesehatannya. Sembarangan makan bisa menyebabkan janin keguguran, mengalami mutasi genetika hingga kecacatan dan mengalami penyakit tertentu setelah dilahirkan. Kesalahan dalam pola jumlah makanan yang masuk akan menyebabkan ukuran bayi menjadi lebih besar, terutama di usia kehamilan trimester ketiga. Ukuran yang tidak seimbang dengan ibu akan menyebabkan proses persalinan tidak bisa dilakukan secara normal. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan operasi Caesar.

Makanan ibu hamil juga harus terjamin kebersihannya dan memastikan bahwa makanan dalam kondisi masak. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena alasan kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Lalapan, sebaiknya dihindari karena khwatir ada virus atau bakteri yang tidak mati dan menyerang bayi dalam kandungan.
  2. Daging bakar yang tidak matang seperti sate dan sejenisnya. Dikhawatirkan masih ada cacing pita dalam daging yang tidak masak.
  3. Durian, karena mengandung alcohol yang cukup tinggi dan dikhawatirkan akan membuat bayi panas dan mengalami keguguran. Bukan hanya durian namun juga makanan lain yang mengandung alcohol termasuk minuman beralkohol itu sendiri.
  4. Makanan yang mengandung bahan aditif seperti penyedap, pewarna, pemanis dan sebagainya. Makanan ini harus dihindari pada saat hamil karena akan sangat rentan berpengaruh kepada janin yang dikandung. Termasuk makanan dengan bahan pengawet seperti mie instan dan sejenisnya.

Masih banyak lagi jenis makanan yang harus dihindari pada saat hamil. Sebaliknya jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buah dan sayur, karena nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh janin sebagai cadangan vitamin. Cadangan kalsium dari tomat dan sayuran hijau tua sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin, jika hal ini tidak terpenuhi dengan baik maka yang sering terjadi pada ibu hamil adalah rasa sakit pada tulang dan gigi. Ini menandakan kebutuhan nutrisi kalsium bayi diambil dari cadangan milik si ibu. Buah dan sayur juga sangat baik untuk membantu pencernaan pada ibu hamil yang juga rentan bermasalah. Seperti diare dan wasir yang sering terjadi pada ibu hamil.
  2. Protein, protein nabati dan hewani harus dikonsumsi secara seimbang. Namun hindari konsumsi protein hewani berlebih dari daging sapi tau seafood karena juga akan member efek buruk pada system pencernaan dan tensi ibu hamil. Protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan laut. Ikan laut membantu kecerdasan otak bayi dalam kandungan.
  3. Makanan sumber energi seperti suplemen kurma dan madu yang bisa menggantikan nasi yang enggan Anda makan. Para ibu banyak yang tidak mau memakan nasi pada saat hamil. Oleh karena itu, Anda harus mencari gantinya yang bisa memenuhi kebutuhan nasi tersebut.

Untuk masalah jumlah makanan yang masuk, memang harus dikontrol. Jika tidak maka akan berdampak pada berat badan bayi dan juga ibu yang sedang hamil. Jika Anda termasuk yang selalu ingin makan banyak pada saat hamil, maka cobalah sekarang merubah pola makan yang baik, diantara cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan mangkuk kecil khusus untuk jumlah nasi yang akan Anda konsumsi pada saat makan. Ya, memang harus sedikit dijatah agar bisa tetap dikontrol. Jika tidak biasanya jumlah nasi yang masuk tidak terkontrol. Jadi sediakan wadah khusus yang kecil untuk menjamin nasi yang dimakan hanya sedikit.
  2. Perbanyak kan jumlah sayur yang akan dikonsumsi. Serat akan membantu Anda cepat kenyang meski nasi yang dimakan sedikit.
  3. Pilih protein sebagai menu makanan dari jenis protein yang paling Anda sukai. Misalnya Anda paling suka ikan laut tertentu, gunakan lauk itu. Pastinya tetap mengacu pada menu gizi yang sehat dan sesuai standar.
  4. Minumlah jus terlebih dahulu sebelum Anda makan nasi. Jus adalah serat yang akan membuat Anda penuh lebih dulu. Sehingga nasi yang hanya dalam wadah kecil pun akan cukup mengenyangkan bagi perut Anda.

Jangan anggap remeh mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Kesalahan pola makan bukan hanya berdampak pada kesehatan bayi namun juga akan berpengaruh pada proses persalinan. Oleh karena itu tak ada salahnya Anda memilih menu makanan sesuai dengan menu gizi untuk ibu hamil. Silahkan konsultasikan ke ahli gizi.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang