TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE

Dalam tulisan ini, saya ingin mensharingkan pengalaman saya sebagai toko online selama 2 tahun ini.

Pada mulanya, toko kami bukanlah toko online, tapi toko fisik yang mengharapkan walk in customer, sampai suatu saat ada ibu yang baru melahirkan menyarankan saya membuat website, karena ibu yang baru melahirkan susah kalau di suruh keluar karena jaga anak di rumah.

Desember 2011 web kami jadi. Tentu gak di rawat, karena tujuannya cuma sekedar membantu ibu tersebut. Tapi 7 bulan kemudian, ada pembeli dari luar pulau, yang membeli stroller.  Saya kaget, kok bisa, padahal kami web tidak promosi. Sejak itulah saya mulai memperhatikan website saya.

Secara singkat beberapa hal yang kami lakukan antara lain:

  1. Iklan di google adwords.

Teknik ini tidaklah mahal, bisa di atur sesuai dengan kemampuan seseorang. Dan efektif. Dulu saya waktu konsultasi dengan teman, dia berkata, kamu mau buang uang untuk iklan, atau mau buang waktu ? Saya bilang lebih baik saya buang uang, karena kalau buang waktu, uang juga terbuang, karena operasional cost jalan terus.

2. Menggunakan social media seperti facebook, twitter dan youtube

Yang paling efektif tentu youtube bagi saya. Tidak banyak online shop yang membuat video demo stroller waktu itu, ya karena mahal buat video itu. Tapi saya yakin kalau saya memberikan servis yang terbaik buat customer yang telah membeli barang saya, (yakin dengan proses), orderan bisa jalan dengan sendirinya. Kan kasihan, customer sudah beli barang di kita lalu tidak bisa cara memakainya, meski tidak di beli di saya pun tidak apa apa, anggap aja beramal.

Twitter saya tidak memakai “bom” twitter, melainkan saya menggunakan jasa retweet baik yang gratis atau berbayar. Banyak sekali yang menawarkan jasa retweet, cek aja di google.

Kalau facebook saya juga kurang ahli, selama ini saya juga bingung kenapa yang like fb saya bertambah, meski tidak banyak, mungkin juga karena referral dari yang sudah pernah membeli barang saya.

3. Artikel

Business is not all about making money or profit oriented. Kita kadang bisa “berinteraksi” dengan siapa saja dengan artikel. Seperti penyiar radio yang sedang bercerita. Saya juga demikian. Saya yakin ada yang menghargai artikel yang saya tulis sendiri, meski sejak awal tahun ini saya menyerahkan penulisan artikel saya kepada jasa penulisan artikel yang professional, karena keterbatasan waktu.

Artikel ini lumayan bisa mendatangkan traffic, meski bukan tujuannya membeli, tapi ini salah satu bentuk service anda ke customer anda. dan bentuk interaksi saya dengan customer saya.

4. Pasang iklan gratis di tokobagus.com dan berniaga.com

Tergantung masing2 toko, tapi setiap toko ada kecocokan dengan kedua situs tersebut. Kedua situs tersebut cukup  membantu mendatangkan walk-in customer bagi toko saya

Mungkin masih banyak teknik yang lain, tapi saya tidak pakai, seperti berjualan melalui berbagai media forum. Ya, masih belum ada waktu untuk itu. Mungkin lain waktu jika saya lebih memiliki time free, saya akan chit chat di forum2 untuk mencari teman yang tentu sesuai dengan minat saya di luar pekerjaan (burung, ikan, batu permata, dan kebun)

Semoga artikel ini membantu para pemula yang ingin membuka toko online, tapi tidak tahu caranya. Tulisan ini di buat dengan keyakinan bahwa kita hidup di dunia yang berkelimpahan, jangan takut bersaing (karena menurut saya yang paling di takuti itu operasional cost yang semakin hari semakin meningkat, terutama gaji karyawan), jangan pelit membagikan pengetahuan anda, siapa tahu ada orang yang terbantu dengan tulisan anda.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

 

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang