TIPS MENGATASI ANAK SUPER AKTIF

Memiliki anak super aktif memang membuat kita sedikit ekstra dalam menjaganya. Kadang kita tertawa dengan tingkahnya, namun kadang pula kita harus mengurut dada karena tingkahnya yang menguji kesabaran kita sebagai orang tua. Anak super aktif biasanya akan dikenal oleh teman-teman sebayanya juga orang tua dari anak-anak tersebut. Kebanyakan orang tua malu jika anaknya tumbuh secara lebih aktif dibanding anak seusianya karena anak-anak tersebut biasanya akan melakukan hal-hal yang tak biasa dilakukan oleh anak-anak lainnya. Orang-orang sering mengatakan anak-anak seperti ini tumbuh nakal dan terlalu lasak. Namun sebenarnya ini akan menjadi nilai positif jika Anda mampu mengelola anak-anak Anda tersebut.

Anak yang sangat aktif biasanya dikenal sebagai anak yang usil suka mengganggu temannya, suka bergerak dan lebih lasak, serta sulit mendengarkan perintah atau nasehat dari orang lain. Mereka bergerak sendiri sesuai dengan kehendak hatinya, mana yang ia sukai akan ia lakukan, mana yang membuatnya senang akan ia lakukan. Memiliki anak seperti ini sebenarnya menjadi asset positif bagi Anda. Jangan memarahi mereka, tapi perlakukan lah mereka sesuai dengan karakter yang dimiliki tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak super aktif tersebut:

  1. Anak-anak super atau hiper aktif biasanya adalah anak-anak yang pintar dalam proses pembelajaran. Namun harus ditemukan cara yang tepat dalam memberikan pengajaran pada anak tersebut. Biasanya anak-anak ini malas mendengarkan sesuatu yang ia sendiri sudah tau cukup banyak tentang hal tersebut. Ia lebih suka bermain dengan temannya, atau berjalan dan tidak mau mendengarkan nasehat dari guru atau orang tua.
  2. Jangan memarahi anak-anak super aktif, biarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan asal tidak membahayakan. Orang tua harus mengontrol segala akitivitasnya. Jika mengganggu orang lain, maka ingatkan ia agar tidak melakukan hal yang tidak baik tersebut.
  3. Jika mereka bersekolah, pastikan Anda mengkomunikasikan dengan guru pengajar tentang kondisi anak Anda. Biasanya sekolah akan memiliki perlakuan khusus untuk anak-anak seperti itu. Mulai dari sikap guru yang lebih sabar hingga disediakannya guru pendamping khusus untuk lebih memudahkan proses pembelajaran pada anak.
  4. Sama seperti anak pada umumnya, para orang tua sebaiknya memuji terhadap prestasi dan hal-hal baik yang telah dilakukan anak. Beri mereka pujian untuk membuat mereka lebih termotivasi lagi dalam melakukan kebaikan.
  5. Hindari kebiasaan memerintah pada anak-anak super aktif, jika ingin menyuruh sesuatu maka usahakan dengan bahasa tubuh dan mengajaknya bergerak. Karena anak-anak hiper aktif biasanya tidak suka mendengarkan perintah dan nasehat. Ia akan bergerak sesuka hatinya.
  6. Anak-anak super aktif tersebut sebenarnya sangat kaya dengan nilai imajinasi dan kreatifitas. Jadi biarkan mereka menyerak mainan untuk memancing munculnya inspirasi dan imajinasi pada anak.
  7. Jangan sedih jika anak Anda cuek dengan apa yang ia katakan. Karena memang karakternya yang tidak suka dengan kata-kata, tapi lebih suka kepada yang sifatnya bergerak langsung dan memberikan contoh.
  8. Banyak orang tua dulu yang ketika anaknya tumbuh dengan sangat aktif lalu mereka membawanya ke para normal agar tidak terlalu aktif. Ini adalah kesalahan fatal yang dilakukan oleh para orang tua, sebaiknya ini tidak lagi dilakukan oleh orang tua masa kini yang sudah cukup modern kehidupannya. Anak-anak aktif ketika diperlakukan dengan benar maka akan memiliki keunggulan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Anak yang aktif secara fisik bisa dilihat dari tatapan matanya yang jeli. Ia suka beregerak dan sulit diam. Sulit mendengarkan perintah orang dan lebih suka melakukan sendiri apa yang ia inginkan. Sentuh lah anak-anak kita dengan cinta dan kasih sayang, karena itulah yang akan membuat anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang baik meski dengan kondisi hiper aktif. Anak-anak yang hiper aktif memang harus ditundukkan dengan cinta seorang ibu. Potensi yang dimilikinya sangat besar, tergantung bagaimana cara kita sebagai orang tua untuk menggali dan memberikan penanganan yang tepat terhadap anak-anak kita.

Lambat laun seiring bertambahnya usia biasanya anak-anak akan kembali pada kondisi normal. Namun sikap kreatif dan imajinatifnya tak akan pernah hilang. Banyak orang-orang yang sukses setelah dewasa karena dimasa kecilnya ia adalah sosok yang sangat aktif. Jika ingin mendapatkan perlakuan psikologis yang lebih tepat terhadap anak, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi kepada psikolog terkait kondisi anak Anda. Akan ada solusi bertahap yang diberikan untuk mentasi masalah yang ada pada diri anak Anda. Jangan pernah mematahkan semangat dan mental anak-anak hiper aktif, meski senakal apapun mereka kepada teman-temannya. Yang harus dilakukan adalah penanganan khusus kepada anak-anak yang mengalami hiper aktif tersebut.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang