TIPS MENGATASI PERUT MUAL PADA IBU HAMIL

Rasa mual sudah menjadi rasa keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Sebenarnya rasa mual tersebut merupakan indikasi yang baik dan sehat bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Mual menandakan adanya proses perkembangan yang terjadi pada janin. Malahan, beberapa kasus keguguran pada ibu hamil yang terjadi kerap ditandai dengan tidak adanya rasa mual yang dialami oleh ibu hamil. Rasa mual tersebut umumnya akan terjadi pada usia kandungan trimester pertama. Sehingga bila ini tidak terjadi, Anda harus waspada dan bersegera memeriksakan kandungan Anda ke dokter. Janin yang tidak berkembang dengan nutrisinya biasanya tidak memberikan efek rasa mual pada ibu yang mengandungnya.

Meskipun rasa mual ini sesuatu yang normal terjadi, namun bagi beberapa kalangan wanita, rasa mual ini benar-benar menghambat segala aktivitasnya. Beberapa kasus morning sick yang parah membuat kaum wanita mengalami rasa mual sepanjang hari yang pastinya sangat berefek pada kondisi fisik ibu hamil. Mungkin Anda sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya mengalami mual sepanjang hari sehingga Anda hanya bisa terbaring di rumah dan tidak bisa beraktivitas di luar rumah. Hal ini pastinya akan membuat aktivitas para istri dan suami terganggu. Jadi sebagai yang mengalami, Anda harus cerdas mencari solusi, bagaimana agar rasa mual yang ada tersebut tidak melanda Anda sepanjang hari, paling tidak Anda masih bisa melakukan aktivitas wajib Anda sehari-harinya. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk mengurangi rasa mual yang umumnya dialami ibu hamil:

  1. Mengkonsumsi madu asli

Madu asli merupakan herbal panas yang akan menimbulkan gas pada lambung. Jika kondisi mual Anda sudah benar-benar parah, maka minumlah satu sendok makan madu asli. Gas yang muncul di lambung akan membuat Anda bersendawa dan mengurangi sedikit rasa mual. Minumlah madu secara teratur dengan mencampurnya dengan air dingin. Minum setiap pagi untuk meningkatkan stamina dan kebugaran Anda. Nikmati juga khasiat nya untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.

  1. Minum jus di pagi hari

Agar pagi menjadi lebih segar dan terhindar dari rasa pusing dan mual, maka minumlah jus buah secara teratur di pagi hari. Ini bukan hanya baik untuk nutrisi bayi dalam kandungan, namun juga membantu menciptakan suasana segar pada perasaan dan tubuh Anda. Perasaan yang segar akan mengurangi potensi rasa mual yang muncul. Kerap kali rasa mual itu muncul karena adanya sugesti dari perasaan Anda sendiri. Jus buah tomat, mangga, apel dan sebagainya menjadi buah yang sangat lezat dinikmati di pagi hari.

  1. Menghirup udara segar dan suasana yang nyaman

Tidak ada salahnya ibu hamil berjalan-jalan menyaksikan pemandangan hijau yang segar, menikmati sejuknya suasana pantai atau pegunungan dan sebagainya. Atau minimal Anda bisa memiliki kondisi ruangan yang sejuk dan segar di dalam rumah, atau suasana kebun di luar rumah yang lebih hijau dan menyejukkan. Berjalan di pagi hari menikmati embun yang jatuh ke bumi juga cukup baik untuk ibu hamil.

  1. Menghindari bau-bauan yang tidak disukai

Ibu hamil bisanya memiliki aroma yang paling dibenci, makanan yang paling tidak disukai. Jangan dekatkan makanan atau bau-bauan tersebut kepada ibu hamil karena malah akan memperparah rasa mual yang muncul. Biarkan ibu hamil dalam kondisi nyaman dan enjoy sehingga secara psikologi tidak tersugesti untuk mengalami mual.

  1. Perhatikan pada saat sikat gigi

Rasa mual hingga muntah pada ibu hamil biasanya juga terjadin pada saat ibu hamil menggosok gigi. Umumnya para ibu hamil akan muntah saat sikat gigi. Oleh karena itu Anda harus mengatur antara jarak sikat gigi dengan makan. Ada yang mengalami muntah pada saat sikat gigi setelah waktu makan cukup lama dan ada juga yang setelah makan tidak bisa gosok gigi. Semuanya bisa Anda kondisikan dengan apa yang Anda alami, karena setiap wanita biasanya memiliki gejala yang berbeda.

Meskipun rasa mual tersebut bagi sebagian ibu hamil sangat mengganggu, ternyata bagi sebagian orang lainnya justru sangat menikmati kondisi tersebut. Mereka menikmati detik demi detik mengalami rasa mual. Mereka yang sudah teramat ingin memiliki anak biasanya akan mengalami hal ini. Sehingga rasa mual akan menjadi keasyikan dan kenangan tersendiri saat kehamilan. Untuk mengurangi rasa mual sebenarnya juga terkait unsur psikologis Anda, juga Anda merasa tersugesti untuk terus-terusan mual maka yang terjadi memang akan datang rasa mual. Tapi cobalah berpikir Anda sehat dan kuat, maka rasa mual itu bisa Anda lawan. Mual juga menjadi nikmat, karena ini adalah ciri ibu hamil yang paling mudah ditandai. Tetap sabar dan kuat dalam menjalaninya.