TIPS MENGHILANGKAN KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL

Salah satu masalah yang muncul pada ibu hamil adalah terjadinya kaki bengkak. Pembengkakan biasanya terjadi pada bagian betis hingga ke telapak kaki. Pembengkakan paling sering dialami oleh wanita pada usia kehamilan yang semakin tua. Kaki bengkak dapat disebabkan oleh banyak pada ibu hamil, diantaranya adalah karena kurangnya aktivitas, terlalu banyak duduk selama seharian. Seorang ibu hamil yang duduk selama dalam perjalanan dalam waktu yang lama pastinya akan membuat resiko pembengkakan jauh lebih besar. Kelebihan cairan iodium pada tubuh juga bisa menyebabkan terjadinya resiko pembengkakan pada kaki. Oleh karena itu, ibu hamil tidak dibenarkan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung kadar garam, disamping mempengaruhi tensi juga akan berpengaruh pada pembengkakan yang terjadi pada kaki.

Kaki yang bengkak akan semakin membuat badan menjadi berat. Disamping itu, penampilan jug akan semakin tidak menarik. Oleh karena itu, sebaiknya kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Cara yang paling umum dilakukan orang saat mengalami pembengkakan di bagian kaki pada saat hamil adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Namun bagi sebagian orang, berobat ke dokter pada saat hamil adalah hal yang enggan dilakukan. Mereka memilih cara-cara tradisional yang lebih aman untuk mengatasi masalah kaki bengkak pada ibu hamil.

Pembengkakan pada kaki kaitannya dengan kecantikan dan kesehatan ibu hamil, jadi sebaiknya jangan anggap sepele hal ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya pembengkakan pada kaki:

1. Mengurangi aktivitas duduk dalam jangka waktu yang lama. Bepergian ke luar kota dengan kendaraan dalam jangka waktu yang lama atau duduk seharian mengikut sebuah kegiatan bagi ibu hamil memberikan resiko terjadin ya pembengkakan. Sebaiknya Anda harus sesekali merehatkan badan, menghindari terjadinya pembengkakan yang lebih parah.

2. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam seperti ikan asin dan sejenisnya, makanlah makanan yang sehat dan benar-benar dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup. Gizi yang dikonsumsi ibu hamil haruslah seimbang untuk menjaga kesehata bayi dalam kandungan kondisi fisik si ibu hamil.

3. Cara menghilangkan kaki bengkak pada ibu hamil, juga bisa dilakukan dengan ramuan tradisional. Caranya adalah dengan merendam jahe, lengkuas dan garam pada air hangat. Lalu rendamkan kaki yang sedang bengkak ke dalam campuran tersebut. Rasanya akan seperti dipijit-pijit dan akan langsung Anda rasakan bagaimana efeknya. Diamkan beberapa saat. Lakukan berulang jika sekali rendam belum mengalami perubahan. Ini adalah cara tradisional yang cukup baik untuk dilakukan. Jangan mengkonsumsi obat kimia pada saat hamil. Sebaiknya menggunakan cara-cara yang paling aman agar tidak menimbulkan berbagai resiko kesehatan yang membahayakan. Rendam kaki di malam atau siang hari jika Anda merasakan kaki Anda terasa bengkak dan sangat tidak nyaman.

4. Berolahraga ringan untuk ibu hamil, ibu hamil biasanya memiliki olahraga khusus yang senam ibu hamil. Jadi usahakan selama masa kehamilan Anda menjalani hal ini. Ini bukan hanya baik untuk kesehatan Anda tapi juga bayi dalam kandungan. Jika si ibu sakit maka aka nada dampaknya pada bayi, sebaliknya jika ibu sehat dan merasa nyaman, maka bayi pun akan merasakan hal serupa. Senam ibu hamil disamping untuk menghindari masalah kaki bengkak pada ibu hamil juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Terlebih di usia kehamilan yang sudah semakin tua. Senam ibu hamil juga dipercaya mampu mempermudah jalan keluar dari bayi pada saat melahirkan. Karena memang pada saat melakukan senam, ada beberapa gerakan yang dilakukan sebagai bentuk gerakan simulasi pada saat melahirkan.

Jangan sepelekan soal kaki bengkak. Jika cara-cara di atas tak juga mengurangi masalah pembengkakan pada kaki ibu hamil, segera berkonsultasi pada dokter kandungan tempat Anda biasa melakukan cek. Atau jika ukuran dari pembengkakan yang terjadi sudah tidak normal, maka segeralah berkunjung ke dokter.

Meskipun ukuran bengkak pada kaki ibu hamil tidak terlalu besar, maka ini akan sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan ibu hamil bersangkutan. Bisa dibantu dengan pijitan namun itu tidak akan menyelesaikan. Atur pola makan Anda dengan menjaga dari konsumsi iodium yang berlebihan serta pastikan Anda banyak beraktivitas di usia kehamilan yang semakin tua. Aktivitas jalan di pagi hari juga sangat baik dilakukan, disamping untuk kesehatan juga akan lebih mempermudah proses persalinan. Hidup sehat dari mulai pola makan dan kebiasaan dalam beraktivitas memberikan pengaruh pada masalah kaki bengkak pada ibu hamil. Pastikan Anda bertanya ke dokter mengenai penyebab dari pembengkakan kaki Anda. Tentunya setelah cara-cara alami dan pencegahan sudah dilakukan namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang