TIPS MENJADI AYAH YANG DIRINDUKAN ANAK-ANAK

Apakah Anda tipe ayah yang selalu dirindukan anak-anak, bahkan anak-anak ingin selalu bersama Anda? Pada umumnya, anak-anak lebih dekat dengan sang ibu dibandingkan ayahnya, apalagi jika ayah selalu bekerja di luar kota. Kesibukan pria untuk mencari nafkah keluarga kadang menajdi penghalang baginya untuk lebih dekat dengan anak-anak. Ayah bisa menjadi sahabat bagi anak-anak sekalipun berada di luar kota, jarang berkumpul dengan anak-anaknya. Sebagian besar anak-anak memang jauh lebih dekat dengan ibunya dibandingka ayahnya. Hal ini karena wanita lebih peka dibandingkan pria, sekalipun sebenarnya seorang ayah juga ingin lebih dekat dengan anak-anaknya.

Tak sedikit ayah yang jarang berkumpul dan bercanda dengan anak-anak, padahal mereka selalu bertemu dan serumah. Karena ayah memiliki kesibukan di kantor, bahkan mereka sering membawa pekerjaan kantor ke rumah, kadang aak-anak takut untuk mendekati ayahnya. Bagaimana menumbuhkan rasa rindu anak kepada ayahnya? Tentu Anda dan sebuah ayah di dunia ingin menjadi ayah yang selalu dirindukan anak-anak.

Berikut beberapa tip menjadi ayah yang dirindukan anak-anak.

  1. Sering mengajak anak bermain

Bermain bersama anak-anak bisa membuat Anda semakin dekat dengan mereka. Anda bisa meluangkan waktu sekalipun hanya sebentar untuk mengajak anak-anak bermain bersama. Tentu hal yang sangat menyenangkan bila Anda dan anak-anak bisa tertawa bersama, bermain dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Sekalipun Anda tidak bisa bermain dengan anak-anak setiap hari, sedikit waktu yang benar-benar Anda berikan untuk mereka, hal ini bisa menambah kedekatan Anda dengan anak-anak. Anda bisa mengajak anak untuk bermain sesuai dengan permainan yang mereka sukai. Anda juga bisa memberikan mainan baru dan mengajak anak bermain, tentu anak akan semakin senang dan semakin merindukan saat-saat bermain dengan Anda.

  1. Sering memberikan mainan kesukaan anak

Jika Anda sering memberikan mainan kesukaan anak, apalagi saat Anda bepergian ke luar kota, pastinya anak-anak sangat merindukan Anda. Bukan hanya merindukan apa yang Anda bawa, namun mereka juga merindukan Anda pulang ke rumah. Kasih sayang kedua orang tua sering ditunjukkan dengan memberikan apa yang anak sukai, terutama mainan. Anda bisa memberikan hadiah kepada buah hati tanpa sepengetahuan mereka. Kejutan-kejutan yang Anda berikan pada anak bisa membuat mereka selalu merindukan Anda.

  1. Makan bersama

Mengajak anak-anak makan bersama setiap hari atau saat Anda sedang luang, hal ini menjadi momen yang menyenangkan. Anda bisa mengajak anak-anak makan bersama di rumah atau di luar rumah. Sesekali Anda bisa mengajak anak untuk menikmati makanan kesukaan mereka di restoran atau tempat makan lainnya untuk menambah kedekatan keluarga. Dengan mengajak anak-anak makan bersama, hal ini akan menambah kedekatan keluarga dan tentunya mereka akan semakin sayang kepada Anda.

  1. Saling bertukar cerita

Bercerita bukan hanya dilakukan oleh ibu, namun Anda juga bisa memberikan cerita pada anak-anak. Saat mereka akan tidur atau saat mereka bersama Anda, menceritakan hal yang lucu dan disukai anak-anak, hal ini bisa menambah kedekatan Anda pada mereka. Kadang, Anda juga bisa menjadi pendengar bagi anak-anak. Saat anak bercerita tentang pengalamannya, masalahnya di sekolah atau masalah lainnya, cobalah untuk mendengarkannya dan bantulah mencari solusi yang tepat untuk masalah anak Anda. Semakin Anda sering bertukar cerita pada anak, hal ini akan menambah kedekatan Anda dengannya. Dan saat Anda berada jauh dari anak, mereka pasti akan merindukan Anda.

  1. Menonton bola bersama

Bagi Anda yang memiliki anak laki-laki, tentu menonton bola bersama anak lebih menyenangkan dibandingkan jika Anda menonton bola sendirian. Anda bisa menambah kedekatan dengan anak dengan sering mengajak anak nonton bola bersama. Sekalipun di rumah, jadikan momen ini menjadi lebih bermakna. Akan lebih seru lagi jika Anda bertaruh dengan anak, misalnya saja yang kalah memberikan hadiah untuk yang menang, atau yang kalah mendapat hukuman khusus. Cara seperti ini bisa membuat Anda dan anak menjadi semakin dekat.

  1. Selalu memberikan contoh yang baik bagi anak

Anda bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anak, misalnya saja selalu bangun pagi, tidak melupakan ibadah, meghormati ibu dan orang yang lebih tua. Hal baik yang Anda lakukan dan ditiru oleh anak-anak bisa menimbulkan rasa bangga anak dan tentunya mereka semakin menyayangi Anda. Orang tua yang selalu memberikan contoh yang baik pada anak, mereka akan disegani dan dihormati anak-anaknya. Tentu saja anak semakin sayang dan selalu merindukan orang tuanya.

Menjadi ayah yang selalu dirindukan anak-anak memang tidak sulit, Anda bisa membuktikannya. Bukan hanya ibu yang bisa dekat dengan anak-anak, tapi ayah pun juga bisa lebih dekat dengan anaknya, apalagi jika sang ayah setiap hari bisa meluangkan waktu untuk anak-anak di rumah.