TIPS MENJADI IBU YANG DIRINDUKAN ANAK-ANAK

Anak-anak lebih sering menghabiskan waktu dengan ibunya dibandingkan ayah. Ibu memang memiliki peran penting dalam keluarga terutama dalam mendidik anak-anaknya. Seorang ibu bisa menjadi sahabat terbaik bagi anak-anak, saat anak mengalami masalah mereka sering menceritakannya kepada ibu. Ibu bukan hanya sekedar pendengar setia saat anak-anak mengalami masalah, namun ibu juga menjadi tempat solusi masalah yang terbaik. Tidak ada ibu yang akan menjerumuskan anaknya, hal inilah yang membuat anak-anak lebih suka bercerita kepada ibunya. Ibu juga memiliki banyak waktu di rumah, sekalipun mereka harus bekerja, ibu tetap bisa memberikan waktu untuk anak-anaknya.

Peran ibu yang sangat penting tersebut membuat anak-anak menajdi rindu saat mereka jauh dari ibunya. Jika sebelum menempuh bangku kuliah, anak-anak sering berkumpul dengan ibunya, bercanda dan bercerita, namun setelah mereka kuliah, anak-anak harus terpisah dengan ibunya. Kerinduan anak pada ibu karena ibu selalu ada untuk mereka, bahkan ibu merasakan apa yang dirasakan anaknya tanpa harus mendengarkan cerita anaknya. Apakah semua anak selalu merindukan ibunya? Tidak, kadang anak-anak justru dekat dengan ayahnya, mereka sering merindukan ayahnya dibandingkan ibunya. Hal ini karena ayah lebih dekat dengan anak dan ayah bisa meluangkan waktu untuk anak-anaknya dibandingkan ibu. Terutama bagi wanita karir, mereka cenderung sulit untuk meluangkan waktu bersama anak-anak sehingga anak tidak memiliki kedekatan dengan ibunya.

Berikut beberapa tips menjadi ibu yang dirindukan anak-anak.

  1. Membuat anak-anak nyaman di rumah

Seorang ibu memiliki banyak cara untuk membuat anak-anak merasa nyaman saat mereka di rumah. Anda bisa memberikan kenyamanan tersebut dengan kasih sayang dan cinta yang tulus pada anak-anak. Anak-anak akan merasa sangat nyaman jika mereka tidak sering dimarahi karena banyak anak yang malas di rumah karena takut dimarahi ibunya. Buatlah anak-anak nyaman dengan memberikan perhatian kepada mereka. Jika-anak-anak memang bersalah, menegurnya dan memberikan nasihat adalah pilihan tepat dibandingkan harus memarahi anak. Jika Anda sering memarahi anak-anak, mereka juga malas untuk bertemu Anda dan berada di rumah. Tentu saja hal ini membuat Anda dan anak-anak semakin jauh.

  1. Membuat makanan kesukaan anak

Membuat makanan yang disukai anak-anak, hal ini bisa membaut anak merasa sangat rindu jika mereka berada jauh dari ibu. Mereka pasti akan merindukan masakan Anda sekaligus merindukan Anda. Dengan membuat makanan kesukaan anak-anak, Anda bisa mendapatkan simpati dari anak-anak dan mendekatkan hubungan.

  1. Menjadi tempat bercerita

Sudah umum jika anak-anak lebih suka bercerita masalah pribadinya kepada ibu, apalagi anak perempuan. Anda bsia menjadi tempat bercerita yang menyenangkan bagi anak-anak, jangan bosan untuk mendengarkan cerita mereka. Setiap hari Anda bisa membangun komunikasi dengan anak-anak, sekalipun Anda harus berjauhan dengan mereka. Anda bisa memulai pembicaraan dan saling terbuka dengan anak, menanyakan kabar anak dan bagaimana dengan pelajaran hari ini di sekolah. Dengan membuka pembicaraan, anak-anak akan semakin terbuka untuk menceritakan apa yang mereka alami.

Bercerita adalah hal yang menyenangkan, demikian juga mendengarkan cerita anak. Anda bukan hanya menjadi pendengar setia bagi mereka, namun juga untuk membantu mereka. Carilah solusi terbaik bagi permasalahan anak-anak, Anda bisa memberikan masukan pada anak terhadap masalah yang dihadapinya. Dengan sering mendengarkan cerita dan membantu anak dalam menyelesaikan masalahnya, Anda akan semakin dekat dengan mereka dan selalu dirindukan anak.

  1. Memberikan contoh yang baik

Sorang ibu harus bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya, sekalipun anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga. Jika Anda bisa memberikan contoh yang baik pada anak, mereka akan menghormati Anda. Namun, jika ibu memberikan contoh yang kurang baik, anak-anak akan biasa saja bahkan malas dengan Anda. Karena itu, buatlah anak-anak meniru contoh yang baik yang Anda berikan pada mereka. Dengan begitu, mereka akan selalu ingat dengan apa yang Anda ajarkan dimanapun mereka berada.

  1. Bermain bersama

Ibu sering mendampingi anak-anaknya terutama anak yang masih kecil untuk bermain. Ajaklah dan temani anak-anak saat mereka bermain, dengan demikian anak-anak semakin dekat dengan Anda. Jika Anda harusa bekerja, luangkan waktu beberapa saat, misalnya setelah pulang kerja Anda mengajak anak bermain bersama. Saat libur kerja, Anda bisa membawa anak-anak di tempat bermain dan menemaninya. Hal ini bisa menambah kedekatan Anda dengan anak dan mereka akan rindu saat-saat bermain bersama dengan Anda.

  1. Memberikan hadiah

Bukan hanya saat ulang tahun saja Anda memberikan hadiah pada anak-anak, namun saat-saat biasa pun memberikan hadiah pada anak bisa membuat mereka merasa dinomor satukan. Anda bisa memberikan hadiah saat Anda pulang dari luar kota, saat anak-anak mendapatkan prestasi memuaskan dan saat biasa untuk memberikan kejutan pada anak.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *