TIPS MENJAGA KESEHATAN ANAK

Menjaga kesehatan anak merupakan tugas orang tua. Kesehatan anak adalah hal yang cukup mendasar yang harus menjadi perhatian orang tua. Sedikit saja anak mengeluh sakit sebaiknya orang tua harus respek dan cepat tanggap dengan keluhan tersebut. Ada banyak kasus yang membuktikan ketidak pedulian orang tua terhadap keluhan anak akan dapat berakibat fatal, meski kadang keluhannya hanya sederhana seperti pusing, sakit perut dan sebagainya. Hal terbaik bagi orang tua pastinya adalah melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit pada anak-anak. Terlebih jika anak-anak belum bisa bicara dan menyampaikan keluhan mereka, maka tugas pengawasan kesehatan dari orang tua benar-benar menjadi hal yang harus diprioritaskan.

Setiap orang tua yang pernah merasakan anaknya sakit pastinya sangat mengerti bagaimana rasanya jika anak sakit, sedih, khawatir, dan pastinya tidak bisa tidur di malam hari. Oleh karena itulah, menjaga kesehatan anak haruslah menjadi hal yang diutamakan karena memang mencegah akan lebih baik dari pada menyembuhkan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan anak agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang membahayakan, terlebih lagi jika anak kita memiliki kekebalan tubuh yang lemah, maka hal-hal berikut ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan:

  1. Mencuci tangan setelah bermain

Ini bukan hanya kebiasaan jika akan makan, tetapi mencuci tangan setelah bermain merupakan cara untuk mencegah berbagai jenis bakteri dan virus terinfeksi ke dalam tubuh. Anak-anak merupakan usia yang sangat rentan mengalami penyakit meningitis yang membahayakan. Penyebaran virus dari penyakit ini salah satunya adalah melalui bakteri dan virus tertentu yang masuk ke dalam tubuh anak. Jadi jangan sepelekan kebersihan tangan, pakaian dan bagian-bagian tubuh anak yang lainnya. Karena kita tidak pernah tau dari mana bakteri atau virus akan datang. Gunakan sabun pencuci tangan dengan khasiat yang terbaik dan sabun mandi yang benar-benar membunuh kuman dan bakteri pada tubuh anak yang mungkin saja masih ada setelah bermain.

  1. Menjaga anak dari suhu yang ekstrim

Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas biasanya juga akan menyebabkan kondisi fisik anak-anak menjadi lemah. Sebisa mungkin hindarkan anak Anda pada cuaca-cuaca ekstrim. Jika ingin bermain, arahkan untuk bermain di tempat yang teduh yang terlindungi dari pohon-pohon, atau ruangan bermain yang lebih bersih dan aman. Jika ingin bepergian pastikan Anda menggunakan kendaraan yang aman untuk melindungi anak dari cuaca yang ekstrim seperti panas atau hujan yang membuat suhu sangat dingin. Kekebalan tubuh anak-anak tidak sama dengan orang dewasa sehingga terhadap cuaca saja mereka masih rentan.

  1. Menjaga makanan yang dikonsumsi anak

Perhatikan juga kualitas makanan yang dikonsumsi anak, mulai dari jenisnya, ukurannya, kebersihannya dan bagaimana pola makannya. Pastikan anak-anak tidak memakan makanan yang mengandung zat aditif seperti pengawet, penyedap, pewarna, pemanis dan sebagainya yang semuanya dibuat dari bahan-bahan sintetis. Disamping itu perhatikan juga pola konsumsinya, jangan biarkan anak mengkonsumsi makanan tertentu dalam jangka waktu terus menerus. Meski menjadi kesukaannya, usahakan melakukan variasi makanan dengan kandungan gizi yang dibutuhkan. Perhatikan juga kebersihannya. Jika harus dicuci maka harus dicuci. Jangan menyepelekan kebersihan makanan anak karena banyak penyakit yang bersumber dari makanan, salah satunya makanan yang dikonsumsi anak-anak.

  1. Perhatikan jika memberikan suplemen

Suplemen pada anak sebaiknya adalah suplemen alami yang lebih mudah dicerna oleh anak. Jangan menggunakan suplemen sintetis yang diberikan secara terus menerus kepada anak. Akibatnya akan berdampak pada kesehatan hati dan ginjal pada anak. Gunakan suplemen alami seperti madu dan propolis yang lebih aman untuk anak. Disamping itu, pemenuhan gizi dan vitamin pada anak sebaiknya diberikan melalui sumber-sumber makanan yang sesuai bukan dari suplemen. Jika anak Anda membutuhkan vitamin maka perbanyak lah mengkonsumsi buah dan sayur, jika membutuhkan kalsium maka perbanyak lah mengkonsumsi ikan dan seterusnya. Jangan terbiasa memberikan cara-cara instan pada anak.

  1. Respek cepat bila anak ada keluhan

Anda harus memiliki SOP jika anak sakit. Misalnya jika demam kurang dari tiga hari, Anda masih bisa menggunakan obat-obatan alami untuk pengobatan segera, namun jika sudah lebih dari tiga hari segera lakukan pengecekan ke dokter, jika masih berlanjut biasanya akan disarankan untuk test darah.

Perhatikan setiap aktivitas anak, karena tidak mustahil masalah kesehatan juga akan dipengaruhi aktivitas anak baik di dalam maupun di luar rumah. Orang tua harus selalu respek dan mengontrol anak-anak di segala kondisi agar mereka bisa mengidentifikasi penyebab awal terjadinya keluhan rasa sakit yang disampaikan oleh anak. Dengan cara ini Anda bisa membuat praduga awal terhadap penyakit yang diderita.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang