TIPS MENJALANKAN BISNIS ONLINE BAGI PEMULA

 

Apakah anda  sudah menentukan bisnis apa yang akan dijalankan saat ini dan bagaimana caranya? Untuk menjalankan bisnis memang diperlukan kesiapan baik mental,fisik maupun dana. Tapi  tidak semua  harus membutuhkan dana yang besar untuk berbisnis.  Bisnis yang banyak digeluti saat ini adalah bisnis online, bisnis yang  lebih mudah dijalankan daripada bisnis offline. Bisnis online memang banyak peminatnya namun tidak semua orang bisa mendpatkan keuntungan dari bisnis ini.  Yang membuat mereka sukses atau tidaknya adalah strategi yang digunakan untuk berjualan. Menjual apapun dan dimanapun  tentu dibutuhkan strategi yang baik agar pemasaran bisa lebih efektif. Jika pemasaran efektif maka banyak orang yang membeli produk yang dipasarkan.

Bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan melakui internet , dengan memanfaatkan media ini maka banyak orang yang melihat produk yang dipasarkan. Bahkan  penjualan yang dilakukan secara online  mampu menjangkau pasar yang lebih jauh dan lebih luas lagi. Dibandingkan dengan  pemasaran offline yang mengandalkan pemasaran langsung maka  pemasaran online jauh lebih efektif dan lebih efisien. Pemasaran yang dilakukan diinternet bukan hanya menghemat waktu namun juga menghemat biaya pemasaran. Bisa anda bayangkan bila anda melakukan pemasaran secara offline. Setiap hari anda harus menawarkan produk darisatu rumah ke rumah lainnya. Berapa biaya transportasi yang anda keluarkan setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan?

Pemasaran  offline  membutuhkan tenaga dan biaya yang lebih mahal dibandingkan bila anda melakukan pemasaran secara online. Dari segi kemudahannya tentu pemasaran online lah yang menang. Bisnis offline membutuhkan tempat yang luas sedangkan bisnis online tidak membutuhkan tempat luas bahkan anda  menggunakan kamar saja sudah bisa memasarkan produk. Untuk menjalankan bisnis online yang anda  butuhkan hanya sebuah atau beberapa website saja. Bisnis online lebih banyak  dijalankan orang karena memang sangat menggiurkan keuntungannya. Siapapun bisa menjalankan bisnis online sekalipun mereka tidak memiliki model. Ada beberapa jenis bisnis online yang tidak membutuhkan dana sama sekali namun  anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis tersebut.

Pada dasarnya untuk menjalankan bisnis online anda bisa menjalankan  internet marketing. Internet marketing hampir sama dengan bisnis online karena sama-sama bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui internet. Perbedaan yang ada pada internet marketing dan bisnis online bisa dilihat dari segi teknisnya. Internet marketing lebih menerapkan ilmu marketing atau ilmu pemasaran untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Jadi bila anda ingin sukses berbisnis setidaknya anda harus menguasai  internet marketing.  Sekalipun anda memiliki ilmu yag tinggi namun pengetahuan tentang internet marketing masih kurang tentu akan kalah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Internet marketing sangat penting untukmenjalankan bisnis online bahkan hanya  bila anda sukses menjalankan bisnis dengan internet marketing,untuk mendpatkan keuntungan besar pun semua akan terwujud dengan cepat.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan  beberapa keuntungan  memilih bisnis online diantaranya:

  • Pemasarannya lebih luas

Pemasaran online yang menggunakan media internet bisa menjangkau  tenpat yanga lebih jauh  dan lebih luas. Bahkan pemasaran online bisa menjangkau sampai keluar negeri. Anda tidak perlu pergi keluar negeri  namun cukupdi depan laptop barang yang anda jual bisa sampai ke tangan pembeli disana.

  • Biaya pemasaran murah

Dibandingkan dengan pemasaran offline, pemasaran online tentu jauh lebih mudah dan terjangkau biayanya. Cukup membayar bulanan  kurang dari seratus ribu rupiah saja anda bisa  menjalankan bisnis online dengan pemasaran yang lebih luas. Biaya pemasaran bisnis online ini sangat kecil dibandingkan anda memasarkannya lewat media cetak,iklan di televise, maupun di radio.

  • Pemasaran online lebih efektif

Bisnis online yang dijalankan dengan menggunakan website dan beberapa  situs jejaring sosial lebih efektif pemasarannya dibandingkan dengan pemasaran offline.

Saat ini bisnis online menjadi cara termudah untuk mendapatkan keuntungan yang besar bagi siapa saja. Seiring dengan banyaknya orang yang sukses dari bisnis online maka tak sedikit diantara mereka yang  menggantungkan hidupnya hanya dengan berjualan online. Bagaimana cara yang baik agar anda juga bisa sukses seperti  mereka? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjalankan bisnis online. Jika anda ingin sukses maka anda harus bisa menjadi penjual online yang professional.  Secara tidak langsung bila anda bisa menjadi penjual yang professional tentu anda tidak mudah tersingkir oleh penjual lainnya dengan produk serupa.

Berikut beberapa alasan mengapa anda  harus professional ketika  menjalankan bisnis online:

  • Agar tidak  tersingkir dari pesaing lainnya

Hingga saat ini mungkin sudah ribuan bisnis yang dijalankan di internet dan para pelaku bisnis tersebut tentu cukup banyak. Banyaknya pelaku bisnis internet ini  menjadikan anda was-was jika tersingkir oleh penjual lainnya.  Untuk mencegahnya anda bisa  menjual produk secara professional. Semakin professional anda dalam menjalankan  bisnis tersebut maka semakin mudah untuk mendapatkan banyak konsumen.

  • Meyakinkan calon pembeli

Banyaknya bisnis online maupun toko online saat ini bisa menimbulkan kecurigaan  terhadap penipuan yang dilakukan oleh oknum tertentu. Agar  calon pembeli tidak menganggap  bisnis yang anda jalankan adalah penipuan maka anda harus bersikap profesional. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat  website yang lebih professional dengan kemudahan untuk calon pembeli.

  • Menarik  minat beli konsumen

Bila anda berjualan secara professional maka pembeli pun juga akan tertarik pada produk anda. Pembeli menyukai penjualyang lebih profesioal terutama saat bertransaksi. Jadi anda bisa menarik perhatian orang agar mau membeli produk dengan cara yang lebih professional.

Agar bisnis online yang anda jalankan bisa berkembang,berikut beberapa tips mudah dalam menjalankan bisnis internet:

  • Website

Website bisa dianggap sebagai rumah atau toko untukmenjual produk anda . Biladalammenjalankan bisnis online anda tidak memiliki website tentu sangat sulit  untuk menjalankannya. Jika anda tidak bisa membuat website,cukup memilih jasa pembuatan website professional dan dalam  waktu singkat anda sudah memiliki website   yang diinginkan. Setelah memiliki website, langkah anda belum sepenuhnya berhenti, ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah optimasi website. Optimasi ini sangat penting agar calon pembeli mudah menemukan produk yang anda jual. Saat ini hampir semua pemilik toko  online menggunakan jasa  optimasi website untuk  meningkatkan penjualan produknya.

  • Update produk secara rutin

Bila anda ingin mendapatkan  banyak pembeli maka cara yang tepat adalah sering update produk yang berbeda  pada website tersebut. Cara ini bisa membuat  orang lebih tertarik pada produk yang dijual sehingga menggangap  website anda  tidak mati.

  • Layani calon pembeli dan pembeli dengan professional

Pembeli adalah raja sehingga layanilah mereka dengan baik bahkan buatlah mereka betah berada di toko online anda. Bila ada calon pembeli  segera respon mereka dan tawarkan produk yang diinginkan dengan penjelasan yang lengkap.

  • Mudahkan transaksi dengan konsumen

Gunakan alat  pembayaran yang mudah untuk transaksi pembelian oleh konsumen. Selain itu pengiriman barang juga harus dilakukan dengan cepat agar konsumen tidak terlalu lama menunggu.

  • Jangan membuat pembeli kecewa

Pelayanan yang maksimal akan meningkatkan penjualan anda cepat atau lambat, hal ini bisa anda lakukan dengan  membuat pelanggan atau konsumen senang saat bertransaksi dengan anda. Usahakan tidak membuat mereka kecewa sekalipun  mereka tidak jadi membeli produk anda.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang