TIPS MENYUSUI SI KECIL SAAT BEPERGIAN

ASI sangatlah penting bagi si kecil terutama mereka yang berusia dibawah 2 tahun sehingga setiap ibu diharapkan bisa memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Namun  ada beberapa ibu  karena faktor kesibukan mereka mengesampingkan masalah ini, padahal  pemberian ASI pada  balita sangat penting  untuk  pertumbuhan mereka. Sejak lahir seharusnya mereka mendapatkan ASI yang cukup hingga mereka  bisa mengkonsumsi susu kaleng sesuai umurnya. Anak yang mendapatkan  ASI yang cukup, mereka akan  tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas dan  mereka tentu lebih sehat dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang hanya mengkonsumsi  susu kaleng. Sekalipun harga dari susu kaleng tersebut  cukup mahal namun  khasiat ASI tetap tidak bisa tergantikan oleh susu yang harganya lebh mahal.

Anak yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan mereka  nantinya akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Mereka akan memiliki kepandaian yang lebih dibandingkan dengan anak yang diberi susu formula saja. Pemberian ASI  yang disertai dengan makanan seimbang untuk kebutuhan  si kecil sampai usia mereka 6 bulan, hal ini akan mempercepat pertumbuhan anak lebih baik lagi. Bahkan  sampai anak berusia 2 tahun anda tetap bisa memberikan mereka ASI  eksklusif. ASI sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan berat badan pada anak. Hingga usia 6 bulan, anak lebih baik diberikan ASI eksklusif dibandingkan susu formula. Sayangnya untuk memberikan ASI tersebut kadang  tersendat oleh aktifitas seperti ketika bepergian. Sekalipun anda bepergian  namun pemberian ASI untuk si kecil tetap harus dilakukan. Apalagi bila anda seriap hari harus meninggalkan anak, mereka tentu harus membutuhkan ASI tersebut.

Pentingnya ASI  untuk si kecil

ASI merupakan makanan bagi   balita  yang mengandung nutrisi dan zat gisi yang  sempurna. Tidak ada makanan dan minuman apapun yang bisa menandingi keunggulan  manfaat dari ASI  tersebut. Zat yang terkandung pada ASI diantaranya adalah protein, lemak, vitamin,mineral maupun karbohidrat.  Semua zat yang ada pada  ASI berperan penting untuk pertumbuhan si kecil. Dengan  pemberian ASI yang optimal si kecil akan tumbuh lebih sehat dan cerdas. Karbohidrat yang ada pada ASI diantaranya adalah laktosa, zat ini sangat penting  sebagai sumber energy bagi si kecil.

Selain karbohidrat, ASI juga mengandung protein yang penting untuk  perkembangan anak dan menjaga sistem imun. Bagian  penting dari protein yang berupa asam amino  sangat penting untuk pembentukan  jaringan otak si kecil. Konsumsi ASI sangat penting untuk perkembangan pertumbuhan otak  anak yang lebih cerdas. Selain itu, protein yang ada pada ASI juga baik untuk sistem imun, tubuh si kecil  tidak akan mudah terserang penyakit  ataupun  virus.  Kandungan pada ASI selanjutnya adalah vitamin,  vitamin yang terdapat pada ASI sangat beragam bahkan  vitamin tersebut semuanya sangat penting dan dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Vitamin yang terdapat pada ASI diantaranya adalah vitamin C, D, K dan vitamin A.

Selain vitamin tersebut, dalam ASI juga terdapat kalsium, zat besi, fosfor maupun riboflavon.  Vitamin K yang terdapat pada ASI   berperan aktif  saat proses pembekuan darah, sedangkan manfaat vitamin D pada ASI adalah untuk   menyerapan kalsium pada tulang. Tambahan berikutnya adalah dengan adanya zat besi yang aktif untuk pembentukan hemoglobin dalam darah  untuk pertumbuhan otak   buah hati.  ASI   adalah sumber tenaga bagi anak atau balita dan juga antibody yang baik untuk mereka. Kandungan kolostrum sangat penting untuk sistem pertahanan si kecil.

Akibat si  kecil kurang ASI

Kandungan penting ASI untuk  balita diatas harus anda penuhi bila ingin buah hati  tumbuh optimal dan sehat. ASI adalah makanan dan minuman yang sangat unik yang dihasilkan oleh setiap ibu. Kandungan ASI tidak sama dengan  kandungan zat yang ada pada susu formula.  Komposisi ASI setiap ibu  berbeda dan setiap  hari pun ASI memiliki komposisi yang berbeda pula. Hal ini tentu sangat berebda dari kandungan susu formula dengan komposisi yang tetap setiap saat. Sayangnya tidak semua ibu mau memberikan ASI pada anaknya. Padahal bila bagi tidak mendapatkan ASI yang cukup maka pertumbuhannya tidak akan optimal seperti anak-anak lain yang mendapatkan cukup ASI.

Tips menyusui saat  bepergian

Menyusui si kecil memang    penting tak terkecuali ketika anda sedang pergi bersama dia atau pergi sendirian.  Begitu pentingnya  ASI untuk   anak sehingga dimanapun dan kapanpun anda   tetap bisa memberikannya. Nah, bagi anda yang  bingung bagaimana  terus memberikan ASI pada si kecil sekalipun saat bepergian ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya:

  • Saat perjalanan dengan kendaraan pribadi

Saat anda bepergian bersama anak dan ingin memberikan ASI pada mereka, anda bisa memilih tempat duduk yang nyaman. Hal ini akan memudahkan anda untuk memberikan ASI pada  buah hati. Anda bisa duduk di jok kursi bagian tengah, untuk menyamanan anda bisa membawa bantal sebagai sandaran. Selain itu anda juga bisa membuat si kecil nyaman saat anda memberikan susu. Atur posisi si kecil agar tidak tersedak  ketika minum susu mengingat perjalanan di dalam mobil kadang membuat anda tidak dan si kecil tidak nyaman.

  • Perjalanan dalam kendaraan umum

Ketika anda dan si kecil sedang melakukan perjalanan dalam kendaraan umum seperti kereta api maupun pesawat, anda tetap bisa memberikan  ASI kepada  si kecil. Jika anda  akan bepergian dengan kereta api, usahakan menyusui si kecil sebelum keberangkatan kereta, anda bisa menyusui anak di kantin atau di  pojok  ruang tunggu. Sedangkan bila anda melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, cara yang tepat untuk memberikan  ASI pada si kecil adalah dengan  memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hal ini akan membuat anda merasa nyaman saat menyusui.

  • Ketika anda sedang berada di tempat perbelanjaan

Kadang anda  mengajak si kecil jalan-jalan di mal atau tempat wisata, mungkin anda malu untuk menyusui si kecil sednagkan kebutuhan si kecil harus anda penuhi.  Jangan khawatir  sekalipun anda beradadi tempat umum, si kecil tetap bisa anda berikan susu. Saat ini banyak mal atau tempat perbelanjaan yang menyesiakan tempat khusus yang nyaman untuk menyusui bagi para ibu. Anda bisa menyusui si kecil pada nursing room, jika tidak ada nursing room anda bisa menyusui si kecil di sudut restoran.

  • Saat anda bepergian sendiri

Ada saatnya anda harus meninggalkan si kecil untuk usrusan tertentu sedangkan anda harus memberikan ASI pada anak. Cara yang terbaik adalah dengan  memerah ASI dan meletakkannya pada lemari es. Cukup dengan 2 x 15 menit saja anda   tetap bisa memberikan ASI pada si kecil. Cara ini  sering dilakukan oleh ibu yang setiap hari harus berangkat ke kantor dan meninggalkan si kecil bersama pengasuhnya. Karena   kebutuhan ASI harus terpenuhi sehingga cara inilah yang sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil tanpa menggangu  aktivitas anda.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang