TIPS MUDAH MELATIH TANGGUNG JAWAB PADA SI KECIL

Medidik  anak-anak memang gampang-gampang mudah apalagi bila mereka masih  kecil. Anak kadang susah diatur dan  mau menang sendiri, apa yang mereka lakukan  itulah yang dianggap benar, namun tidak semua yang dilakukan anak tepat. Sebagai orang tua anda lah yang harus membimbing mereka. Bila anak-anak bersalah anda harus menyadarkannya. Untuk memberikan perubahan pada  si kecil agar lebih baik memang susah, kadang anda memberikan tanggung jawab kepada mereka namun di usia yang masing tergolong anak-anak, mereka tidak mengerti apa yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. Melatih tanggung jawab pada anak itulah  tantangan bagi orang tua, sekalipun  masih anak-anak namun pelatihan ini akan lebih baik bila dimulai sejak mereka masih dini.

Anak usia sekolah, mereka tentu memiliki tanggung jawab pada lingkungannya. Bukan hanya itu, saat anak berusia diatas 5 tahun mereka juga harus mendapatkan pengenalan tanggung jawab oleh orang tuanya. Kelak jika anak sudah dewasa dan bersosialisasi dengan masyarakat, mereka akan memiliki tanggung jawab terhadap apa yang dibebankan pada mereka. Ketika anak terjun  ke masyarakat  diharapkan dia akan lebih tanggung jawab bukan hanya pada diri sendiri namun juga pada pekerjaan yang  akan digunakan orang lain. Oleh karena itu sejak dini anda harus melatih dan membimbing anak agar mereka lebih bertanggung jawab.  Tentu saja hal ini  anda lakukan dengan penuh kesabaran.

Mengingat  anak-anak belum bisa berpikir layaknya orang dewasa, jadi yang anda lakukan adalah pengenalan tanggung jawab dan bagaimana menerapkannya. Ada beberapa anak yang mungkin anda sendiri juga memiliki anak usia sekolah dasar, mereka tergolong masih kecil, bukan? Di usia mereka, si kecil diharapkan mampu menyelesaikan semua tugasnya dengan baik ketika di sekolah maupun di rumah.  Ketika di sekolah, si kecil bukan hanya mengerjakan pekerjaan rumah namun dia juga harus mengerjakan hal lain seperti membersihkan kelas.  Bila si kecil  tidak mau mengerjakan tanggung jawab yang dibebankan padanya di sekolah, tentu dia akan di hukum gurunya.   Bila tanggung jawab anak terhadap lingkungan sekitar dan dirinya tidak ditanamkan sejak kecil, jangan harap kelak anak anda akan memiliki tanggung jawab saat dewasa.

Anak-anak yang sejak dini memiliki tanggung jawab mereka akan menjadi pribadi yang  mandiri ketika dewasa. Selain itu kelak  mereka akan menjadi orang tua yang bertanggung jawab terhadap anak-anaknya dan selalu aktif dalam kegiatan sosial. Sebagai orang tua, anda harus membimbing bagaimana membentuk anak  yang bertanggung jawab.  Tidak ada kata nanti dan nanti  untuk membuat anak lebih tanggung jawab. Sejak usia dini pun anak harus diberi tanggung jawab, namun dalam frekwensi yang sangat kecil. Bila banyak orang yang mengganggap anak kecil belum bisa diberi tanggung jawab dan membiarkan si kecil  membuat berantakan mainannya, tapi anggapan ini sangat keliru. Dari hal sekecil itu, dari mainan yang berserakan anda bisa melatih tanggung  jawab pada anak  agar mereka segera merapikan mainan setelah selesai bermain.

Banyak contoh  mudah yang bisa anda lakukan agar si kecil terbiasa dengan tanggung jawabnya di rumah. Sebelum mereka membiasakan tanggung jawab di sekolah dan masyarakat, hal yang paling penting adalah melatih tanggung jawab anak di rumah. Ketika anak berusia 1 tahun, mereka  bisa dilatih tanggung jawab  seperti mencuci kaki dan tangan serta menggosok gigi sebelum tidur. Selain itu anak-anak juga bisa diberi tanggung jawab  agar merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Cara ini memang hal yang dianggap sepele oleh orang tua, mereka kadang mengangap bahwa anak kecil terutama ketika umur mereka masih bibawah 5 tahun mereka tidak  bisa dilatih tanggung jawab. Padahal dari hal sekecil itu mereka mampu melakukannya dengan baik jika anda  mau melatihnya.

Bila anak sudah berusia  hampir 7 tahun namun belum pernah dilatih untuk bertanggung jawab  apa yang anda lakukan? Anda tak perlu takut dan khawatir, belum ada kata terlambat untuk mendidik anak agar terlatih mandiri dan bertanggung jawab. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah memberikan contoh tanggung jawab yang anda lakukan, baik di rumah, kantor maupun tanggung jawab pada diri sendiri dan anak-anak. Pastinya ketika anda bisa bertanggung jawab anak akan lebih mudah meniru apa yang anda lakukan. Sebagian besar anak suka meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan beberapa tugas pada buah hati. Anda bisa memberikan beberapa tugas yang setiap hari harus dilakukan oleh anak-anak. Berikan tugas seperti membereskan kamar, memasukkan baju kotor kedalam  tempat baju kotor, memasukkan baju  yang telah disetrika pada almari,  menyiram bunga dan beberapa tugas lainnya yang bisa anda berikan pada mereka. Dengan syarat pekerjaan yang anda berikan adalah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mereka. Jangan memberikan tugas yang tidak bisa dikerjakan  anak-anak, halini justru akan membebani mereka dan membuat mereka takut.

Ada beberapa tips  sebelum anda member tugas agar anak lebih bertanggung jawab:

  • Beri  penjelasan pekerjaan  yang jelas

Bila anda memberikan tugas pada anak,  usahakan tugas tersebut jelas wujudnya dan jelas instruksinya. Jangan sampai anak  menjadi bingung dengan apa yang   anda berikan. Alangkah lebih baik lagi bila tiap tugas yang  anda berikan tersebut disertai sebab akibatnya. Misalnya anda menyuruh anak membersihkan mainan setelah mereka bermain, berikan penjelasan bahwa jika mainan tidak dibersihkan bisa membuat  si kecil atau orang yang lewat    jatuh. Selain itu berikan alasan yang masuk akal dan mudah dimengerti anak, tentu saja alasan yang anda berikan bisa bermanfaat agar anak semakin bertanggung jawab.

  • Beri tugas yang mampu dikerjakan anak

Apakah mungkin anda memberikan tugas pada si kecil untuk memasak tiap hari atau mencuci pakaian anda? Jadi beri pekerjaan atau tugas yang mampu dikerjakan si kecil dan  jangan sampai membuat mereka tertekan. Buatkah  tugas tersebut sangat menyenangkan untuk buah hati.

  • Jangan memberikan hukuman pada anak

Sekalipun anak tidak mengerjakan apa yang anda berikan, jangan memberikan hukuman pada mereka. Hukuman yang anda berikan bukan membuat anak menjadi lebih tanggung jawab namun justru akan menimbulkan ketakutan dan rasa dendam pada anda.  Mereka justru akan berontak tatkala anda memberikan tugas lainnya. Anda bisa memberikan penjelasan dan konsekuensi yang bisa membuat anak berubah pikiran untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Dengan cara demikian anak justru  mau mengerjakan apa yang anda berikan.

  • Berikan pujian pada anak

Sekalipun tugas yang anda berikan tidak bisa dikerjakan dengan  sempurna namun anda tetap memberikan pujian bagi mereka. Si kecil akan senang dan mengerjakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab ketika anda memberikan pujian pada si kecil.

Nah, mudah bukan bagi anda untuk melatih tanggung jawab pada anak. Sekalipun mereka masih kecil namun   mendidik anak tanggung jawab sejak dini adalah hal yang tepat bagi  untuk hati.