TIPS TAMPIL BUGAR SAAT HAMIL

Pada saat hamil, umumnya kaum ibu akan tampil lemah, lesu, pucat dan sangat tidak bersemangat menjalankan sesuatu. Rasa mual, pusing, lemah yang terjadi pada fase morning sick akan membuat sebagian wanita benar-benar tidak bisa lagi melakukan aktivitas mereka seperti biasanya. Yang dilakukan adalah di rumah, tidur dan tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Fisik seorang wanita memang berbeda-beda, ada yang tidak masalah dengan masa morning sick mereka dan ada juga yang pada fase ini benar-benar mengalami rasa lemah dan meninggalkan segala aktivitas. Hal ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh gaya hidup perempuan bersangkutan pada saat gadis. Jika ia seorang wanita yang mempedulikan aspek kesehatan jasmani dan pola makan yang baik, maka efeknya tentunya tidak akan terlalu parah.

Meskipun dalam kondisi hamil, ada beberapa orang kaum wanita yang tetap bisa tampil bugar dan energik. Mereka tetap tampil cantik dan menarik saat diluar rumah. Hal ini memang tak bisa dilakukan oleh semua wanita. Umumnya seorang wanita yang sedang hamil sedikit mengabaikan masalah kecantikan dan kebugaran. Pikiran para ibu bertumpu pada rasa sakit dan mual yang dideritanya sehingga tidak lagi mempedulikan soal penampilan dan kebugaran tubuh. Padahal tampil bugar saat hamil akan memberikan perasaan psikologi yang baik pada bayi yang dikandung.

Ada beberapa tips agar seorang ibu hamil bisa tetap tampil bugar pada saat kehamilan, minimal ia mampu meminimalisir efek dari morning sick yang terjadi dan umumnya membuat kaum wanita tak berdaya:

  1. Mempersiapkan fisik yang kuat selagi gadis

Para wanita ketika gadis jangan pernah mengabaikan olahraga, makanan yang sehat dan pola mengkonsumsinya. Karena pada saat hamil, akan terlihat fisik perempuan yang kuat dan lemah, terlebih setelah melahirkan. Berbagai penyakit yang sudah ada pada masa gadis akan semakin subur ketika usia bertambah dan menjalani masa kehamilan hingga persalinan. Lakukan olaharaga yang rutin sejak dini untuk menjaga proses kehamilan agar lebih baik.

  1. Mengkonsumsi jus di pagi hari

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi segelas jus buah di pagi hari. Jus tomat, jus mangga, jus melon akan sangat segar dinikmati di pagi hari. Mengkonsumsi karbohidrat di pagi hari akan membuat kita mengantuk. Jadi sebaiknya bagi ibu hamil jika tidak ingin selalu hendak tidur, minumlah segelas jus segar di pagi hari. Ini akan membuat pagi hari menjadi lebih segar dan sejuk.

  1. Berjalan pagi menikmati embun

Kesejukan udara di pagi hari akan membuat para ibu merasa lebih fresh menjalani hari-hari. Terlebih bagi mereka yang menjalani usia kehamilan di trimester ketiga. Jalan pagi merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Namun upayakan berjalan tetap memakai sandal untuk menghindari kaki dari benda-benda tajam. Hirup lah udara embun pagi yang sejuk. Ini akan memberikan efek positif bagi fisik tubuh dan perasaan Anda sendiri. Tidak ada kebugaran yang didapatkan dengan tidur pagi setelah subuh. Bangun pagi akan memberikan inspirasi yang kuat untuk kesehatan dan kebugaran fisik ibu hamil.

  1. Senam ibu hamil

Senam ibu hamil bisa dilakukan di usia kehamilan trimester ketiga. Tubuh harus banyak bergerak agar tidak loyo. Aktivitas ringan dilakukan dan jangan terlalu sering tidur. Memang biasanya rasa kantuk akan selalu menggoda, tapi bagaimana Anda bisa mengalahkannya. Orang-orang di sekitarnya harus mendukung agar bisa melakukan kegiatan ringan yang bermanfaat.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Memperbanyak konsumsi air putih pada ibu hamil sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jadi usahakan ketika hendak bepergian Anda membawa segelas air putih di dalam tas. Minum ketika Anda haus. Jangan sampai terjadi dehidrasi karena akan membahayakan bayi dalam kandungan.

  1. Memperbanyak makan sayur dan buah

Kebugaran ternyata juga berhubungan dengan makanan. Makanan yang sehat seperti sayur dan buah akan memberikan energi positif untuk kita tampil lebih segar. Dibanding dengan Anda memakan karbohidrat dalam jumlah banyak atau lemak yang malah akan membuat kita mengantuk dan malas beraktivitas.

Jangan menyepelekan soal kebugaran pada saat hamil, karena ini erat kaitannya dengan kesehatan Anda nantinya pada saat akan melahirkan. Tak hanya itu, tubuh ibu yang kuat dan sehat serta bugar juga akan memberi pengaruh positif pada bayi dalam kandungan, dibandingkan dengan ibu yang loyo, lemah dan malas beraktivitas. Salah satu cara kita mengukur kekuatan dan kesehatan fisik kaum wanita adalah pada masa kehamilan tersebut. Sejauh mana kesehatan dan kebugaran ibu bersangkutan. Hal ini juga akan memberikan gambaran bagaimana kondisi kesehatan di masa gadis. Bagaimana pola hidupnya, pola makannya hingga akan berdampak pada kondisi kesehatan di masa kehamilan dan pasca melahirkan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang