TIPS TETAP LANGSING SETELAH MELAHIRKAN

Salah satu permasalahan kecantikan yang paling sering dialami para ibu setelah melahirkan adalah soal berat badan. Biasanya terjadi peningkatan berat badan yang signifikan pada beberapa ibu setelah melahirkan. Kondisi menyusui yang menuntut para ibu harus makan banyak kian memperparah kondisi fisik para ibu pasca melahirkan. Namun demikian, ada beberapa ibu yang tetap bisa langsing dan memiliki bentuk tubuh serupa sebelum melahirkan. Setiap wanita pastinya menginginkan seperti ini sehingga tidak muncul stigma negative tentang ibu yang banyak anak biasanya juga akan semakin jelek secara fisik. Inilah yang membuat orang malas untuk melahirkan, sehingga para wanita lebih sibuk mengurus diri merawat kecantikan. Melupakan tanggung jawab dan fitrahnya sebagai seorang wanita untuk melahirkan.

Jadi, supaya para ibu tidak takut mengalami kegemukan usai melahirkan, para ibu harus mengetahui apa penyebab kegemukan pasca melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah kegemukan terjadi pasca melahirkan, dan ada beberapa hal juga yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kegemukan biasanya bersumber dari ukuran perut. Gemuk bisa berasal dari perut yang melar dan mengembang setelah melahirkan. Kondisi perut yang melar ini juga disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama karena ukuran bayi yang dikandung sebelumnya terlalu besar sehingga perut si ibu sudah melar duluan tanpa pengkondisian setelah melahirkan. Bisa juga diakibatkan karena melahirkan dengan cara Caesar sehingga pasca melahirkan perut tidak bisa dipasang korset dengan baik sehingga perut akan melar dan sudah sulit untuk dikecilkan kembali. Kalau kondisi perut sudah melar, maka ukuran pakaian pastinya juga akan mengalami kenaikan. Jadi kondisi ini bisa dikatakan sebagai kegemukan pasca melahirkan. Kalau perut sudah besar maka masalah kecantikan akan semakin kompleks.

2. Kegemukan pada bagian-bagian tubuh seperti punggung, bahu, kaki, pinggul dan sebagainya. Kegemukan ini terjadi karena biasanya kaum wanita setelah melahirkan memiliki nafsu makan yang besar, salah satunya karena alasan menyusui. Namun ada juga sebagian wanita yang menyusui tetap berbadan langsing. Jadi intinya terletak pada pola makan ibu pasca melahirkan. Pola makan diet tidak hanya dilakukan pada ibu saat kehamilan tua, namun juga pasca melahirkan perlu dilakukan diet yang berimbang. Jika masih tetap lapar, makan lah makanan yang mengandung serat yang tinggi. Serat akan membuat perut kenyang akan tetapi tidak menyebabkan kegemukan. Disamping itu juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan di dalam usus.

Secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar seorang ibu pasca melahirkan tetap langsing dan memiliki tubuh serupa sebelum melahirkan dan mengandung:

1. Mengontrol nafsu makan dan melakukan diet berimbang, ingat bahwa kegemukan yang terjadi pasca melahirkan akan lebih sulit untuk diatasi.

2. Memperbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah, hal ini dilakukan agar pencernaan menjadi lebih lancar dan tidak menyebabkan masalah kegemukan pada ibu pasca melahirkan. Serat memang menjadi makanan yang baik untuk mereka yang mengamalkan diet sehat secara alami.

3. Menggunakan korset khusus pasca melahirkan, terutama bagi mereka yang menjalani proses kelahiran secara normal. Perawatan perut bagi mereka yang melahirkan secara normal akan lebih mudah dibanding mereka yang melahirkan dengan cara Caesar.

4. Gunakan jeruk nipis dan minyak zaitun untuk membantu memulihkan kondisi perut pasca melahirkan. Kedua bahan ini akan membantu membersihkan perut dari kotoran dan calar selama masa kehamilan, disamping itu juga dapat membantu mengembalikan ukuran perut menjadi langsing seperti semula.

Alternatif mengkonsumsi obat diet pasca melahirkan juga bisa Anda lakukan dengan bahan obat-obatan yang aman dan tidak berbahaya. Akan tetapi jika Anda sedang menyusui, maka hal ini tidak boleh dilakukan karena akan berpengaruh pada kondisi air susu yang dikonsumsi bayi. Maka dari itu, cara yang paling baik dan aman untuk diet pasca melahirkan tentu saja dengan mengontrol pola makan. Pilih lah makanan-makanan yang tidak mengandung lemak dan kolesterol. Hal ini bukan hanya untuk kecantikan tubuh supaya lebih langsing, namun juga untuk manfaat kesehatan yang dialami.

Biasanya perempuan yang telah menjalani masa persalinan akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Penyakit yang sebelumnya mungkin belum pernah terdeteksi, pasca melahirkan hal itu bisa saja menjadi terdeteksi. Oleh karena itu mencegah sedini mungkin merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan ibu pasca melahirkan. Kadang-kadang karena alasan lapar yang tidak bisa tertahan, masalah diet sering diabaikan oleh ibu hamil. Ingat kesehatan jika Anda sudah tidak peduli dengan kecantikan. Karena kesehatan itu mahal. Kegemukan adalah jalan yang paling sering bagi terjadinya sebuah penyakit yang membahayakan. Jangan sepelekan soal kegemukan pasca melahirkan.