TIPS WANITA KARIR AGAR BISA MENGAMATI BUAH HATINYA

Mempelajari anak sangat membantu untuk memahami perilaku orang dewasa, karena kebanyakan dari kepribadian dewasa dan perilaku adalah hasil dari pengalaman masa kecil Sibuk kerja bukan berarti melupakan si kecil atau bahkan Anda kehilangan momen pentng pertumbuhan mereka. Psikologi anak menjadi bagian dari psikologi perkembangan, Anda bisa mempelajarinya agar bisa mengamati psikologi  buah hati sekalipun Anda sibuk bekerja. Mengamati dan mempelajari pertumbuhan dan perkembangan anak dari lahir sampai remaja adalah bagian penting dari orang tua. Dengan hal itu Anda bisa membantu untuk memahami perilakunya saat dewasa, karena kebanyakan dari kepribadian dewasa dan perilaku adalah hasil dari pengalaman masa kecil. Perkembangan  psikologi buah hati jauh lebih cepat di tahun-tahun awal daripada tahun kemudian  dalam kehidupannya.

Perkembangan psikologi pada anak  terdiri dari perkembangan kognitif, emosional, dan motivasi selama masa hidup individu tersebut. Hal ini mencakup semua tahap kehidupan-pada bayi, anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Mengamati  psikologi anak bisa  Anda lihat pada  perubahan perkembangan dalam persepsi, belajar, berpikir, emosi, kemampuan bahasa, kepribadian, dan hubungan sosial. Untuk setiap tahap perkembangan si kecil, Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapinya. Anda juga bisa mempelajari pola perkembangan proses psikologis dasar yang sama pada anak-anak yang menekankan peran keturunan dan lingkungan dalam membentuk perilaku di tahun-tahun awal kehidupannya. Mengamati psikologi anak membantu orang tua dalam memberikan bimbingan untuk pengembangan si kecil dan pendidikan.

Sebuah pengamatan  perkembangan psikologi  yang bisa Anda lakukan untuk buah hati adalah  cara mengevaluasi berpikir, belajar dan perilaku mereka. Sebuah pengamatan psikologi sangat membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan anak Anda sekalipun Anda  bekerja. Pikiran, kognisi, emosi, ingatan, mimpi, persepsi, dan lainnya tidak bisa dilihat secara fisik. Mempelajari psikologi  buah hati Anda bisa meliputi  mempelajari pikiran dan perilaku  buah hati Anda. Pendekatan psikologi  tidak berbeda dengan ilmu-ilmu lainnya. Untuk perilaku buah hati, Anda bisa mempelajari psikologi mereka dengan berbagai cara. Mungkin Anda memang  sangat sibuk bekerja namun memahami buah hati Anda adalah salah satu hal paling penting yang harus Anda lakukan sebagai orangtua.

Saat masih kecil,  anak-anak memang  menunjukkan  perkembangan  yang luar biasa, bukan hanya dari fisiknya saja, namun juga dari perkembangan psikologisnya juga. Memahami psikologi anak sangat membantu  Anda untuk menjadi efektif dalam membimbing dan mengasuh anak saat mereka tumbuh dan matang. Balita atau anak-anak  memiliki ciri kepribadian unik yang tetap konsisten sepanjang hidup. Salah satu cara Anda dapat memahami psikologi si kecil adalah dengan mengamati mereka saat mereka tidur, makan, atau bermain. Atau  Anda bisa mengamati kegiatan yang sangat disukai si kecil. Dengan pengamatan tersebut maka Anda bisa  menyesuaikan dengan perubahan si kecil,  apakah mereka perlu waktu untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru atau tidak.

Sekalipun Anda sibuk di kantor, sebisa mungkin Anda harus memiliki waktu untuk berbicara dengan anak-anak Anda. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan informasi dan pemahaman kasus anak-anak, mereka membutuhkan bahasa verbal dan ekspresi yang lebih pada wajah dan bahasa tubuh untuk memahami pikiran dan perasaan mereka. Hubungan orangtua-anak yang positif memberikan kerangka kerja dan dukungan bagi seorang anak untuk mengembangkan rasa hormat dan memperhatikan diri sendiri dan orang lain. Anak-anak membutuhkan waktu dengan orang tua, hal itu membuat mereka merasa istimewa. Orang tua didorong untuk menghabiskan waktu bermain dengan anak-anak mereka secara teratur. Jika Anda adalah orang tua tunggal atau memiliki anak tunggal, sesekali  Anda mengajak keluarga atau teman-teman untuk bermain.

Mempelajari dan memahami  si kecil saat Anda bekerja memang susah, namun jika Anda sayang pada mereka, Anda harus melakukannya. Bagaimana Anda bisa mengamati perkembangan si kecil, padahal  Anda harus bekerja di kantor dan menghabiskan waktu   di kantor dengan berbagai macam pekerjaan? Ada beberapa cara yang bisa  Anda lakukan untuk  mengamati  perkembangan psikologi  si kecil saat Anda bekerja, berikut beberapa caranya:

  1. Memilih pengasuh yang tepat

Anda bisa saja memilih pengasuh atau babysitter   yang  mahal, namun  pastikan mereka bisa  membantu Anda untuk mengetahui perkembangan buah hati dan bisa menjaga buah hati Anda saat Anda sibuk bekerja. Memilih pengasuh  untuk si kecil memang gampang-gampang susah, apalagi jika Anda belum pernah menitipkan si kecil  pada orang lain. Anda bisa  memilih pengasuh yang direkomendasikan   keluarga, atau  Anda bisa memilih pengasuh yang ada hubungan keluarga dengan Anda.  Dengan cara demikian   pengasuh bisa membantu Anda untuk  mengetahui perkembangan si kecil dari waktu ke waktu.

  1. Rutin telepon  si kecil

Sekalipun si kecil belum bisa berpikir, mencerna apa yang Anda katakan, tapi sangat besar efeknya jika Anda sering  mengajak dia berbincang sekalipun hanya lewat telepon.  Anda bisa mengamati perkembangan  si kecil  melalui perbincangan Anda bersama dia ditelepon. Luangkan beberapa saat untuk menelpon si kecil saat Anda  istirahat di kantor. Berikan perhatian yang  lebih dan sanjung si kecil agar dia  merasa Anda perhatikan dan dimanja terus sekalipun  Anda tidak dirumah.

  1. Luangkan waktu  sebentar  sepulang kerja

Sebenarnya tidak ada orang tua yang tidak ingin melihat perkembangan buah hatinya, namun kadang karena tuntutan  ekonomi, mereka harus rela meninggalkan buah hatinya.  Anda bisa  bermain-main dengan  di kecil setelah Anda pulang kerja.  Sedikit meluangkan waktu bersama mereka, hal ini bisa membuat mereka  semakin nyaman sekalipun Anda sering meninggalkannya.  Dengan mengajak mereka bermain maka Anda juga bisa mengetahui perkembangan psikologi  anak secara langsung.

  1. Habiskan waktu liburan bersama   buah hati

Langkah selanjutnya untuk mengetahui perkembangan  buah hati Anda adalah dengan menghabiskan waktu saat liburan bersama mereka. Anda bisa mengajak si kecil  di tempat kesukaannya dan  amatilah perkembangan  buah hati Anda. Dengan   menghabiskan waktu liburan bersama mereka maka Anda bisa melihat dengan  mudah bagaimana perkembangan psikologi pada si kecil.

Ada cukup banyak cara yang membantu  Anda untuk mengetahui perkembangan buah hati, sekalipun Anda  bekerja, tidak ada  alasan bagi Anda untuk  melupakan  dan juga  mengabaikan perkembangan psikologi si kecil.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang