WASPADAI BEBERAPA MASALAH KULIT PADA BAYI BERIKUT INI

Bayi Anda sehat dan terhindar dari penyakit kulit yang sering menyerang mereka? Waspadai beberapa penyakit kulit yang bsia menyebang bayi Anda, bukan hanya orang tua yang sering mengalami  masalah kulit, namun bayi juga bisa mengalaminya.  Kulit bayi memang cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa.  Bayi memiliki  anatomi kulit yang berbeda dengan orang dewasa dan mereka memang sangat rentan terhadap penyakit kulit.  Kulit organ yang berperan untuk  benteng pertahahan terhadap  kuman, bakteri, sinar matahari dan beberapa hal yang bisa menyerang.  Struktur kulit yang dimiliki oleh bayi lebih tipis, hal ini disebabkan oleh daya ikat kulit masing-masing sel  lebih lemah. Selain itu pada kulit bayi juga  terdapat pigmen yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Anda mungkin telah berpikir memberikan yang terbaik bagi bayi dengan berbagai produk perawatan bayi yang cukup ternama dan mahal. Beberapa produk perawatan kulit  untuk bayi memang memberikan perlindungan yang terbaik namun bukan berarti kuman penyakit dan lainnya  tidak bisa masuk  pada kulit bayi. Bayi  sering mengalami masalah kulit  bisa disebabkan oleh  kondisi lingkungan, oleh  makanan yang dia konsumsi dan juga bisa  datang dari obat-obatan. Kondisi lingkungan yang bagaimana yang bisa menggangu kesehatan kulit bayi?

Jika lingkungan panas, tentu bayi mengeluarkan keringan lebih banyak. Pada umumnya bayi  mengalami biang keringat. Penyakit kulit pada bayi ini memang seirng terjadi, bahkan hampir semua bayi mengalaminya masalah biang keringat. Apakah hanya itu saja penyakit kulit yang sering menyerang bayi? Belum tentu, beberapa bayi  juga bisa mengalami penyakit kulit seperti intertrigo, eksim, seborrhea dan dermatitis kontak.

Biang keringat

Masalah kulit pada bayi satu ini memang sudah dianggap biasa oleh orang tua, namun bukan berrarti Anda  diam saja. Penanganan terhadap biang keringat  harus Anda lakukan jika tidak kulit bayi akan semakin bermasalah.  Biang keringat merupakan  penyakit kulit pada bayi dan anak-anak yang ditandai dengan adanya bintik-bintik merah yang  terasa gatal bahkan bisa menimbulkan rasa sakit  pada kulit bayi.  Biang keringat bisa terjadi pada bagian tubuh bayi manapun, namun yang umum terjadi   biang keringat  adalah pada wajah, punggung, dada, paha dan leher.

Biang keringat pada bayi  tersebut menimbulkan  bintik-bintik  ataupun benjolan  yang merah,  bintik tersebut  kadang disertai dengan air didalamnya. Bintik-bintik merah pada kulit bayi tersebut  sering menimbulkan gatal yang hebat, jika tidak diatasi maka bayi akan menggaruknya dan menimbulkan lecet. Lecet tersebut tentu saja menimbulkan rasa pedih dan pembengkakan. Pada bayi, biang keringat sering terjadi karena kondisi cuaca yang begitu lembab  ataupun panas.  Keringat berlebih pada bayi bisa menyebabkan  keringat tidak bisa keluar dari kulit sehingga menimbulkan ruam atau biang keringat tersebut.

Untuk mengatasi biang keringat tersebut maka Anda bisa memberikan bedak kulit yang dingin, menggunakan lotion calamine, menggunakan krim hidrokortison agar  rasa gatal  dan pedih pada kulit bayi bisa segera pulih.  Selain itu, usahakan bayi  menggunakan pakaian yang berbahan katun danberada di ruangan yang  teduh.

Dermatitis pada bayi

Masalah kulit pada bayi yang sering terjadi selain biang keringat adalah dermatitis. Dermatitis merupakan  penyakit kulit yang  berlum diketahui bagaimana  asalnya namun bisa menimbulkan rasa gatal yang menggangu pada bayi.  Untuk penyebab penyakit kulit satu ni memang kadang tida diketahui dengan  pasti, namun pada beberapa kasus, masalah kulit satu ini bisa terjadi karena  bahan kimia, bakteri,adanya protein dan  fungus. Adanya respon kulit terhadap beberapa hal tersebut kemudian menimbulkan alergi.

Penyakit kulit dermatitis sering dialami oleh bayi  pada bulan pertama  setelah lahir.  Masalah kulit ini terjadi biasanya pada daerah yang tertutup oleh popok, selain itu  dermatitis juga terjadi pada  tangan, lengan, kaki maupun kulit kepala bayi.  Jika bayi mengalami masalah kulit ini, biasanya  dermatitis akan hilang saat bayi berusia 3 tahun. Ruam  yang terjadi pada beberapa bagian tubuh tersebut  memiliki warna dan intensitas yang berbeda dan sering menimbulkan gatal-gatal.  Bila rasa gatal tersebut sangat akut maka bayi  bisa saja menggaruknya. Garukan  terhadap rasa gatal dermatitis tersebut justru akan menyebabkan penyakit kulit tersebut lebih parah.  Garukan  yang  terlalu berlebih akan menimbulkan luka pada kulit dan  bisa menimbulkan infeksi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit satu ini, dermatitis bisa diceha dan diobati. Pencegahan terhadap  dermatitis bisa dilakukan dengan cara  menjaga kelembaban kulit bayi,  dan juga menghindari suhu serta kelembaban yang mendadak berubah. Untuk pengobatan dermatitis bisa dilakukan dengan cara  pemberian  antihistamin dan antiserotonin. Sedangkan untuk dermatitis yang  lebih parah pengobatan dilakukan dengan pemberian kompres dan juga bedak kocok pasta dan linimentum.

Eksim pada bayi

Eksim merupakan penyakit kulit yang juga sering menyerang bayi, penyakit ini  alergi terhadap jamur yang berada di kulit, namun penyakit kulit ini juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.  Gejala  penyakit kulit ini diantaranya adalah  munculnya ruam merah-merah  yang kasar di belakang lutut, pipi dan juga siku bagian dalam.  Sekalipun eksim pada bayi banyak terjadi namun Anda tetap harus waspada dan melakukan penanganan yang  cepat dan tepat.  Pada bayi, eksim  juga bisa terjadi karena sel-sel lemak  untuk perlindungan kulit di produksi dalam jumlah yang terlalu sedikit.  Eksim terjadi juga karena  kesalahan  Anda  saat memilih produk bayi  seperti sabun mandi, parfum bayi  dan pakaian bayi.

Untuk mengatasi  eksim pada bayi maka tindakan tepat adalah dengan  memeriksakan kondisi kulit bayi pada dokter. Dokter akan memberikan beberapa resep diantaranya adalah salep steroid dan juga antiboitika.  Selain itu   untuk mencegah penyakit ini terjadi pada bayi Anda, usahakan bahwa  Anda telah menjaga kesehatan kulit bayi dengan tepat. Jaga kondisi  suhu lingkungan, berikan  bayi pakaian yang bersih dan nyaman agar mereka tetap terjaga kesehatan kulitnya.  Untuk mencegah eksim, pastikan juga Anda memilih produk perawatan kulit bayi yang aman dan terbuat dari bahan alami. Hindarkan  bayi berada  pada lingkungan yang  terlalu panas, pastikan bayi benar-benar terlindung dari panas dan dingin yang berlebihan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang