ZAT PENTING DALAM ASI YANG TAK TERGANTIKAN

Apakah anda yakin akan menggantikan  ASI dengan susu formula kepada buah hati, yakin dengan keputusan yang anda  buat?  Coba pertimbangkan  manfaat ASI yang luar biasa  bagi bayi anda terutama  saat mereka baru lahir hingga usia 2 tahun.  Bila dibandingkan dengan produk susu  kaleng maka  kedudukan ASI  tetap yang utama.  Berbagai bahan  yang ada dalam  ASI tidak akan bisa digantikan oleh  susu formula sekalipun harganya  mahal dan merek terkenal. Dalam ASI terdapat beberapa zat penting diantaranya adalah laktosa, protein, vitamin A, zat besi, laktoferin, lemak, dan masih banyak lagi zat penting yang dibutuhkan bayi pada ASI anda.

Karena begitu banyak kandungan zat pada ASI tersebut maka sangat penting bayi mendapatkan asupan air susu ibu setiap hari. Bayi yang mendapatkan ASI cukup akan tumbuh  menjadi anak yanng cerdas  sedangkan bayi yang  hanya diberi susu formula tanpa mendapatkan ASI, dia akan tumbuh kurang sempurna  atau  memiliki IQ yang lebih rendah.

Berikut  beberapa zat  penting dalam ASI yang tak tergantikan oleh susu formula:

  • Sistem imum yang  baik

ASI mengandung sistem imun atau antibodi yang jauh lebih baik dibandingkan susu formula.  Antibodi tersebut sangat dibutuhkan bayi  agar tubuh mereka tahan dari  berbagai penyakit. Kandungan zat penting yang ada  pada ASI tersebut akan membuat bayi tumbuh  secara maksimal.  Anda bisa memberikan ASI  kepada  bayi  agar mereka   tidak  mudah sakit. Keunggulan ASI  tersebut tidak akan tergantikan dengan susu  formula manapun terutama kandungan antibodinya.

  • Laktoferin

Zat yang terkandung pada ASI ini  dihasilkan oleh epitel kelenjar  payudara  yang  berfungsi untuk menghambat  pertumbuhan bakteri.  Zat ini akan mengikat   zat besi yang  sangat penting untuk pertumbuhan   kuman, bila zat besi diikat  dnegan kuat oleh laktoferin maka pertumbuhannya akna terhambat sehingga  bayi tidak akan mudah sakit.  Zat yang terdapat pada ASI  ini mampu mengikat  dua molekul zat besi .

  • Kaya antioksidan

Ternyata antioksidan juga terdapat pada ASI, hal ini tentu  bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme  dan juga makromolekul. ASI mengandung faktor pertumbuhan  molekul  dan memiliki asam lemak tak jenuh  yang bisa mencegah  virus  menyerang  bayi. Antioksidan yang dibutuhkan manusia bukan hanya orang dewasa namun juga sangat dibutuhkan oleh bayi sekalipun  mereka masih dalam kandungan.

  • Enzym Lipase

Selain ASI memiliki  DHA dan AA, air susu ibu ini juga mengandung  enzim Lipase yang  mampu dicerna oleh tubuh bayi  dengan mudah.   Kandungan dalam  ASI tersebut tidak akan anda temui pada susu formula sekalipun dalam susu tersebut  terdapat DHA dan AA didalamnya.

  • Sel  Makrofag

Sel yang tedapat pada ASI ini merupakan  sel fagosit yang aktif sehingga mampu menghambat  berkembangnya bakteri  pada infeksi mukosa pada usus. Sel makrofag juga memiliki sifat fagositik dimana sel  ini akan memproduksi   C4, C3 maupun lisozim dan beberapa enzim lainnya. Sel  makrofag tersebut  memiliki manfaat untuk mencegah  penyakit pada bayi terutama bayi yang baru lahir.

  • Sel Neutrofil

Sel neutrofil bisa ditemukan pada sIgA   yang menjadi  perantara IgA tersebut  menuju bayi.  Sel yang terdapat pada ASI ini merupakan sel yang  beraktivasi namun fungsi dari  sel ini sebenarnya tidak begitu banyak  untuk sistem  pertahahnan bayi. Adanya antioksidan pada ASI akan menghambat beberapa enzim  dan metabolisme oksidatif pada neutrofil.  Sel neutriofil ini berperan dalam mempertahankan jaringan pada payudara ibu  agar jaringan tersebut tidak mengalami infeksi . Air susu ibu tidak   memiliki sel  basofil,  trombosit, sel mast maupun eosinofil sehingga inflamasi  ASI  menjadi lebih rendah. Adanya inflamasi ASI yang  rendah  tersebut menyebabkan kerusakan jaringan.

  • Protein

Protein yang dibutuhkan oleh tubuh ternyata juga bisa ditemukan pada air susu ibu. Protein ini  mampu mengikat  vitamin B12 dan bisa mengontrol  secara selektif flora usus pada bayi.  Flora susu tersebut sangat dipengaruhi oleh  faktor bifidus maupun kapasitas buffer  sehingga juga mempengaruhi pertumbuhan laktobacilus bifidus tersebut. Karena faktor tersebut sehingga ph  akan turun dan  akan menghambat pertumbuhan bakteri E. coli maupun bakteri pathogen.  Bila bayi mendapatkan  ASI sejak lahir maka dia akan lactobacillus bifidus dan jika bayi mendapatkan susu sapi maka  flora usus yang terdapat pada  bayi adalah bakteroides dan koliform. Selain itu bila bayi mengkonsumsi   susu sapi maka dia akan peka terhadap infeksi yang disebabkan oleh kuman patogen.

 

Selain protein dalam air susu ibu  pun juga terdapat  glikonopid dan oligosakarida yang  bisa menghambat adhesi oleh bakteri pathogen  karena zat tersebut sebagai analog yang memiliki sedikit bakteri saja.

  • SIgA

Zat   satu ini bisa ditemukan pada ASI  yang mengandung  antibody cukup  banyak.  Adanya zat ini  maka ASI mampu untuk mengurangi  gangguan atau infeksi saluran pernapasan maupun saluran cerna pada bayi.

Masih banyak lagi beberapa zat yang terdapat pada ASI yang sangat menakjubkan dan penting untuk  bayi anda. Berikut beberapa manfaat ASI yang perlu anda ketahui:

  • Mencegah cacat mental

Bayi yang mendapatkan ASI yang cukup nantinya dia tidak akan mengalami gangguan mental atau cacat mental  dan juga gangguan perilaku.

  • Mencegah rasa cemas dan gelisah pada bayi

Bayi yang mendapatkan ASI ,mereka tidak mudah cemas dan gelisah  akibat lingkungan sekitar demikian juga dengan masalah orang tuanya. Karena kandungan  hormon, enzim dan juga nutrisi yang terdapat pada ASI tersebut maka bayi akan mendapatkan sistem imun yang lebih kuat. Selain itu bayi  juga tidak mudah sakit dan  terserang virus  penyakit.

  • Perkembangan otak bayi yang lebih sempurna

Bayi yang mendapatkan ASI  mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah mendapatkan ASI. ASI akan membuat IQ    anak-anak menjadi lebih tinggi dibandingkan ketika mereka mengkonsumsi susu formula.

  • Manfaat psikologis

Bayi yang mendapatkan ASI   dari ibunya,  hal inni akan meningkatkan ikatan antara ibu dan bayinya. Bayi akan mendapatkan kehangatan dan kasih sayang yang besar dari ibunya ketika dia  disusui.

  • ASI mencegah berbagai penyakit

Bila anda rutin memberikan  bayi ASI maka  dia akan kebal terhadap penyakit apapun  seperti  asma, alergi,  infeksi telinga,   maupun kanker anak.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang